2 Mei 2021

Dengan ketekunan, mitra berhasil menanggulangi Penyakit puret, keriting daun dan virus kuning

Kondisi tanaman mitra junior binaan kami dari Tapanuli kian hari makin tampak marak buahnya . Perlakuan yang tepat dalam mengantisipasi penyakit dan hama hama pengganggu memberikan dampak berupa figor tanaman yang sehat juga pada buah yang segar lurus dan panjang panjang.

Bahkan buah dari cabang lateral yang sengaja dipelihara mitra tetap lebat. Pemeliharaan buah dari cabang lateral ini bagi sebagian petani dianggap kurang baik terhadap performa tanaman secara keseluruhan bahkan dikhawatirkan tanaman menjadi kerdil dan buah bagian atas kurang lebat.

Namun cara yang kami kembangkan sejak awal justru memelihara beberapa tunas lateral itu sebagai tambahan( cadangan hasil) bagi tanaman secara keseluruhan. Tampak pada tanaman mitra( yang baru dua kali) menerapkan cara KPO tanamannya tetap saja tunas Apikalnya seolah memaksa untuk terus berkembang naik tidak terpengaruh oleh adanya buah pada tunas tunas air yang di rawat.

KPO tak henti melahirkan petani Profesional dibidang pertanian yang mampu dan memahami fisiologi, kebutuhan unsur hara dan hama penyakit tanaman secara cepat dan efektif. Hingga saat ini mitra Junior dari Tapanuli ini sudah petik, panen sebanyak 6 kali.

Ibarat sekolah bola, club football yang mendidik pemainnya sejak junior hingga berhasil. Dalam hal ini KPO mengajarkan secara prioritas dalam pengendalian hama dan penyakit tanaman sambil memahami kebutuhan akan unsur hara tanaman.

Setengah perjalan mitra Junior kami ini sudah berhasil dalam mengendalikan hama Thrips, Tungau, bercak daun, keriting daun, puret, virus kuning pada tanaman cabai ini. Kami mencoba untuk terus melakukan Pembinaan bagi petani yang serius dan mau menekuni metode nya.Kami juga berharap keberhasilan yang sudah diraih seperti senior senior KPO untuk tidak segan untuk membagikannya pada petani di sekitarnya . Semoga ilmunya berkah bagi pribadi dan juga petani lainnya.