14 Oktober 2014

HAMA DAN PENYAKIT KUBIS

Secara garis besar, hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman kubis kubisan, biasa kami klasifikasikan secara sederhana, menjadi 5, dua hama dan tiga akibat penyakit baik oleh bakteri ataupun oleh cendawan /jamur.

kubis pak jejen 3

Tanaman kubis ini kami terima gambarnya pada hari Kamis 9 Oktober 14.

Tanaman ini di kirim oleh mitra kami dari Jember Jatim. Bapak Jejen.

kubis pak jejen1

Usia tanaman pada hari pengambilan gambar ini tepat 60 hari, kondisi tanaman sangat “prima”.

kubis pak jejen 2

1.  Penyakit akar gada yang biasa disebabkan oleh cendawan Plasmodiophora brassicae, dapat ditanggulangi .  Dalam hal ini pengendalian yang kami lakukan adalah dengan pemberian Protektan dan Pupuk CAS.

2. Penyakit bercak daun alternaria brassicae yang biasa nya, sulit dikendalikan dengan Fungisida kimia, ternyata bisa dikendalikan dengan metode ala KPO KL, dengan penyemprotan POCAniL.

3.  Demikian pula penyakit busuk batang yang disebabkan oleh Erwinia sp, dengan perlakuan POCAniL dari atas  dan perlakuan PROTEK -tan dan CAS dari bawah, efektif  dalam mengendalikan penyakit tersebut.

4. Hama perusak crop, Croccidolomia binotalis, dan juga hama perusak daun Plutella xyllostella,  dengan metode ala KPO KL, terbukti terkendalikan sebagaimana tampak dalam gambar diatas.

Sistem pengendalian yang KPO KL lakukan , dengan cara REPELLEN , penolakan ternyata efektif mengendalikan hama ulat penyerang crop dan daun kubis. Penambahan sedikit insektisida kimia, berbahan aktif Prefonofos  pada insektisida organik PROTEKTAN DAN PESNATOR, ampuh mengusir hama tersebut.