1 April 2021

Hama bawang, kebal

Selain hama ulat tanaman bawang biasa juga di serang oleh hama Penggorok daun, Lyriomyza sp. Berdasarkan pengamatan kami hama penggorok ini biasa menyerang pada daerah yang penggunaan pestisidanya jor joran.

Kami mencoba mengangkat berita kejadian unik dari daerah Sumatrra Barat, khususnya di daerah Alahan Panjang Solok dan sebagai pembanding di Bukit Tinggi Sumatera Barat . Tampak pada gambar diatas bagaimana hangusnya daun tanaman cabe merah di Solok yang merupakan sentra tanaman bawang di Sumatera Barat bahkan untuk wilayah Sumatera pada umumnya.

Kondisinya sangat memprihatinkan dan kejadian ini di musim tanam awal tahun 2021 ini tanaman luasan serangan nya sangat masiv. Hal ini lah sebenarnya yang sangat kami khawatirkan terjadinya resistance hama akibat penerapan dosis pestisida yang sudah tidak sesuai anjuran lagi.

Pemahaman petani yang keliru yang menggangap bahwa untuk mengendalikan hama cukup mengandalkan penggunaan pestisida yang apabila kurang mempan, tinggal di naikkan dosisnya . Sungguh pemahaman yang keliru… Dan yang sangat di sayangkan yaitu pola ini terjadi tanpa adanya pengawasan atau pemberian wawasan pada petani secara simultan.

Masih dari Sumatera Barat Kami mencoba membandingkan dengan hasil yang diatas (menggunakan pola kimia murni) dengan cara kami dalam menanggulangi masalah ulat dan penggorok daun Lyriomyza dengan ala KPO.

Hasil yang di dapatkan oleh mitra senior kami dari Sumbar ini kisaran 1:20 lebih, karena tanaman pertumbuhannya sehat aman hingga akhir musim tanam. Kenapa begitu menyolok perbedaan nya? Baik kami akan jelasknan secara ringkas saja.

Di alam sejatinya sudah terdapat musuh musuh alami dari hama hama yang menjadi organiame pengganggu tanaman ini tetapi karena ulah kita juga yang menyebabkan musuh alami hama tersebut, musnah. Mencampurkan 3 sd 5 macam insektisida dan dengan dosis yang ugal ugalan lah menjadi penyebab utamanya. Sebagai contoh musuh alami Lyriomyza sp yaitu Hemiptarsenus sp dengan cara KPO tidak mati tapi justru di undang sebaliknya dengan cara full kimia, musuh alami mati juga. Jadi…. Tidak perlu heran kalau terjadi kekebalan hama

Bersambung……