Sukses Bersama Klinik Pertanian Organik Kembang Langit, Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Kegiatan bersama Menakertrans di Leles-Garut More »

Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Jajaran Komisaris Direksi, Staff, dan Rekan PT.Kembang Langit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Padi di Aceh More »

Kegiatan Pelatihan More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Rawit More »

Hasil Aplikasi Mengatasi lalat buah di tanah karo-SUMUT More »

Pengiriman Barang, Kegiatan Pelatihan More »

 

LABU MADU, BUDI DAYA yang MENGGIURKAN

Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas perihal budidaya tanaman ButterNut/ Labu Madu mitra kami Bp. Ikhsan  dari Riau ini. Tanaman eksotik ini pada saat ini  pertengahan bulan November 2017, sudah panen beberapa kali.

IMG-20171113-WA0285

Pemanenan memang di lakukan secara bertahap, selain untuk skala rumah tangga, hasil panennya ditampung oleh pengepul.

IMG-20171114-WA0044

Tanggal 14 November 2017 ini dilakukan pemetikan  berikutnya.  Harga penjualan dikisaran Rp.11.000 per kg nya. Sedangkan per batangnya  yang dipelihara ada 3-4 buah,  rata rata per buahnya dikisaran  1-1.5 kg. Jadi Potensi per batangnya dikisaran Rp.30.000 sd  kisaran Rp.50.000 an.

IMG-20171114-WA0043

Bibit Var. Hanna ini harga satuannya memang agak mahal yaitu dikisaran  Rp2500-Rp.3000 per bijinya. Untuk ilayah Riau ini informasi yang kami dapatkan, biaya tenaga kerja  memang bisa menyerap  sampai 45 persenan dari total biaya produksi seluruhnya.  Sedangkan biaya perawatan dengan cara KPO-KL ini sendiri terbilang sangat murah.

IMG-20171113-WA0295

Bibit yang ditanam pada tanggal 16 Agustus 2017 ini, saat ini masih belum tuntas masih ada sekitar 400 buah yang masih menggantung di pohonnya . Tapi jelas  secara kalkulasi  hasil yang diperoleh sudah jauh  diatas  biaya produksinya. Apalagi  harga ecerannya bisa mencapai dikisaran 25 ribu per kg nya.

IMG-20171113-WA0281

Mitra kami ini sudah sangat bersyukur karena walaupun  penanaman dilakukan di musim panas yang terik, tanaman terselamatkan hingga saat ini. Ada hal yang menjadi catatan mitra kami ini, sehingga beliau secara kooperatif untuk mengirimkan  data gambarnya dari waktu kewaktu, yaitu hasil perbatangnya yang  lebih banyak apabila dibandingkan dengan petani petani  Labu Madu di komunitas  beliau.

IMG-20171114-WA0045

Tekstur yang lembut dan rasa yang lebih manis, dan harga  stabil tinggi yang  menyebabkan jenis Labu Madu ini , saat ini mulai ‘trend’.  Apalagi budidaya labu madu mitra kami ini, perawatannya ‘ikut’ dengan  perawatan Melon yang sudah panen terlebih dahulu ( Sudah kami paparkan pada artikel sebelumnya).

Semoga makin sukses pak Ikhsan, dan semoga makin banyak mitra lainnya yang tertarik untuk menggunakan metode KPO-KL untuk komoditas eksklusif ini dan juga komoditas Melon di tempatnya setelah melihat hasil dari tanaman pak Ikhsan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


× delapan = 40

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


− dua = 4

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>