23 Maret 2018

BUSUK BUAH dan VIRUS KUNING CABE, TERTANGGULANGI.

Tanaman cabe keriting selalu menarik untuk dibahas karena tanaman ini memiliki nilai  yang biasanya lebih tinggi dari pada komoditas pertanian lainnya.

 Namun tingkat kesulitan yang lebih dibandingkan cara budidaya komoditas lainnya menyebabkan tidak sedikit juga petani yang mengalami kegagalan.

Pengamatan yang dilakukan oleh klinik pertanian organik kembang langit secara langsung pada tanggal 20 Mar 2019, ke lokasi pertanaman di desa Cigadog Garut menunjukkan bahwa tanaman yang awalnya terkena virus kuning saat ini menunjukkan perubahan yang sangat nyata. Tunas-tunas yang tampak kuning masih tetap mengeluarkan buah yang lebat dan panjang-panjang

Selain itu salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh petani cabai adalah penyakit busuk buah atau yang biasa disebut dengan penyakit antraknosa. Terlihat dalam gambar buah cabe yang terkena menjadi mengering dan tidak menular pada buah cabe di sekitarnya.

Padahal biasanya pengalaman petani petani senior di wilayah Garut dan sekitarnya Penyakit ini cepat sekali menular karena Kondisi buah masih diselimuti oleh spora aktif.

Petani saat ini bisa kembali sumringah  setelah berhasil menanggulangi virus kuning  dan penyakit busuk buah  tersebut dengan cara  klinik pertanian organik kembang langit .

Dalam hal ini untuk menanggulangi penyakit antraknosa Kami menggunakan fungisida organik Pocanil yang kami lengkapi dengan fungisida kimia yang bekerja secara sistemik dan kontak. Fungisida kimia yang kami gunakan hanya pada kisaran 0,3 sampai dengan 0,5 mili atau gram  per liter airnya.

Pengalaman membuktikan  tehnik kimia sudah berat dalam menanggulangi penyakit sedemikian.