Sukses Bersama Klinik Pertanian Organik Kembang Langit, Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Kegiatan bersama Menakertrans di Leles-Garut More »

Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Jajaran Komisaris Direksi, Staff, dan Rekan PT.Kembang Langit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Padi di Aceh More »

Kegiatan Pelatihan More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Rawit More »

Hasil Aplikasi Mengatasi lalat buah di tanah karo-SUMUT More »

Pengiriman Barang, Kegiatan Pelatihan More »

 

DARI MUSIM KEMARAU KE MUSIM PENGHUJAN

Sudah cukup lama kami tidak menginformasikan kondisi tanaman mitra kami Bp. Sopian yang saat ini sudah memasuki bulan ke 5 dari sejak penanaman bulan Juni 2017 lalu.

IMG-20171113-WA0118

Metode yang diterapkan oleh mitra Junior kami ini, hingga saat ini berjalan sesuai harapan bersama, walaupun efek panas bulan Juni-Juli-Agustus- Oktober, masih sangat terasa pada tanaman.  Untungnya mitra kami ini berhasil melewati fase fase sulit tersebut dengan mulus. Tanaman Rawitnya, tumbuh subur dan sedap dipandang mata….

FB_IMG_1509171820134

Demikian juga dengan tanaman cabe merah Keritingnya,  telah berhasil melalui fase fase sulit kekurangan air. Patokan kami adalah tingkat kepuasan dari mitra yang menggunakan metode KPO-KL, merupakan target kami.

FB_IMG_1509171865380

Adanya tingkat kepuasan dari mitra perihal hasil diperolehnya, terindikasikan dari postingan postingan dan kiriman kiriman gambar dari mitra tersebut kepada kami, sebagai pendampingnya.

IMG-20171113-WA0107

CMK nya sendiri hingga saat ini sudah petik hingga 18 kali sejak pindah tanam, dengan jumlah lobang tanam sekitar 2500 batang, hingga saat ini sudah memperoleh 1.2 ton.  Hasil demikian sudah sangat ideal bagi yang baru pertama kali menanam cabe.

FB_IMG_1509494261908

Kami tidak ‘main main ‘ dengan pendampingan terhadap mitra yang menunjukkan keseriusan dan melakukan kerjasama secara kooperatif.    Dalam hal ini, kami beserta mitra mitra senior lainnya yang sudah terlebih dahulu, berhasil dengan metode ini secara sinergis juga melakukan pendampingan terhadap mitra baru tersebut.

FB_IMG_1510196224061

Hasilnya kami syukuri tiada terhingga, petani yang baru pertama kali berbudidaya tanaman cabe ini, hasilnya sudah menunjukkan, hasil yang tidak mengecewakan. Seandainya hasilnya mengecewakan, umpatan dan cacian akan tertuju pada kami.  Hal yang kami sangat tekankan adalah KATA KATA , KOOPERATIF…. ya Kerjasama secara berkesinambungan.

FB_IMG_1509171547287

Musim kemarau sudah dilewati untik selanjutnya kami memasuski masa masa, musim penghujan yang biasanya, sangat rawan dengan antraknose , busuk lalat buah dan layu.

Ada juga biasanya yang kami sesalkan adalah mitra yang tidak kooperatif dan sulit dan pelit sekali memberikan informasi, baru setelah ada masalah baru melaporkan kondisi tanamannnya.  Hal  demikian inilah yang tidak kami inginkan. Apalagi apabila petani tersebut tanpa sepengetahuan kami menambahkan unsur unsur yang diluar ,kebiasaan metode kami.

FB_IMG_1510541289604

( Tanaman CMB yang sudah petik 10 kali, kondisi buahnya keluar dari cabang /ranting rantingnya).

Metode yang kami terapkan adalah mengupayakan kondisi tanaman yang sehat, sebisa bisanya diupayakan agar terbentuk kondisi tanaman yang ‘tidak perlu obat ‘ yang banyak, jadi cukup dengan obat yang minim.  Nah apabila pemberian suatu unsur /makanan yang diluar jalur standar kami, maka akan sulit untuk kami ‘melacaknya. Terlebih lagi mitra yang tidak terbuka dan melakukan langkah kebiasaan  pola sebelumnya.

FB_IMG_1510539704434

Kami banyak komunikasi dengan mitra  kami ini juga dibantu oleh mitra mitra kami lainnya perihal metode yang biasa terstandar kami lakukan.

Setelah melewati masa masa, rawan keriting daun, rawan virus kuning dan kekeringan, saat ini mitra sedang kami dampingi agar tanamannya terhindar dari masalah antraknose , layu dan lalat buah, baik pada tanaman CMB, CMK dan Cabe Rawitnya.

FB_IMG_1510450410998

Sungguh kebahagian bagi kami dengan mengatur pola/metode KPO-KL, sejak awal penanaman ditunjang oleh  kooperatifnya mitra, hasilnya sudah dirasakan pada saat musim transisi seperti pada saat ini.

Semoga mitra kami ini dan juga mitra mitra lainnya makin sukses  dikemudian hari .

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


− satu = 1

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


× enam = 36

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>