19 November 2020

Jeruk mitra Bandung, Semakin pulih

Perkembangan tanaman jeruk mitra kami dari Soreang Bandung per bulan November 2020 ini menjadi sangat sehat berbeda jauh dengan kondisi bulan Agustus 20 pada saat awal awal aplikasi.

Hal yang mencolok adalah pada perkembangan tunasnya yang tampak marak keluar diiringi terbentuknya buah buah baru yang lebih sehat dari sebelumnya. Apabila pada buah sebelumnya buah banyak rontok akibat efek perlakuan pupuk dan pestisida kimia pada perawatan sebelumnya.

Pertumbuhan sangat impresif dan secara kasat mata pun terlihat nyata. Penyakit seperti daun berkudis berwarna kuning oranye saat ini sudah tampak memudar dan berwarna putih pertanda cendawannya sudah tidak aktif lagi, demikian juga penyakit embun jelaga nya pun sudah memudar dan daun berwarna hijau mengkilat tidak buram lagi.

Dari segi hama nya pun sama , dimana pada saat lalu sebelum menggunakan metode berbasis organik cara KPO ini serangan lalat buahnya sangat masif saat ini lalat buah sudah bisa dikatakan terkendalikan. Demikian pula hama ulat, thrips dan tungau serta hama hama lainnya tuntas terkendalikan. Tunas yang membuka melebar menandakan hama hama bersayap sudah aman terkendali.

Selain masalah hama dan penyakit terkendalikan, dalam hal penggunaan pupuk kimia dengan cara KPO ini memangkas baik dosis dan jenis jenis pupuk yang digunakannya pun yang murah meriah saja.

Pemangkasan biaya juga terjadi pada penggunaan pestisida kimia yang awalnya sangat banyak dan berbiaya mahal setelah menggunakan pola KPO KL ini biaya jadi menurun drastis dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan dosis yang digunakan hanya 0.3 mili saja per liter airnya.

Yang sangat menggembirakan adalah buah yang muncul baru selain lebih banyak juga kondisinya lebih fresh dan bersih tidak tampak warna hitam embun jelaga.

Tanaman ini adalah salah satu contoh yang mana kondisi awalnya menguning, sangat memprihatinkan tetapi saat ini mulai beranjak dan hijau segar. Kami berharap semoga tanaman dikebun jeruk mitra Soreang Bandung ini semakin membaik, sehat dan berbuah makin lebat.