22 Juni 2020

Bawang merah dan metode Pengendalian Hama nya

Kami mencoba menuntaskan pembahasan materi yang sebelumnya perihal hasil bawang merah yang didapatkan oleh mitra kami dari Sekoto Kediri, Jatim.

Kami mencoba mengevaluasi hasil penerapan dan hasil dari penerapan cara KPO pada tanaman bawang merah yang tergolong tanaman yang perlu penanganan ekstra dalam perawatannya . Adapun hasil yang diperoleh oleh mitra per 1400 m2 atau per 100 tumbaknya yaitu dikisaran 2 ton dengan menghabiskan bibit sebanyak 115 kg.

Artinya ini setara juga dengan perbndingan bibit dan hasil kurang lebih 1:17…(1 benih menghasilkan 17 butir umbi) hasil yang sudah sangat memuaskan bagi mitra dan kami juga. Ini berarti pula pola yang kita gunakan sudah sesuai harapan, apalagi sebagaimana yang diutarakan oleh mitra hasil ini maksimal walau dengan modal yang minimal.

Harga bawang merah saat ini sedang jadi primadona disaat komoditas lainnya seperti cabai sedang anjlok. Harga jual yang bagus ditunjang oleh biaya produksi yang kita buat rendah, jadi… Klop lah. Keuntungan berlipat. Pengurangan biaya produksi di pangkas, jadi sangat rendah dengan metode kpo ini sebagaimana yang di kemukakan oleh mitra dari Kediri melalui screnshoot WA kami. Apalagi pemangkasan biaya produksinya pun sangat jauh dibandingkan dengan cara konvensional. ( Kita bicara fakta, berdasarkan testimoni dari mitra kami dari Kediri ini).

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah 20200619_065101-964x1024.jpg

Berdasarkan Metode cara kerjanya insektisida yang paling umum yaitu bekerja dengan target, Syaraf dari serangga hama, ada juga yang targetnya mengenai pencernaan, bisa juga model yang menghambat metobalisme tubuh serangga sehingga menghambat pembentukan khitin (proses ganti kulit) dari serangga tersebut.

Sedangkan metode yang kami gunakan memang agak berbeda yaitu prioritasnya mengendalikan ” tanpa menyentuh” tetapi apabila memang bandel maka mikroba yang ada segera bekerja untuk mengganggu pencernaannya. Sistem pola Repellen /penolakan ini kami rasa tidak menyebabkan resistensi karena tidak bekerja langsung kontak ke tubuh serangga hama nya, tetapi melalui media udara berupa aroma yang tidak disenangi hama. Adapun hasilnya seperti yang kita lihat disini, bawang mitra berkualitas grade A dan langsung dibawa ke Indofood dengan harga ekstra /khusus.