8 September 2016

HASIL PENERAPAN dari SOLOK SELATAN, SUMATERA BARAT

Mitra kami dari Sumatera Barat ini, memang.belum lama bertanam cabe, baru sekitar setahunan dan baru musim ini menggunakan metode cara KPO KL.

pak-ilham2

Pak Ilham yang sehari harinya berwiraswata saat ini tengah menikmati “manisnya” rasa cabai.

pak-ilahm7

Dengan harga diatas Rp53.000 per kgnya, dari sekitar 6000 an batang sekali petik saja ( saat ini ┬ápetikan ke-6) pak Ilham memperoleh 307 kg….hmmmm.

pak-ilahm6

Sehingga sampai dengan ┬ápetikan ke 5 saja beliau telah melampaui BEP, Break even Point, titik impas, permodalan bahkan sudah ada saldo 7 jutaan ( ralat tulisan yang lalu,bukan 5 jutaan.) Plus petikan ke 6…

Tanaman sehat, kantong pun “sehat”…

pak-ilham4

Sehingga pada petikan ke 6 lalu, pak Ilham ini sudah tinggal menikmati hasil Manis dari Pedasnya rasa cabe….

pak-ilham-1

Walaupun dipertengahan jalan, tanaman.pak Ilham ini, sempat mengalami “by Accident”, dengan pemberian pola pupuk diluar metode KPO KL, tapi secara berangsur angsur saat ini kondisi makin membaik.

ilham13

Metode pemberian “gas ” secara berangsur sedikit demi sedikit dengan pemberian Protektan Biopestia dan Pormik secara murni tanpa pupuk kimia sama sekali kami lakukan, dan setelah kondisi makin membaik barulah kami tambahkan pupuk kimia dengan kadar rendah saja.

Bagi mitra tani yang ada disekitaran Solok Selatan, Sumatera Barat, kami persilahkan untuk bersilaturahmi langsung dengan pak Ilham.

Alamat Bp. Ilham, Toko Mas Singgalang Jl. Simpang Pasar Durian, Taruang Sangir, Solok Selatan. 081387361227.