13 Mei 2019

Efek Proses Pendampingan Semakin Meluas

Kami bangga karena mitra binaan kami sdr.Bp. Guru Aswandi, yang sudah bertahun tahun menjalin kemitraan bersama KPO KL kian waktu makin  berhasil. Masalah lahan bekas berkali kali ditanami sudah tidak menjadi masalah lagi dengan cara KPO KL ini.

Demikian juga saat ini dengan Bibit yang berasal dari  Bibit Pasar sekalipun hasilnya dengan pengelolaan KPO KL, hasilnya sama saja dengan Bibit Hybrida yang dibeli dari Toko Pertanian.

Hasilnya secara ekonomis jelas menguntungkan, biaya bibit tak perlu lagi mengeluarkan biaya khusus,Lahan  bekas yang sebelumnya sudah digunakan disambung lagi dengan bertanam cabe tidak juga jadi masalah khusus. Oleh Karena nya, wajar saja kalau setiap budidaya komoditas apa pun, hasilnya tidak mengecewakan.

Hal yang kami  menjadi bangga adalah ilmu yang didapatkannya hasil dari  “sekolah jarak jauh” Garut, Jabar – Barabai  – Kalsel tidak beliau “pe dewe”, tidak di simpan sendiri tetapi diseber luaskan lagi pada petani petani lainnya.

Termasuk salah satunya, berbagi pada petani Lain dari Tabalong Kalsel yang jaraknya lumayan Cukup jauh pula. Saat ini mitra kami Bp. Roni yang juga merupakan binaan bersama kami hasil pertanamannya makin meningkat dari waktu kewaktu.

Setelah berhasil di musim lalu dengan cabe besar Columbusnya saat ini beliau Bp. Roni menanam varietas yang lainnya bahkan ditumpang sarikan dengan Bawang Merah. Hasil keduanya sudah mulai tampak,  Cabe Merahnya sudah mulai memerah dan bawang merahnya pun sudah berumbi besar. Bahkan yang kami ikut bangga saat ini mitra bersiap siap berbudi daya tanaman Bawang Merah dengan ukuran  yang lumayan  luasnya.

Ada satu komitmen tidak tertulis diantara  mitra untuk saling berbagi ilmu berbagi pengalaman berdasarkan jalur track yang sudah kami lalui  dari masing masing mitra.

Kesuburan tanaman , kelebatan buah cara menghindari penyakit dari Antraknosa ,busuk buah, Lalat buah, Layu Fusarium, Keriting daun, Virus kuning terus kami kaji bersama dan makin mengokohkan metode yang kami terapkan .

 Setelah sukses pada tanaman CMB pada musim lalu kami berharap mitra Bp. Roni sukses juga pada tanaman Bawang Merah. Prinsip kami di Kpo KL, tidak ada Master tidak ada petani Jago, yang adalah kewaspadaan dan Pengamatan yang tepat untuk dijadikan bahan pertimbangan sebelum aplikasi ke aplikasi berikutnya.