30 November 2015 MENGATASI KERITING DAUN

MENGATASI KERITING DAUN

 Mengatasi keriting daun memang tidak mudah tetapi dengan ketelatenan menggunakan metode KPO KL ini,serangan penyakit tersebut bisa juga diatasi..

cabe 69 lokal nop 30

Sebagai gambar  ” latar belakang”, kami melanjutkan pengamatan pada tanaman cabe dari mitra kami di Sipirok, Tapsel, Sumut. Tampak dalam gaambar putra kepala Desa Sipirok, Tholhah dan Rizal, sedang berfose di sela sela tanaman cabe Pamannya ( Bung Julpan) .cabe lokal 30 nop 69 hst

Seluruh gambar pada tulisan kami saat ini dikirimkan oleh mitra kami Bung Julpan, pada tanggal 29 November 2015, disaat usia tanaman 69 hari.

cabe lokal 30 nop 69 hst(1)Tanaman cabe jenis Lokal ini, tumbuh subur disaat ditempat tersebut serangan virus kuning dan keriting daun, menjadi kendala utama dalam budidaya cabe.

cabe lokal 69 hst

Informasi yang kami dapatkan dari pak Kades Sipirok,   Bp. Hakkul Mubin, dikatakan ” dulu ditempat kami merupakan sentra cabe untuk wilayah Sumut, setiap hari ber Ton ton, cabe dikirim ke wilayah lain, tapi saat ini, petani yang bertani cabe makin berkurang karena trauma oleh penyakit tersebut.

Dengan ketelatenan dan kerjasama yang baik, mitra kami dari Sipirok ini, terus berkomunikasi dengan kami sambil mengirimkan gambar perkembagan tanamannya ke KPO KL, hingga saat ini, hasil yang dicapai, sangatlah memuaskan kami bersama.

Semoga saja, kami berharap petani lainnya yang belum beralih dalam penggunaan pestisida berbasis organik Ala KPO KL ini, segera mau beralih dan menghindari penggunaan Pestisida dan Pupuk Kimia yang justru sebenarnya menjadi penyebab terjadinya Virus kuning dan kriting daun tersebut.

Ayo Semangat bung , Jangan Putus asa,terus semangat, penyakit tersebut optimis, bisa diatasi koq!!!

Mitra muda, kami dari Sipirok (bung Julpan Pane),kembali membuktikannya…

Di-tag pada: