Sukses Bersama Klinik Pertanian Organik Kembang Langit, Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Kegiatan bersama Menakertrans di Leles-Garut More »

Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Jajaran Komisaris Direksi, Staff, dan Rekan PT.Kembang Langit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Padi di Aceh More »

Kegiatan Pelatihan More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Rawit More »

Hasil Aplikasi Mengatasi lalat buah di tanah karo-SUMUT More »

Pengiriman Barang, Kegiatan Pelatihan More »

 

Jeruk Sehat dan Lebat

10 bulan sudah mitra kami Mas Angga dari Poncokusumo Malang,  menerapkan pola klinik pertanian organik pada tanaman jeruk Siem nya. Hingga saat ini pertumbuhan tanamannya sudah sangat sehat bahkan sejak menggunakan pola ini Mas Angga sudah panen sebanyak 5 kali.

Seperti yang pernah kami paparkan artikelnya Beberapa bulan yang lalu kondisi awal tanaman Mas Angga seperti gambar di atas. Buah tanaman rontok,  daun daun keriting dan terlebih lagi serangan lalat buah yang sangat masif.

Secara drastis perubahan sangat terlihat nyata setelah secara rutin Mas Angga menyemprotkan protektan pesnator Freshtan dan sedikit pocanil untuk menghindari kerontokan buah dan juga dari serangan lalat buah.

Hingga saat ini serangan lalat buah sudah bisa dikendalikan padahal kondisi awal tanaman banyak komentar dari sesama petani yang mengatakan bahwa tanamannya pada saat itu sudah tidak bisa diharapkan kembali.

Hingga pada akhirnya Mas Angga dan orang tuanya mengenal pola klinik pertanian organik ini untuk mengendalikan hama dan penyakit yang menyerang tanaman nya. Dan kami bersyukur karena saat ini beberapa teman dan kerabat dari Mas Angga yang sudah beralih pula menggunakan pola klinik pertanian organik kembang langit.

Buah yang lebat bisa dibilang sangat lebat karena di beberapa sudut tangkai tanaman patah karena tidak kuat menahan beban buah yang banyak.

Metode gas rem dan kopling juga kami terapkan seperti halnya kami menerapkannya pada tanaman cabai. Dengan sangat antusias mitra mudah kami ini menerapkan langkah demi langkah dalam teknik aplikasinya. Bahkan saking semangatnya dalam memberikan tekanan gas beberapa buah jeruk mengalami pecah buah.

Jadi salah besar persepsi bahwa pola klinik pertanian organik hanya cocok untuk tanaman hortikultura dan padi saja.

 Namun tetap acuan kami dalam menerapkan pola gas rem dan kopling adalah tanaman cabe. Yang membedakannya adalah pada dosis yang digunakan biasanya lebih tinggi namun intervalnya yang kita berikan lebih renggang. Semoga sukses petani jeruk dan hortikultura Malang dan sekitarnya.