15 Juni 2019

Hama penyakit cabe aman, hati senang….

Kondisi pertanaman mitra kami dari Tabalong Kalsel pak,  Roni,  sampai selepas hari raya ini masih saja,  segar bugar padahal tanaman sudah panen 12 kali.

Walaupun setelah hari raya harga masih terjadi fluktuasi tapi secara umum Mitra kami ini sudah jauh dari modal yang dikeluarkan dan usaha taninya sudah sangat menguntungkan.

 saat ini tanaman kurang lebih 4 bulanan dan bisa dikatakan tanamannya sehat terhindar dari serangan hama dan penyakit seperti lalat buah busuk buah layu fusarium keriting daun dan hama penyakit lainnya.

 Dengan kondisi ini kami juga sebenarnya ingin memaparkan bahwa pola yang diterapkan oleh Mitra kami ini dengan pola yang digunakan sebelumnya nya sangat mudah untuk diterapkan dan meminimalisir terjadinya kegagalan panen dan kerugian .

 keberhasilan kali ini sebagai pembuktian bahwa metode yang digunakan oleh Mitra kami secara berulang yang dengan standard bola perlakuannya hasilnya tidaklah mengecewakan.

Keraguan dan kekurang yakinan disertai dengan sikap apriori dalam suatu metode biasanya menjadi penyebab terjadinya kegagalan.Apalagi dalam bercocok tanam cabe ini terbilang tingkat kesulitannya cukup tinggi dan memerlukan pemahaman konsentrasi pemahaman dan kecermatan.

 kami bersyukur karena pola yang diterapkan secara konsisten oleh Mitra kami ini  membuahkan hasil yang menggembirakan Kami Bersama.

Hama penyakit tanaman pada cabai ini tentang bulan Berkat penerapan pola yang tidak setengah-setengah. Adapun Seandainya Mitra mau melakukan improvisasi untuk pengendalian hama dan penyakit kami sebenarnya sangat mentolerir tetapi dalam batas batasan tertentu.