30 Maret 2015

BUDIDAYA BAWANG MERAH, SUDAH SAATNYA…PESTISIDA KIMIA DI KURANGI

Harga bawang merah pada bulan maret ini, sedang melambung, hingga mencapai  lebih dari Rp.25.000. per kg nya. Hal ini, tentunya ditentukan oleh jumlah pasokan yang disuplay dari sentra -sentra bawang merah, seperti Brebes dan Cirebon.

bawang 29 maret 10

Tanaman mitra kami ini saat ini , pada saat pengamatan yaitu pada tanggal 29 Maret 15, berusia 40 harian.  Tanaman bawang merah, berdaun lebar dan tebal. Bibit yang digunakan varietas Tuktuk, jumlah benih sekitar 2 tonan .

bawang merah 29 mart 2

Aplikasi yang kami gunakan dalam hal ini adalah dengan penyemprotan Protektan, Pesnator, Biopestis, Pocanil , sedangakan pestisida kimia yang digunakan sangat rendah.

bawang 29 mret 5

Pada saat seperti saat ini, musim hujan dan panas , masih belum menentu, sehingga tanaman bawang biasanya agak rawan dari penyakit “moler” dan hama ulat.

bawang 29 maret 15 3.

Prioritas penggunaan, Fungisida organik, Pocanil sambil mengurangi penggunaan fungisda organik  KPO-KL, ternyata cukup efektif dalam mengendalikan penyakit “moler” busuk daun pada bawang.

bawang 29 mret 8

Demikian juga penggunaan insektisida kimia yang digunakan hanya bahan aktif Profenofos 200-250 cc plus bahan aktif  Spinetoram 20 cc  per drum 200 liternya.

Bahan ini kami campurkan dengan Pestisida organik cara KPO-KL, yaitu Protektan, Pesnator, Biopestis, Pocanil.

Semoga saja berhasil , tanaman bawang dan cabe merah dari mitra kami  (Bp. Azhari )  untuk bertanam bawang dan cabe merah di , Desa Pada  Mulya, Pasir wangi, Garut ini.