Sukses Bersama Klinik Pertanian Organik Kembang Langit, Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Kegiatan bersama Menakertrans di Leles-Garut More »

Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Jajaran Komisaris Direksi, Staff, dan Rekan PT.Kembang Langit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Padi di Aceh More »

Kegiatan Pelatihan More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Rawit More »

Hasil Aplikasi Mengatasi lalat buah di tanah karo-SUMUT More »

Pengiriman Barang, Kegiatan Pelatihan More »

 

MELAWAN PATEK, agar USAHA TANI UNTUNG

  1. Busuk buah atau yang biasa dikenal dengan sebutan patek,  saat ini kembali ngetren di kalangan petani tidak sedikit petani yang gulung tikar usahanya karena tidak berhasil mengatasi penyakit yang disebabkan oleh cendawan ini.

 Namun tidak halnya terjadi pada Mitra kami Bapak Yance dari Sulawesi Utara ini. Dalam screenshot di atas tertera hingga saat ini usia tanaman rawit Bapak Yance sudah memasuki 7 bulan(tanam tanggal 16 Sep 2017)  hal ini menunjukkan bahwa tanaman yang beliau rawat dengan teknik klinik pertanian organik kembang langit berhasil dalam menanggulangi antraknose tersebut.

Memang tanaman beliau sempat juga terkena akibat dahsyatnya serangan patek tersebut. Secara umum beliau berhasil menanggulanginya sehingga tanaman cabe nya hingga saat ini sudah berusia 7 bulan dan masih produktif. Hasil yang diperoleh sudah mencapai 1,6 ton sungguh hasil yang sangat memuaskan di saat serangan busuk buah sedang terjadi di mana-mana.

Harga yang tinggi saat ini di wilayah Sulawesi Utara ada di Kisaran Rp40.000 sampai dengan Rp50.000 per kilogramnya. Biasanya ada hubungan yang erat antara tingginya harga jual petani dengan tingkat serangan busuk buah yang berat.

. Dari segi usaha tani hasil sedemikian 1,6 ton untuk 3000 batang dengan rataan harga di Kisaran Rp40.000 sampai Rp50.000 saja Pak Yance jelas sudah untung besar hal ini sangat berbeda dengan petani konvensional di daerahnya yang hanya bisa panen sampai 5 kali petik saja.

Masak petik yang panjang yang menjadikan potensi hasil makin meningkat jelas membuat usaha tani cabe rawit ini sangat menguntungkan dan hal ini ditunjang oleh kepiawaian dari Mitra Tani dalam mengendalikan Salah satunya yaitu penyakit busuk buah atau patek.

(Warna buah kuning emas, terus bermunculan disertai dengan bunga bunga yang masih semarak).

Demikianlah rupanya Mengapa Mitra kami dari Sulawesi Utara ini sudah untuk kedua kalinya bolak-balik dari Sulawesi Utara ke Garut. Kami berharap makin banyak petani yang mampu mengendalikan penyakit yang banyak menyebabkan petani rugi besar. Metode yang kami kembangkan dalam hal ini adalah dengan memberikan mikroba antagonis yang terkandung dalam produk pendukung kpo KL untuk melawan cendawan colletotrichum Sp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *