23 Desember 2019

LAYU FUSARIUM,memang GANAS….

Layu Fusarium, memang menggemaskan dan mengenaskan, pada saat tanaman sedang subur suburnya, tiba tiba , layu, bahkan biasa ada yang kelayuannya total. Untuk itu agar tidak terulang dan terulang lagi pada tanaman pertanian kita hendaknya kita menggunakan metode yang terukur dan pasti, karena kalau berdasarkan informasi, katanya dan katanya bisa bisa tanaman keburu “game over” karena serangan cendawan ini begitu cepat menyebarnya.

Kami ambil pengalaman dari salah seorang mitra kami dari Probolinggo, Jawa Timur ( maaf untuk privacy namanya tidak di ekspos) yang pada awal tahun 2019 menaman cabe varietas Dharmais dan hasilnya….Hmmm… sungguh luar biasa, dengan modal 9.5 Juta saja hasilnya 120 juta rupiah ( 12 kali lipat keuntungannya). Kami ikut senang karena tanaman sehat dan terhindar dari penyakit Layu fusarium dan hama penyakit cabe lainnya. Kami bangga karena proses pendampingan kami menuai hasil yang memuaskan. Sayangnya pada saat fase fase akhir usia 6 bulanan, kami lost kontak, sehingga pada saat dilanjutkan pada musim berikutnya polanya sudah bukan metode KPO KL lagi.

Pada penanaman kedua pola yang digunakan berubah total dan hasilnya 70 persen tanaman layu . Klinik Kami sebenarnya dengan senang hati melayani dan memberikan konsultasi perihal cara aplikasi produk secara tak berbayar, dan tidak usah sungkan sungkan yang kami harapkan adalah hanya agar ilmunya bisa bermanfaat bagi orang lain dan bisa di “tularkan” disampaikan kembali pada petani petani lainnya yang membutuhkan. Ada keikhlasan diantara kita… semoga menjadi amal sholeh /amal kebaikan…bagi kita bersama….Tak ada Pamrih dari kami…

Tanaman mitra ini kami pantau sejak awal sejak pindah tanam, dan mitra termasuk baru pertama kali tanam cabe merah besar, tanaman yang tergolong paling sulit perawatannya. Kombinasi organik KPO dan Kimia kami berikan sejak awal tanam. Kombinasi komposisi sudah disiapkan dari awal agar tanaman tidak mudah terkena layu fusarium. Terbentuk imunitas sejak awal.

Alangkah senangnya kalau sudah demikian, kami dari KPO KL, memiliki keterbatasan waktu dan tenaga untuk menginformasikan metode metode yang telah teruji ini, hanya kami mohon ke ikhlasan dari mitra agar mau dan merasa senang pula menyampaikan ilmu jika dianggap manfaat ini. Tanaman terhindar dari Layu, patek dan lalat buah, tiga macam hama dan penyakit yang paling ditakuti oleh petani cabe. Dan… ini dengan ‘sebab musabab’ saja bisa lulus ujian tersebut, semuanya hakekatnya kesembuhan dari yang maha KUASA.

Apalagi pada saat saat panen demikian…. wuiiih…menyenangkan sekali, mitra senang kami pun senang, kami ikhlas mitra pun ikhlas, hasilnya Keridhoan dari pemilik tanaman ini. Adapun komposisi ‘sebab nya” adalah pengecoran PROTEKTAN,FRESHTAN, DAN CAS tiga serangkai MIKROBA ini bekerja secara simultan sinergi satu sama lainnya. Dosis sangat rendah antara 3-7 sendok /tutup per 200 liter airnya.

Tanaman aman dari ganasnya Layu fusarium, terhindarkan, antraknose , lalat buah juga lulus. Tiada dusta antara kita, mitra yang betul betul serius kami akan memaparkan cara penerapan pengunaan produk produk kami, fungsi fungsi nya dan kapan momentum penerapannya. Kami bukan menggurui petani tetapi menjelaskan cara penggunaan produk kami agar tidak salah dan menyalahkan.

Lulus dari layu Fusarium, hasil melimpah ruah…. Semoga untuk berikutnya mitra dan mitra lainnya bisa konsisten istiqomah, dengan metode yang sudah dirasakan manfaatnya. Agar tidak terulang kegagalan akibat hama atau penyakit , terutama layu fusarium. Salam hormat untuk petani dimana pun, tetap semangat bersama KPO KL.