4 Desember 2019

Hama TIKUS,pergi…Produksi padi meningkat

Mitra kami dari Cilamaya per tanggal 2 des 19 ini sudah siap untuk panen, diperkirakan sekitar 1 mingguan lagi di panen padi varietas Mekongga nya. Tanaman padi mitra kami yang berada di samping blok pertamina Pulo Putri, Cilamaya Kulon ini, awalnya terkena serangan tikus pada saat awal tanam. ( Link Video nya menyusul)

Namun perlakuan demi perlakuan setelah umur 5-7 hari dilakukan aplikasi cara kpo KL, hama tikus berangsur pergi , terusir oleh aroma dan bau yang tidak disenangi oleh hama tersebut. Selain itu bulir padi nya pun lebih bernas dengan satu langkah aplikasi. Ibaratnya satu kali dayung dua tiga pulau terlampaui.

Adapun tehnik kami dalam pengendalian hama tikus ini adalah dengan menyemprotkan komposisi sebagai berikut, PROTEKTAN, PESNATOR, BIOPESTIS dengan dosis 2 tutup per 17 liter airnya Plus POCANIL 1 sendok makan per tangkinya. Komposisi kimia yang kami tambahkan hanya insektisida 2 macam dengan dosis @ 6-7 mili saja per 17 liternya. Catatan insektisidanya yang kami gunakan hanya kelas ‘ murahan saja”. Tidak perlu yang mahal mahal. Fungisida kimia tidak kami gunakan sampai usia 40-50 harian.

Ada baiknya sekarang kita kalkulasikan metode yang kami terapkan yang lulus dari tikus ini. Untuk hama wereng dan keper, biasanya insek apa yang petani gunakan? kami dalam hal ini mengandalkan PROTEKTAN. Untuk hama sundep, klintingan, ulat penggulung daun dan hama hama lainnya,petani gunakan apa? Insektisda yang harganya mahal mahal sudah lumrah dilakukan, dalam hal ini kami menggunakan PESNATOR. Untuk pupuk daun dan Hormon giberelin dll, itu anggarannya lain lagi kan? dalam metode kami menggunakan BIOPESTIS . Sedangkan untuk Busuk leher, kresek daun yang digunakan apa? Fungisida dan Bakterisida yang harganya tidak kecil, dalam hal ini kami menggunakan FUNGISIDA organik,POCANIL.

Dan….. yang terdapat nilai plus adalah,dengan perpaduan komposisi diatas, hama TIKUS tidak mau mendekat. Memang pada tahap awal lokasi mitra ini terkena hama tikus pada saat sebelum aplikasi, (usia 1-7 hari ). Namun setelah aplikasi perpaduan komposisi diatas hama tikus pergi. sekarang Kita hitung lagi berapa biaya yang diperlukan untuk memasang listrik anti tikus pada areal pertanaman? Berapa biaya yang penunggunya?

Hal lain yang kami dapatkan adalah , bobot bulir padi seperti yang terlihat pada gambar menjadi lebih berat . Selain itu biaya penyiangan gulma diminimalisir pula. Pola organik cara KPO , hama hama pergi, TIKUS PUN enggan jadi menghemat biaya dan meningkatnya produksi.