10 September 2013

KEGIATAN PELATIHAN PERTANIAN BERBASIS ORGANIK, GELOMBANG XII

Pola pertanian berbasis organik, makin digemari, hal ini tampak dari animo masyarakat baik petani “murni” maupun yang baru mau menjadi petani yang bersilaturahmi ke klinik pertanian organik KEMBANG LANGIT.

1

Kegiatan yang kami adakan pada tanggal 6 dan 7 September 13, di Leles -Garut dihadiri dari berbagai “pelosok negeri”, berlangsung  dalam suasana hangat dan penuh kekeluargaan .

2

Bp. Rusli Gunawan, sedang memberikan “pencerahan” perihal latar belakang dan pentingnya penerapan pola pertanian berbasis organik. (Hari pertama, tanggal 6 Sep 13.)

3

Kegiatan kali ini, dihadiri oleh petani dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jakarta dan dari Jambi yang berjumlah 18 peserta.

4

Peserta yang berasal dari Jawa Barat ( Bp. Bp. Dindin Wahidin, Leles-Garut, H. Haris  dan Bp.  Nana Suryana, Cibatu-Garut  .)

5

Kelompok dari Ciomas-Bogor, terdiri dari  Bp. Ade Achmad, Bp. Sugiarto, Bp. Hadi S.H. Kang Nardi, dan Kang Lutfi.

6

Sedangkan dari Pantura Jawa Barat, terdiri dari Bp. Andi Supardi (Indramayu) , Kang Ahmad Satori dan Kang  Asep Sunarya ( Cirebon).

7

Acara kali ini juga dihadiri oleh peserta dari daerah khusus Ibukota, yaitu Bp. M.Isa dan Bp. Sanwani yang sedang dan akan  mengembangkan tehnik pertanian organik dilahan “terbatas” di Ibukota .

8

Peserta lainnya datang  dari Jogjakarta ( Mas Farudi Anwar- Bantul) dan Wonosobo- Jateng ( Mas Imam Budi W).

9

Ada juga peserta,  Bp. Jan Silitonga yang berdomisili di Cikarang – Bekasi, tetapi daerah “garapannya” di Mandailing Natal-Sumut.

10

Sedangkan peserta, “terjauh” kali ini berasal dari Jambi ( Bp. Mukti Ali).

11

Kita berkumpul dengan semangat membangun pertanian berbasis pertanian organik di Bumi Pertiwi dilandasi pula semangat Bhineka Tunggal Ika.

12

Yang muda ,yang senior, dari berbagai suku bangsa  berkumpul di klinik pertanian organik KEMBANG LANGIT, sekaligus berbagi pengalaman, antar peserta.

13

Bp. Ade Achmad kiri, yang saat ini menjadi Cabang klinikpertanianorganik, untuk wilayah Bogor, sementara Bp. Abdul Karim (bertopi) peserta dai Gumuk Mas, Jember- Jatim, yang  selama ini telah menjadi mitra kami.

Ada beberapa catatan yang kami dapatkan dari peserta pelatihan Gelombang XII kali ini, diantaranya Bp. Andi Indramayu, yang selama ini, cukup kelabakan dalam mengatasi serangan penggerek batang dan penyakit kresek pada tanaman padinya.

14

Pemaparan materi pada hari kedua.

15

Lain lagi “cerita” Bp. Mufti Ali (bertopi), yang berasal dari Kerinci – Jambi, yang termotivasi untuk mengikuti kegiatan ini, karena  merasakan saat ini sudah merasakan, betapa beratnya mengendalikan hama dan penyakit Cabe, walaupun sudah diatasi dengan berbagai macam pestisida kimia.

16

Bp. Mufti Ali, juga termotivasi oleh mitra kami di Kerinci yang merupakan tetangga desanya yang sukses  panen cabe, dengan jumlah nominal yang sangat “luar biasa” .

17

.

18

Kami berharap …Semoga ilmunya bermanfaat , bisa diterapkan dan di”bagikan” ditempatnya masing-masing.

20

Berpose sejenak, sebelum  pulang ke “kampung halaman” untuk menjadi petani-petani yang berwawasan lingkungan.

Semoga  SUKSES, “BRO” (Saudara- Saudara kami)   !!!