14 Februari 2021

Kontrak KERJASAMA antara Kpo dan koperasi Pertanian jawa TENGAH dalam pengembangan komoditas pangan

Menindaklanjuti hasil pertemun di Solo dan penerapan langsung di sentra tanaman Jagung Jateng di Wonigiri, kami dari KPO dan koordinator koperasi Pertanian Solo melakukan kontrak kerjasama untuk lahan yang lebih luas lagi. Kontrak kerjasama dilakukan di Markas KPO Garut,Jawa Barat. Tepatnya di Jl. Raya Tutugan Haruman Leles.

Hal ini mengingat prospek yang sangat besar tetapi belum adanya proses pembinaan yang intensif baik dalam hal tehnis budidaya, penanganan hama penyakit utama tanaman jagung, pengelolaan pasca panen dan pemasaran dengan harga yang menguntungkan bagi petani.

Faktor pendanaan untuk proses budidaya juga menjadi kendala klasik bagi petani, penyaluran pasca panen dan pemasaran yang belum pasti semua menjadi pertimbangan dan dasar kami untuk bersama sama bekerjasama dalam memajukan pertanian terutama tanaman Pangan Jagung dan Padi .

Kita lanjut pada pengamatan dilapangan yang merupakan salah satu tanggung jawab kami KPO sebagai penanggung jawab tehnis. Per 25 Des 20 kondisi tanaman bulai yang kami pantau sejak awal menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Komposisi yang kami gunakan adalah Protektan dan Pesnator untuk pengendalian hama ulat yg selama ini menjadi kendala utama dan sangat bandel ditumpas . Penambahan insektisida dosis 6 gram atau 6 mili sudah cukup untuk pelengkap saja.

Memasuki hari ke 70 kondisi tanaman secara umum tampak sehat, tidak penularan bulai sama sekali demikian pula hama ulat sudah aman. Penyakit bulai yang awal menyerang pada saat belum menggunakan tehnis KPO di usia kurang dari 40 harian kini berangsur pulih pula.

Kondisi tanaman ketua kelompok tani makin sehat. Ketua kelompok tani ini yang mewakili pengamatan mitra Wonogori sekaligus sebagai koordinator dalam penyampaikan tehnis KPO kepada anggota kelompok tani nya.

Bahkan tanaman yang terkena bulai berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari ketua kelompok tani tersebut, semakin membaik setalah di beri aplikasi Pocanil yang di campur dengan fungisida dosis rendah. Kita akan ikuti terus perkembangan nya hingga tuntas. Apakah tanaman yang bulai benar benar bisa pulih dan tetap bisa produktif???

Kita simak bagian selanjutnya….