29 Juni 2012

AKAR GADA ,Plasmodiophora brassicae, PADA KUBIS,teratasi…

Penanggulangan masalah akar gada,bisa jadi penyakit yang menjadi kendala utama pada pertanaman kubis.  Bisa jadi pada saat serangan berjangkit,persentase serangan lebih dari 50 % bahkan bisa total.
1. (Pada kesempatan ini,kami tampilkan pengamatan lanjutan pada tanaman kubis  mitra kami di, Cikandang,Cikajang Garut, bisa kita lihat pada gambar hasil aplikasi setelah 4 kali pengecoran,crop kubis  mulai membentuk dan ukuran terlihat besar- besar)
2.  (Tanaman kubis ini,awalnya ditumpang sarikan dengan tanaman tomat/terlihat bekas ajir,bambu penyangga) Menurut pengalaman petani tersebut,biasanya tanaman kubis yang ditumpangsarikan dengan tomat,ukurannya tidak sebesar-besar ini.
3.  Pada kesempatan ini,kami mengajak Sdr. Watno dari  Jambi,yang sengaja  berkunjung ke Garut untuk melihat langsung tehnik pertanian organik,ala kembanglangit.
4.Populasi jumlah tanaman kubis sekitar 40.000 tanaman. Masalah akar gada pada tanaman kubis ini,ternyata dapat teratasi  dengan menggunakan tehnik pengendalian berbasis pertanian organik,ala kliniktaniorganik, KEMBANG LANGIT.
5. Sdr. Watno,sedang mengamati pelepah dan buah kubis yang sebesar, “nampan beras”.  Selain akar gada,masalah bercak daun alternaria brassicae,juga dapat teratasi.  Hal prinsip yang kami lakukan untuk mengatasi penyakit yang disebabkan oleh cendawan/jamur, Plasmodiophora brassicae ini adalah dengan mengupayakan akar serabut tumbuh secara pesat, dan mengupayakan pula agar Akar Tunggang kubis,yang terserang  “membusuk”.
6. Pertumbuhan akar serabut ini sangat besar pengaruhnya apabila akar tunggang sudah terserang penyakit ini.  Akar serabut tersebut akan mengimbangi dan berupaya menyerap unsur hara karena akar tunggang sudah “bengkak”terinfeksi Plasmodiophora brassicae. Akar serabut akan menjadi “penyeimbang”  dan mengambil alih fungsi dari akar tunggang untuk menyerap unsur hara dari dalam tanah.  Memang dalam perkembangnnya biasanya ukuran kubis yang sudah terserang akar tunggangnya, ukuran Cropnya tidak sebesar apabila akar tunggang tidak terganggu.
7.  Ukuran buah/Crop kubis yang besar dibandingkan dengan kemasan rokok.
Dengan tehnik pertanian,berbasis pertanian organik,ala  kliniktaniorganik, KEMBANG LANGIT, langkah yang dilakukan adalah dengan  mengocorkan Protektan dan Freshtan @ 1 mili per liter air,    Langkah selanjutnya adalah dengn Penambahan Pupuk CAS dengan dosis  hanya 0.3 grm per liter air,  agar Plasmodiophora brassicae tidak sesuai media tumbuhnya disekitar perakaran tersebut.  Demikianlah yang kami lakukan. Hasilnya…terlihat pada gambar-gambar  diatas.