Sukses Bersama Klinik Pertanian Organik Kembang Langit, Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Kegiatan bersama Menakertrans di Leles-Garut More »

Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Jajaran Komisaris Direksi, Staff, dan Rekan PT.Kembang Langit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Padi di Aceh More »

Kegiatan Pelatihan More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Rawit More »

Hasil Aplikasi Mengatasi lalat buah di tanah karo-SUMUT More »

Pengiriman Barang, Kegiatan Pelatihan More »

 

Busuk dan Bercak Daun pada Tomat

Perkembangan tanaman Mitra kami saudara Ilyas dari desa cigadog Cilawu Garut hingga tanggal 20 Agustus 2018 kondisinya makin terlihat sehat terhindar dari penyakit busuk daun dan bercak daun.

 Tanaman sehat yang terhindar dari penyakit tersebut dicirikan dengan perkembangan tanaman yang sangat subur disertai dengan pembentukan buah yang berukuran besar.

Penyakit busuk daun yang disebabkan oleh phytophthora infestans dan penyakit bercak daun yang disebabkan oleh alternaria sp, merupakan 2 penyakit yang sangat mengganggu perkembangan dan pertumbuhan tanaman tomat.

Terutama di musim hujan kedua penyakit tersebut sangat mudah terjangkit apalagi kalau dikondisikan dengan pemberian makanan atau pupuk yang kurang tepat. Yang kamu maksud kurang tepat dalam hal ini adalah berupa pemberian pupuk pupuk kimia yang memang mempercepat laju pertumbuhan tanaman tetapi sebenarnya berpotensi juga menyebabkan tanaman semakin lemah dan rapuh.

Pemberian pupuk yang mengandung sumber nitrogen tinggi lagi menjadi penyebab tanaman bisa berpotensi menjadi lebih mudah terkena busuk dan bercak daun tersebut tetapi di lain sisi kekurangan nitrogen bisa menyebabkan tanaman menjadi kurang subur dan kurang pesat pertumbuhannya.

Oleh karena itu pengukuran kadar nitrogen baik yang bersumber dari kimia maupun nitrogen organik perlu diukur dan dicakar sehingga tanaman tidak kekurangan gas untuk memacu pertumbuhan ukuran buah yang lebih besar. Dua sisi perbedaan pola makan yang dibutuhkan oleh tanaman baik pada saat perlu banyak nitrogen tinggi dengan Pada saat tanaman tidak mau diberi nitrogen tinggi.

Dengan mengatur pola makanan tersebut Mitra kami berhasil mengendalikan busuk dan bercak daun pada tanaman tomat tersebut dengan hanya pemberian fungisida dosis rendah dan model fungisida yang tergolong “kelas ringan” saja.

Kami sangat berhati-hati dalam hal pemberian fungisida dosis yang tinggi karena walaupun biasanya busuk dan bercak daun dapat ditanggulangi dengan dosis tinggi tersebut tetapi pertumbuhan tanaman menjadi terganggu. Jadi dalam hal ini untuk pengendalian busuk dan bercak daun kami kembali memilih pola yaitu dengan cara mengatur asupan jenis dan dosis pupuk yang kami berikan. Semoga menjadi inspirasi bagi petani lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *