Sukses Bersama Klinik Pertanian Organik Kembang Langit, Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Kegiatan bersama Menakertrans di Leles-Garut More »

Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Jajaran Komisaris Direksi, Staff, dan Rekan PT.Kembang Langit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Padi di Aceh More »

Kegiatan Pelatihan More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Rawit More »

Hasil Aplikasi Mengatasi lalat buah di tanah karo-SUMUT More »

Pengiriman Barang, Kegiatan Pelatihan More »

 

KEMITRAAN DENGAN DINAS PERTANIAN

aceh 18 nop(1)

Kemitraan KPO KL yang selama ini jalin, selain dengan petani secara personal dan kelompok tani juga menjalin kemitraan dengan dinas pertanian.( Dalam gambar diatas diambil pada tanggal 18 November 2015, salah satu kegiatan Dinas Pertanian Aceh bersama dengan kelompok tani, Geubina Tani, di Aceh Selatan yang juga sekaligus mitra KPO-KL).

Bentuk kemitraan yang kami jalin adalah dengan memberikan konsultasi dan pendampingan ke petani petani secara berkesinambungan.

Pada kesempatan ini kami akan mengulas perihal Pendampingan yang kami lakukan untuk kelompok tani “Geubina Tani” di desa Tengah Peulumat Kec. Labuhanhaji Timur, Kab. Aceh Selatan.

aceh 8 des(2)

Gambar 2. Diambil pada tanggal 5 Desember 15, kondisi tanaman padi mitra mitra kami di Aceh Selatan.

Kami melakukan pemantauan jarak jauh melalui foto foto yang dikirimkan oleh pak Misral dan pak Anispudin, yang juga merupakan anggota kelompok tani Geubina Tani.

aceh 8 des

Pak Anispudin, yang merupakan binaan dinas pertanian NAD, secara kontinyu juga berkomunikasi dengan kami KPO KL,dalam menerapkan tehnologi tehnologi dalam pengendalian hama dan penyakit pada tanaman padinya. ( Pengamatan yang dilakukan pada tanggal 8 Desember 15.)

aceh 14 des

Pada tanggal 14 Desember 15, kami mendapat kiriman gambar kembali dari mitra kami di Aceh Selatan ini . Dari gambar  dan juga data data yang kami dapatkan ini, kami menganalisa dan merekomendasikan langkah langkah aplikasi selanjutnya.

aceh 22 des 2 mingguan menjelang panen..

Seminggu kemudian tanggal 22 Desember 15, pada saat tanaman padi diperkirakan menjelang panen 2-3 mingguan lagi, tanaman ternyata terkena banjir. Tetapi kondisi tanaman masih bisa bertahan.

IMG_20151223_174324

Secara khusus mitra mitra kami dari Dinas Pertanian Profinsi Aceh, pada tanggal 23 Desember 15, berkunjung ke Balai Klinik Pertanian Organik Kembang Langit di Tutugan Leles Garut Jabar. Kami berdiskusi dan mengevaluasi perihal yang telah kami kerjakan bersama sama. Evaluasi diantaranya perihal hasil yang telah dicapai di Lokseumawe, di Takengon dan di Aceh Selatan ini. Hadir pada kesempatan ini antara lain, Kabid pak Fahrurrozi dan beberapa Kasie Kasie dari Dinas Pertanian Aceh.aceh 30 des 1

Pada tanggal 30 Desember 15, semingguan menjelang panen mitra kami dari Kec. Labuhanhaji Timur ini, memberikan kabar perkembgan tanaman padinya untuk kita bahas bersama sama kembali.

Pada saat ini, kondisi tanaman sudah dua kali kebanjiran, tetapi yang menjadi catatan kami adalah walaupun tergenang air hingga dua kali, batang padi tidak rebah dan masih tetap produktif.

aceh 6 jan(2)

Mitra kami dari Dinas Pertanian Aceh pada saat pemantauan di Kab. Aceh Selatan untuk mengetahui hasil panen dan penimbangan hasil tonase yang dicapai dari penerapan berbasis organik ini.

aceh 6 jan(3)

Dari hasil yang dicapai bisa 40 persen lebih tinggi dari pada pola yang menggunakan metode konvensional / kimia murni. Dengan metode Berbasis organik hasil yang dicapai 5.28 ton per hektar sedangkan tehnik kimia hanya 3.36 ton per hektar.

Kalau menganalisa hasil yang dicapai kali ini memang secara tonase hasilnya memang ” “sangat biasa”, dan standar 5.28 ton, tetapi yang menjadi catatan kami adalah lokasi penerapan ini sudah kebanjiraj selama dua kali, dengan hasil ini sebenarnya sudah diluar dugaan karena tanaman padi memang benar benar tenggelam air.

Semoga hasil berikutnya hasil yang dicapai bisa lebih meningkat lagi…

.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


− 1 = delapan

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


sembilan + = 11

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>