Sukses Bersama Klinik Pertanian Organik Kembang Langit, Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Kegiatan bersama Menakertrans di Leles-Garut More »

Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Jajaran Komisaris Direksi, Staff, dan Rekan PT.Kembang Langit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Padi di Aceh More »

Kegiatan Pelatihan More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Rawit More »

Hasil Aplikasi Mengatasi lalat buah di tanah karo-SUMUT More »

Pengiriman Barang, Kegiatan Pelatihan More »

 

Lalat Buah Cabe

Cukup lama kami tidak membahas perihal pengendalian lalat buah pada tanaman cabe besar. Secara khusus untuk beberapa waktu kedepan Kami mencoba untuk membahasnya bersama Mitra kami Bapak Tarsidin dari Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran Jawa Barat

Varietas yang ditanam oleh Mitra kami ini yaitu jenis gada MK. Pak Tarsidin  untuk saat ini baru menanam tiga kali musim tanam dan secara khusus beliau dipercaya sebagai ketua kelompok tani Harapan 1 di kecamatan Parigi tersebut.

Sebagai bahan pengamatan Pak tarsidin menanam dengan pola KPO KL sebanyak kurang lebih 2200 batang tanaman. Dan seluruh areal pertanaman tersebut menggunakan 1 pola yaitu pola dari klinik pertanian organik.

 Kami mencoba mengamati pertanaman beliau dari sejak awal pindah tanam. Pola di terapkan secara langkah-langkah dengan detail.

Langkah pertama yang kami lakukan adalah dengan mencoba mencoba mendorong secara perlahan agar tunas tanaman menaik dan meninggi sambil menghindarkan tanaman dari serangan hama thrips tungau dan kutu kebul .

Secara hati hati kami coba memberikan tekanan gas agar tanaman terus berkembang tetapi masih dalam taraf aman.

Sampai saat usia tanaman berusia dua bulanan, tanaman sehat setelah di dorong dengan Protektan Biopestis@0.5 mili per liter airnya plus dengan Pormik plus pupuk kimia totalnya  1.5 kg per 200 liter airnya.

Hingga tanaman berusia 60 hari terlihat pertumbuhan buah sangat lebat nah disaat seperti inilah kita mulai berhati-hati untuk menjaga agar tanaman tidak mudah kena serangan lalat buah dan patek atau antraknosa.

Pola yang diterapkan sangat sederhana yaitu dengan cara menyemprotkan Pesnator sebanyak 1 mili per liter airnya plus apabila diperlukan pada waktu yang tepat yaitu dengan menambahkan pocanil sebanyak 0,3 gram per liter air. Dalam menghindari serangan lalat buah cara Kami tetap konsisten yaitu dengan tidak menggunakan umpan perangkap atau lem perekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *