Sukses Bersama Klinik Pertanian Organik Kembang Langit, Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Kegiatan bersama Menakertrans di Leles-Garut More »

Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Jajaran Komisaris Direksi, Staff, dan Rekan PT.Kembang Langit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Padi di Aceh More »

Kegiatan Pelatihan More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Rawit More »

Hasil Aplikasi Mengatasi lalat buah di tanah karo-SUMUT More »

Pengiriman Barang, Kegiatan Pelatihan More »

 

Bertani kini ,Jadi Lebih Murah

 Biaya produksi dalam suatu usaha tani merupakan hal yang prinsip untuk mencapai keuntungan yang kita harapkan dalam kegiatan tersebut. Namun terkadang ada beberapa hal yang sebenarnya kegiatan tersebut bisa ditiadakan atau diminimalisir.

 Pada artikel ini Kami mencoba kembali membahas perkembangan tanaman Mitra kami Mas Ichsan dari Sleman Yogyakarta. Tanaman Mitra kami ini hingga saat ini sudah panen sekitar 900 kg dari jumlah tanaman kurang lebih 3000 batang.

Modal usaha yang dikeluarkan sudah jauh terlampaui di beberapa petikan yang lalu. Saat ini Mitra kami yang bekerja di pertanian hanya separuh waktu tinggal menikmati keuntungan demi keuntungan yang dicapai dari hasil pertanaman cabe rawit paritas Shyponnya.

 Hal yang mendasar untuk mengurangi biaya produksi dengan pola klinik pertanian organik kami ini adalah meniadakan pengolahan lahan untuk musim kedua dan seterusnya.  jadi selesai dari satu musim tanam bisa langsung dilanjutkan ke penanaman musim berikutnya.

 Cara ini sangat dihindari oleh petani petani dengan menggunakan teknik konvensional. Produktivitas  dari musim ke musim, dengan cara kami ini bukannya makin menurun tetapi justru semakin meningkat.

Hal ini bisa kita lihat dari tumbuh dan berkembangnya pertanaman Mitra kami dari Sleman Jogjakarta ini yang walaupun sudah memasuki musim ke-4 tanpa olah lahan kondisinya semakin subur saja.

 Perkembangan tunas mengiringi banyaknya buah yang dipanen dari minggu ke minggu.  selain daripada itu biaya operasional untuk pembelian pestisida dan pupuk kimia semakin dikurangi.

Budidaya itu perlu pembuktian, dan tidak hanya sekedar  teori yang berjejer panjang. Biaya irit, harga cabe makin pedas dan keuntungan berlipat.