14 November 2017

LALAT BUAH Pada CABAI BESERTA CARA PENANGGULANGANNYA

Lalat buah pada tanaman  merupakan, salah satu hama utama pada tanaman hortikultura dan tanaman perkebunan.  Bagaimana tidak, pada saat tanaman tinggal dipetik saja, tiba tiba buah membusuk. Tanaman yang awalnya tampak subur tetapi memasuki fase berbuah, tiba tiba sudah “lobang lobang”. Hal ini tentunya tidak kita inginkan bersama.

Bisa di lihat Link terkait di ; https://youtu.be/qTSooH6am0Q

IMG-20171113-WA0415

Sambil membahas  metode kami dalam penaggulangan Lalat buah pada tanaman cabe, seperti biasa kami memberikan contoh penerapan terkini dari mitra kami di daerah. Kali ini kami memantau hasil mitra kami dari Dumai, Riau, pada tanaman  Bp. Ilham.

IMG-20171113-WA0242

Buah yang lebat, tanpa merekayasa, sedikitpun gambar dari hasil penerapannya, saat ini berusia ‘pas’ 3 Bulan ( Penanaman tanggal 11-12 Agustus 2017). Varietas Bukit Tinggi Sumatera Barat, yang  biasanya ditanam di daerah ketinggian tetapi saat ini secara khusus ditanam didataran rendah, Dumai.

IMG-20171113-WA0240

Saat ini tanaman tersebut baru petik 1 kali,  sambil mengelola tanaman agar terindar dari hama dan penyakit terutama lalat buah, kami  berharap agar untuk selanjutnya tanaman tetap aman dan terhindar dari serangan Lalat buah . Beberapa  langkah /metode kami lakukan untuk mengantisipasi serangan lalat buah tersebut sejak  dini.

IMG-20171113-WA0237

Mitra kami pak Ilham ini, beberapa musim yang lalu, pernah kami muat juga  contoh hasil tanamannnya yang pada saat itu, beliau tanam adalah varietas Lado. Pada saat itu, mitra kami  pk Ilham, berbudidaya tanaman di daerah Solok Selatan dan  tanaman cabe nya terhindar dan selamat dari ‘terjangan’ Lalat buah.

IMG-20171113-WA0235

(Setelah sukses dengan motede KPO-KL dalam mengendalikan lalat buah tersebut, rupanya mitra kami ini, ”ketagihan” untuk melanjutkan budidayanya dengan cara KPO_KL. ) Pola pengendalian yang agak kurang umum, dimana sistemnya menghindari pemasangan, ‘Umpan Perangkap”/ Meutyl Euganol di lahan, kecuali pemasangan  jauh di luar areal pertanaman.

IMG-20171113-WA0234

Dengan potensi hasil buah yang ada saat ini, dengan jumlah tanaman dikisaran 5900 san batang, kami berharap mita kami ini kembali berhasil mengendalikan serangga yang biasanya melobangi buah tersebut.

Metode sederhana yang kami lakukan adalah dengan melakukan penyemprotanil PESNATOR 1-2 ml per liter air.   Adapun cara kerja dari PESNATOR ini adalah, sistem REPELLEN/ Penolakan hama lalat buah, agar tidak mendekat. Cara ini sudah  secara berulang ulang dilakukan dan telah berhasil mengatasi lalat buah tersebut. Bahan kimia yang ditambahkan hanya sedikit saja  .… sangat sederhana dan itupun dosisnya hanya 0.3 mili per liter airnya.

Keberhasilam mitra beberapa musim bertanam dengan cara KPO-KL, menyebabkan mitra kami ini, makin semangat dalam berbudidaya tanaman pedas ini.  Gambar perkembangan tanamannya pun, secara periodik dikirimkan pada kami untuk kami bahas secara bersama sama.

Semoga  kali ini pun pak Ilham kembali berhasil menanggulangi hama lalat buah ini, yang biasa menyebabkan petani, tinggal meninggalkan PHP saja.  Bagaimana tidak , buah sudah terbentuk  tanaman tampak ‘elok’ tetapi buahnya  busuk di ‘entup’ lalat buah.  Apalah daya, harapan tinggal lah harapan, keuntungan yang sudah didepan mata, pergi melayang-layang jauh.

Semoga hal ini tidak terjadi pada mitra mitra tani khususnya mitra tani  kpo-KL dimanapun berada !!!