30 Desember 2019

BERTANI MAU UNTUNG BERLIPAT ? TANAM CARA TUMPANG SARI

Mitra kami dari Garut ini , betul betul menikmati hasil secara tumpang sari yang ditanam sejak tanggal 10 September 2019 ini, betapa tidak tanaman cabe hijau besarnya dan tomat sudah panen masing masing 3 dan 4 kali petikan. Harga pada saat ini di Garut dan sekitarnya cabe hijau dikisaran 10 ribuan dan tomat dikisaran 3000-5000 rupaih per kg nya.

(Link Terkait https://youtu.be/Anmm8QX-Ko0 )

Masing masing hasil petikannya adalah sebagai berikut, untuk cabe hijau petikan pertama 1,95 kuintal kedua 5,10 kuintal dan ketiga tanggal 29 Des 19 sebanyak 6,50 kuintal, total sekitar 1,350 ton sedangkan hasil tomatnya sebagai berikut :
Pertama 2 kuintal kemudian kedua 6,15 kuintal ketiga 8 kuintal ke empat 1,16 ton totalnya , 2,7 Tonan. Harga pada saat ini cenderung stabil sehingga pada saat petikan cabe ke2 dan petikan tomat ke3, biaya produksi sudah terlunasi.

( Link terkait, https://youtu.be/Yw23AS4i_Ow )

(Tomat pada saat petikan ke 4. )Resiko tumpang sari ini memang ada yaitu, kerimbunan, faktor cahaya yang kurang dan aplikasi yang tidak mengena sasaran akibat terhalang daun batang tanaman tumpang sarinya.

Hama dan penyakit pada tanaman lebih rentan tetapi apabila kita pandai menyikapinya, hama dan penyakit tersebut lebih rileks dalam proses pengendaliannya. Pada posisi sudah ada lebih /untung mitra sudah sedikit lebih nyantai dalam pengelolaan hama dan penyakitnya.

Tanaman sebelum pengunduhan ke 3…. Dengan kondisi yang lebih rileks, pengendalian penyakit pun tinggal mengulang balik pada pola pola awal, merotasi kembali komposisi terdahulu. Karena rumus sudah kita dapatkan, artinya komposisi yang kita berikan sudah sesuai tinggal mengulang ulang saja komposisi sebelumnya.

Kondisi tanaman dan buah cabe makin meninggi dan menaik sambil membawa buah. Potensi buah makin keatas, semoga buah terbawa hasilnya sampai panen kelak. Perlu di antisipasi efek dari pengobatan cabe yang terlalu ‘keras’ bisa saja berefek pada tanaman tomat, tetapi selama buah tomaty sudah besar besar, semuanya bisa dirasakan aman aman saja.

Ada hal yang menguntungkan dengan menerapkan pola dari klinik pertanian Organik ini yaitu, dalam pengaplikasiannya, menjadi tidak ‘ribet’ dimana aplikasi untuk mengendalikan hama thrips pada cabe misalnya, bisa sekaligus untuk pengendalian ulat pada tomat, jadi tidak perlu dilakukan aplikasi dua kali untuk pengendalian kedua hama yang berbeda tersebut. Selain itu sebenarnya dengan pola tumpang sari ini tanaman satu bisa mengcover tanaman lainnya apabila tanaman tersebut salah satunya harganya sedang ‘jatuh’. Syukur syukur apabila seperti saat ini harga kedua komoditas harganya terbilang menengah ( tidak terlalu murah dan tidak pula terlalu mahal.) Sukses petani mitra dimanapun.

.