14 November 2018

Cara agar Jeruk Berbuah di Luar Musim

Alangkah senangnya Mitra Muda kami dari daerah Poncokusumo Malang ini yaitu Mas Angga di mana pada saat ini tanamannya terus berbuah Dan Hampir setiap 3 minggu sekali buah dipanen.

(Ini Link,  artikel Di Videokami.)

https://youtu.be/FHjzs9c7L3k

 

Padahal seperti yang kita ketahui dan pernah kami lakukan pemantauannya secara intensif dan bahkan kami posting secara periodik di website kami ini kondisi awal dari pertanaman jeruk Mas Angga ini sudah rusak parah.

 Serangan lalat buah dan juga ranting-ranting batang yang sudah meranggas mengering saat ini sudah beransur pulih bahkan menghasilkan  panen buah yang melimpah.

. 10 sampai dengan 11 bulan yang lalu kondisi tanaman tidaklah demikian buah berjatuhan dan ranting-ranting dahan mengering.

Buah seolah-olah tak berhenti sambung menyambung dari petikan 1 kepentingan lainnya dalam kurun waktu 1 bulan saja Bahkan biasanya hanya 3 minggu sekali dilakukan pemanenan.

 Dari jumlah tanaman sekitar satu 150 batang ini rata-rata pada petikan Panen menghasilkan satu tahun lebih. Dan yang menggembirakan adalah pada saat ini di wilayah Malang harga jeruk mencapai 15 ribu per kilogramnya.

Harga ini termasuk bagus karena pada saat ini belum waktunya panen raya. Pada saat panen raya harga bisa anjlok ke harga Rp4.000 saja per kg nya. Jadi bisa dikatakan bahwa Mas Angga ini panen, diluar musim.

Adapun cara Agar tanaman rajin berbunga dan berbuah secara berkelanjutan yaitu dengan pemberian semprotan dan kocoran Freshtan dengan dosis hanya 1 mili per liter air saja. Cara kerja dari Freshtan ini adalah untuk memacu pertumbuhan bunga dan buah sambil menguatkan jaringan tangkai bunga dan buah agar tidak mudah rontok. Selamat Mencoba….