Sukses Bersama Klinik Pertanian Organik Kembang Langit, Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Kegiatan bersama Menakertrans di Leles-Garut More »

Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Jajaran Komisaris Direksi, Staff, dan Rekan PT.Kembang Langit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Padi di Aceh More »

Kegiatan Pelatihan More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Rawit More »

Hasil Aplikasi Mengatasi lalat buah di tanah karo-SUMUT More »

Pengiriman Barang, Kegiatan Pelatihan More »

 

Bertani dengan Hati…..

Sering kami tekankan pada mitra mitra kami, bahwa bertani itu tidak ada istilah Master, Jago tani dll, karena bertani adalah bentuk kepasrahan kita pada yang Maha Pengatur setelah kita, optimalkan di ikhtiarnya usaha taninya. Sekali tinggi hati kesombongan datang, maka perlu waspada, disitulah cikal bakal kejatuhan.

Dalam hal ini pun kami yang dipercayaan oleh mitra mitra unt menjadi “petunjuk jalan”, hanya bisa mengarahkan karena semua keputusan akhir tetap, mitra petani yang “pegang kendali kemudi”.

Seperti halnya mitra kami dari Pandeglang yang lokasinya hanya sekitar 7 m mdpl, dari Bibir pantai, sangat dekat dengan pantai Utara Banten, Pandeglang, yang mempercayakan tehnik budidayanya pada KPO-KL . Kami mencoba mengurut langkah demi langkah dengan kerendahan hati sambil terus berupaya turunnya pertolongan dan perlindungan atas tanaman mitra kami ini.

Step by step kami paparkan pada mitra pak Rahmat, dengan  ketulusan dan tanpa berharap imbalan atau apapun atas biaya “konsultasi”. Keberhasilan mitra merupakan harapan kami semua, dan kami berharap mitra pun kelak melakukan hal yang sama, ketulusan untuk berbagi.

Apalagi dalam kebersamaan “melaju”dengan mitra yang terkadang mitra baru saja  bertani, sebagai “navigator”, kami dituntut untuk bersabar dan memaparkan langkah per langkah secara gamblang dan telaten.

Kehati hatian dan tetap menjaga kerendahan hati agar tidak jumawa selama dalam proses , karena setiap saat, bisa saja  tanaman terkena musibah/ gangguan  hama /penyakit secara tiba tiba.

Tanda tanda keberhasilan sudah mulai tampak, tetap jaga konsistensi hati, tetap rendah hati, karena bertani merupakan bentuk ikhtiar saja, hasil akhir Yang Maha Kuasa yang menentukannya.

.

Perjalanan dari 20 Nov 18 hingga , 15 Peb 19, tanaman sudah memasuki usia 3 bulan, dan sepertinya tanaman sudah subur , tinggal menunggu pemetikan dan harga yang mendukung. Semoga berhasil pak Rahmat, waluapun harga saat ini sedang ‘terjun bebas’ yang penting tanamannya bisa sehat dan berbuah lebat terlebih dahulu, sudah merupakan kepuasan hati, secara khusus.