Sukses Bersama Klinik Pertanian Organik Kembang Langit, Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Pimpinan KPO-KL Bpk. Rusli Gunawan SW, SH. (kiri) Bersama Bupati Garut Bpk. H. Rudi Gunawan, SH, MH dan Camat Leles Dra. Hj Rusmanah M.Si More »

Kegiatan bersama Menakertrans di Leles-Garut More »

Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Jajaran Komisaris Direksi, Staff, dan Rekan PT.Kembang Langit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Padi di Aceh More »

Kegiatan Pelatihan More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Rawit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Pare/Paria More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Tomat di-Bandung More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Aplikasi Mengatasi lalat buah di tanah karo-SUMUT More »

Pengiriman Barang, Kegiatan Pelatihan More »

 

“KARTU BEROBAT” DAN “DATA RIWAYAT KLINIS PASIEN” DI KLINIKPERTANIANORGANIK

Seperti halnya pasien di Rumah sakit atau pada klinik kesehatan manusia, pada klinikpertanianorganik pun kami membutuhkan Data Diagnostik pasien .  Data tersebut adalah bagian yang penting untuk pengambilan keputusan dalam proses pengobatan. Pengolahan data ini sangat kami perlukan dan jadi  “pertimbangan” kami.

1

Gambar 1. A. ( Kami kembali menampilkan hasil aplikasi dari Bondowoso yang dambil oleh mitra kami, Bp. Ahmad Saihu.)

Data Diagnostik ini, bisa juga berupa Daftar riwayat klinis pasien yang merupakan tabel yang berisi ringkasan riwayat klinis pada setiap kedatangan pasien.  Data pribadi pasien adalah informasi utama mengenai pasien : Seperti nama, alamat petani, tanggal pindah tanam, jenis  tanaman , jumlah tanaman dan  “status pasien”.

2

Gambar 1.B. ( Berikutnya pad posisi yang sama, pengambilan gambar dilakukan pada tanggal 7 April 13.  Perkembangan tanaman makin membaik, “kontrol” tanaman terus dilakukan oleh mitra kami tersebut.)

Dalam memberikan pelayanan yang lebih optimal dan untuk mendapatkan data yang lebih akurat dari “pasien” di kliniktaniorganik ,kembang langit, kemi mencoba untuk berinovasi dengan menyertakan DATA RIWAYAT PASIEN pada setiap ‘ pasien yang kontrol” ke klinik kami.  Hal ini kami  lakukan agar pelayanan bisa lebih terperinci ,  selain itu agar apa yang “kurang” dan seseuatu yang terlalu “berlebih”  dapat dievaluasi.

3

Gambar 2.A. ( Pengamatan pada posisi yang lain , pengamatan dilakukan pada saat usia tanaman sekitar 40 harian.)

Pertama-tama  yang kami butuhkan adalah data -data lengkap “pasien” selain itu kami perlukan pula  “kehadiran” pasien di klinik kami, adapun bentuknya berupa gambar-gambar hasil aplikasi  yang dikirimkan ke email kami.  Gambar ini sangat diperlukan agar kami mengetahui kondisi  tingkat kesehatan  dan “kesakitan” tanaman secara keseluruhan.

4

Gambar 2.B.( Masih pada “titik” yang sama dengan gambar 2.A. Pengamatan pada saat usia tanaman 47 harian.)

Rekam medik ini, perlu dilakukan agar kami dalam mengambil tindakan “medis”  bisa lebih  terarah dan tidak dengan dikira-kira.

5

Gambar 3.A. ( Seluruh gambar 3, dibawah ini, pengamatannya dilakukan dalam waktu yang sama yaitu pada tanggal 7 April 13.)

Data selanjutnya yang kami butuhkan  adalah persentase serangan dari beberapa klasifikasi  serangan hama dan penyakit tanaman.  Biasanya data yang kami butuhkan berupa   serangan busuk daun, buah, batang dsb.  Selain itu  kami perlukan pula persentase serangan  hama  dan penyakit lainnya, seperti tingkat kelayuan, jumlah serangan keriting daun, dllnya.

6

Gambar 3.B. ( Kami terus berupaya berkoordinasi dengan Mitra kami tersebut, agar “pasien tanamannya” terus terpantau, walaupun dengan cara “RAWAT JALAN”.)

Apabila  “pasien” baru dan belum menggunakan tehnik pertanian organik ala KPO, data yang kami perlukan biasanya berupa, aplikasi yang dilakukan sebelumnya, baik  berupa jenis dan dosis pupuk maupun pestisidanya.   Data ini, kami perlukan untuk di”cocokkan” dengan standar yang kami miliki, dari data ini, kami biasanya melakukan evaluasi dan analisa untuk memberikan  rekomendasi selanjutnya.

7

Gambar 3.C. ( Kondisi daun tanaman , terlihat sehat, terlihat dengan kondisi yang Biru Lentur Tebalnya daun.)

8

Gambar 3.D.( Data Riwayat klinis Pasien, yang secara berkesinambungan di”bawa” pada saat “kunjungan” ke kliniktaniorganik, memudahkan kami untuk memberikan “pelayanan” berupa saran /rekomendasi aplikasi berikutnya.  Hasilnya seperti tampak dalam gambar, kondisi tanaman tidak mengecewakan.)

Seandainya “pasien “telah menggunakan tehnik pertanian organik ala KPO, biasanya kami perlukan data berupa “step by step” peralihan dari pola pupuk satu ke pola pupuk lainnya.  Demikian juga pada peralihan antara  kombinasi pestisida yang digunakan sebelum dan saran berikutnya.
Kalau pada saat akan pilkada, banyak calon-calon pemimpin daerah  yang menawarkan KARTU BEROBAT  GRATIS, maka Kami dari kliniktaniorganik, juga melakukan  pembagian KARTU BEROBAT SECARA GRATIS.    Kami persilahkan anda untuk membawa KARTU BEROBAT anda setiap akan berobat ke klinik kami, kami akan berikan “RESEP DOKTER” tanpa berbayar pula.
Resepnya tak berbayar, tetapi …. untuk obatnya beli sendiri yaa…..
Lain-Lain
(…………….)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


− 1 = tiga

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


enam − = 1

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>