Sukses Bersama Klinik Pertanian Organik Kembang Langit, Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Pimpinan KPO-KL Bpk. Rusli Gunawan SW, SH. (kiri) Bersama Bupati Garut Bpk. H. Rudi Gunawan, SH, MH dan Camat Leles Dra. Hj Rusmanah M.Si More »

Kegiatan bersama Menakertrans di Leles-Garut More »

Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Jajaran Komisaris Direksi, Staff, dan Rekan PT.Kembang Langit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Padi di Aceh More »

Kegiatan Pelatihan More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Rawit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Pare/Paria More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Tomat di-Bandung More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Aplikasi Mengatasi lalat buah di tanah karo-SUMUT More »

Pengiriman Barang, Kegiatan Pelatihan More »

 

POLA PEMUPUKAN PADA FASE VEGETATIF DAN GENERATIF

Dalam pola pertumbuhannya tanaman mengalami dua fase pertumbuhan, yaitu fase vegetative dan fase generative.Fase vegetatif   adalah fase berkembangnya bagian vegetative dari suatu tanaman. Bagian vegetative dari tanaman adalah AKAR, BATANG,TUNAS DAN DAUN .  Sedangkan Fase generative adalah fase berkembangnya bagian-bagian  seperti BUNGA ,BIJI DAN BUAH.
Dalam makalah ini yang akan dibahas secara lebih rinci adalah tentang jenis dan dosis PEMUPUKAN pada fase pekembangan tanaman secara vegetative dan generatif .

Gambar 1. (Kalau melihat kondisi tanaman seperti ini, kita golongkan pada fase pemupukan mana?  Pemupukan vegetatif atau fase pemupukan Generaif? )

Walaupun secara umum pembagian fase tanaman tersebut sudah baku, namun ada hal yang kami ingin “memperkaya” tehnik pemupukan yang sudah ada selama ini.  Menurut “rumus” kami  cara klasifikasi ini, bisa menjadi tidak baku dan bisa menjadi “campur aduk”.  Kenapa “campur aduk”?
Karena berdasarkan metode yang kami kembangkan pada saat PEMBENTUKAN BUNGA,BIJI DAN BUAH,ternyata AKAR, BATANG,TUNAS DAN DAUN juga masih terus BERKEMBANG , bahkan TERUS MEMBENTUK TUNAS ,AKAR ,BATANG DAN DAUN yang BARU.  Sepertinya belum mau “berhenti”.  Jadi Fase Vegetatif atau genaratif  ???


Gambar 2.(Selanjutnya kami akan ilustrasikan dengan hasil aplikasi kami yang dilakukan dari tanggal 13 November 12,sampai bulan Januari ini.  Pada gambar kami tampilkan tanaman Bp. Tata Supita yang diambil pada tanggal 20 Desembr 12.  Usia tanaman pada saat tanaman berada dalam fase Vegetatif,usia Vegetatif ,37 hst.)

Secara umum,memang apabila di klasifikasikan berdasarkan usia tanaman, fase pertumbuhan tanaman bisa di golongkan sbb:  FASE VEGETATIF   1- 35 hst – FASE GENERATIF REFRODUKTIF36-65 hst – FASE GENERATIF PEMATANGAN  66-100 hst.

Gambar 3. A.( Berikutnya gambar ini kami ambil pada tanggal 2 Januari 13, posisi pengambilan gambar sama dengan sudut pada saat pengambilan gambar 1.  Usia tanaman 50 hari.)

Namun apabila melihat kondisi secara langsung di “lapangan”, dengan metode pertanian organik ala kliniktaniorganik (KTO), penggolongan tersebut bisa menjadi rancu.

Gambar 3.B.  ( Masih dalam lokasi dan waktu yang sama dengan gambar 3.A. hanya sudut pengambilan gambar agak bergeser sedikt ke sebelah kiri.  Tanaman kentang,sudah keluar bunga, hal ini berarti pula tanaman masuk fase GENERATIF REFRODUKTIF.)

Hal ini,kami paparkan karena ada sebagian anjuran yang memberi “sekat” antara SARAN DOSIS PEMUPUKAN antara fase vegetatif dengan fase generatif.  Di jelaskan  bahwa,misalnya : Pemberian pupuk untuk kondisi pertumbuhan tanaman pada fase Generatif   bisa menyebabkan “fatal” apabila diberi TAKARAN PUPUK UNTUK ‘MAKANAN’ FASE VEGETATIF., atau sebaliknya.

Gambar 3.C.( Kami bergeser sedikit ke sebelah kiri dari sudut gambar 3.B.  Kondisi daun tanaman, sangat ideal. Usia tanaman  50 hari.)

Tetapi justru dengan tehnik kliniktaniorganik, Pola PUPUK yang SEMESTINYA  diberikan … “NANTI”,  pada saat fase  GENERATIF, sangat MUNGKIN diberikan walaupun tanaman masih DALAM KONDISI PERTUMBUHAN ‘MASIH’   pada fase  VEGETATIF,atau sebaliknya.

Gambar 4.A( Foto tanaman diambil pada tanggal 17 Januari 13, sudut pengambilan gambar sama dengan sudut gambar 1 diatas, usia tanaman pada saat ini sudah 65  Hst.)

Oleh karena itu, pola “rumus” pemupukan yang kami rancang,bukan berlandaskan  FASE PERTUMBUHAN TANAMAN, VEGETATIF ATAU GENERATIF, tetapi kami ubah dengan ISTILAH yang sering kami ungkapkan ‘ POLA GAS -  KOPLING DAN REM’.

Gambar 4.B.( Pengambilan sudut gambar berbeser ke kanan sedikit dari gambar 4.A. Usia sudah menjelang masuk   dalam fase Generatif  PEMATANGAN. Mohon maaf karena gambarnya,agak gelap…maklum sedang mendung…Tetapi secara umum kondisi tanaman tampak… Sehat- Segar-Bugar.)

Menurut kami pola ini ternyata lebih FLEKSIBEL, kami tidak menjadikan fase pertumbuhan tanaman untuk memberikan JENIS DAN DOSIS PUPUKNYA.  Secara leluasa kami bisa memberikan PUPUK, yang ‘seharusnya’  diberikan pada fase generatif  untuk tanaman pada saat tanaman ‘masih’ dalam fase Vegetatif.

Gambar 4.C. ( Masih dalam waktu yang sama ,kami geser sedikit  ke kiri dari gambar 4.A,kondisi masih aman terkendali. Tanaman kentang aman dari serangan penyakit busuk daun Phytophthora infestans.)

Seperti yang kami telah ulas pada ‘halaman web’ sebelum ini, kami tidak akan memaksakan PUPUK yang seharusnya diberikan untuk tanaman pada saat pertumbuhan FASE VEGETATIF, apabila tanaman sedang ‘TERGANGGU KESEHATANNYA”.  Sudah menjadi pengetahuan bersama selama ini, bahwa pada saat fase vegetatif,seharusnya pupuk yang diberikan adalah pupuk yang banyak mengandung NITROGEN.   Namun dengan “rumus” kami, hal yang demikian tidak akan kami lakukan,langkah yang diambil justru memberikan PUPUK YANG SEMESTINYA DIPAKAI untuk TANAMAN YANG PERTUMBUHANNYA MASUK PADA FASE GENERATIF (Diberikan unsur hara Makro lain selain NITROGEN.)

Gambar 4.D.( Geser lagi ke kiri dari gambar 4.C , wow…. daun mengkilat dan aman dari serangan penyakit BUSUK DAUN ,penyakit  yang paling ditakuti petani kentang,disaat MUSIM PENGHUJAN seperti saat ini. Padahal Fungisida yang di gunakan Bp. Tata Supita, seperti sedang “guyunan”, POCANIL (sebagai aktifator Fungisida) hanya 6 sendok makan, Fungisida Sistemik 6 sendok dan juga Fungisida Kontak 6 sendok pula untuk 200 liter air.)

Sebaliknya pada saat pertumbuhan tanaman memasuki FASE GENERATIF, tetapi apabila pertumbuhan TUNAS ,AKAR ,BATANG DAN DAUN (ciri fase Vegetatif) TERUS ‘NAIK’ ,maka yang kami lakukan adalah dengan   TETEP memberikan PUPUK untuk  ” PORSI  MAKANAN ” untuk FASE VEGETATIF.  Logikanya, akan sangat disayangkan apabila pada saat Fase Generatif  ternyata Fase Vegetatifnya juga masih berlangsung…., kemudian kita hanya memberikan porsi FASE GENERATIF saja. 
Berdasarkan pengamatan dan pengalaman  KTO diatas , maka Pola pemupukan berdasarkan Fase  Vegetatif dan generatif, tidak kami  terapkan.  Kami menggunakan pola pemupukan yang lebih “Fleksibel”, sebagaimana yang biasa kami gunakan dalam setiap aplikasi kami.

25 Responses to POLA PEMUPUKAN PADA FASE VEGETATIF DAN GENERATIF

  1. muhtar mengatakan:

    bulan2 februari nanti sy akan tnm cabe sktar 4000 batang, pak admin JAUHAR nnti sy di bntu/panda ya pak spya bs brasil sukses tanam cabe ala KTO KEMBANGLANGIT.

  2. muhtar mengatakan:

    bulan2 februari nanti sy akan tnm cabe sktar 4000 batang, pak admin JAUHAR nnti sy di bntu/pandu ya pak spya bs brasil sukses tanam cabe ala KTO KEMBANGLANGIT.

  3. adimaz mengatakan:

    mas, mau nanyak lagi mas kalo menanam tumpang sari cabe dengan mentimun atau kacang panjang dengan cabai,waktu penanamanny sama atau tidak mas? apa mentimun dulu yg ditanam baru cabainy atau sebalikny mas? Ma’af ya mas terlalu banyak pertanyaan..oya mas kalau sistem pertanian didaerah pegunungan dengan daerah dataran rendah(pesisir pantai) beda apa tidak mas? Mengingat suhu udarany beda mas.

    • klinikta mengatakan:

      tumpang sari,lebih baik Cabe dulu 3-4 minggu,setelah itu baru disusulkan tanaman lainnya. Ketinggian lokasi (dpl) jelas ada perbedaan,tetapi secara garis besarnya dengan tehnik berbasis organik ini,tinggal memodifikasi sedikit-sedikt saja.

  4. Agung tri mengatakan:

    Pk sya agung dari bojonegoro sya ingn tahu hrga produk2 kembng langit trims

  5. Agung tri mengatakan:

    Pk minta tolong

  6. freddy sofyan mengatakan:

    nah gt dunk pak jauhar dr kmrn2 sy msh bingung cara pemupukan klo dibatasi fase vegetatif dan fase generatif dgn ulasan ini sy bs mengerti dikit2 deh hehehe…trima kasi pak atas uraiannya…jgn kapok bantu2 petani yah…

  7. dwi pati mengatakan:

    ass. Pak Rusli dan Pak Jauhar, masih semangat kan Pak???
    Saya sangat setuju dengan pola : GAS, KOPLING DAN REM. Sy sudah coba pada tanaman cabe rawit. Tanaman ini sy tanam sebelum kenal dengan Kembang Langit. Usia tanaman 1 tahun, kena virus kuning. Kemudian sy coba cara Kembang Langit. Yakni : kocoran pupuk peraman, NPK , Phosfat ( kami tidak sebut nama merknya ya pak. Red) dan pupuk CAS. Sedang semprotnya pakai pesnator, protektan dan sedikit pestisida kimia. Alhdllh, pada usia tanaman yg “sangat tua” masih produktif. Aplikasinya sy mdpt bimbingan juga dari petani mitra senior Bapak Imam Kebumen. Subhanallah, semoga amal Bapak Imam dan Pengasuh mdpt balasan berlipat dari Yang Maha Segalanya. Aamiin. wass.

  8. AGUS mengatakan:

    bismillah
    pak saya mau coment bisa masuk ga pak

  9. AGUS mengatakan:

    saya mohon dibantu tentang cara pemberian pupuk, pemberantasa penyakit cabe saya pak

    • klinikta mengatakan:

      Boleh pak, kami dikirimi gambar beserta data pupuk dan pestisida yang telah diberikan , silahkna pak Agus kami siap membantu.

  10. gun mengatakan:

    pak, kira2 minggu-3 maret ini sy mau tanam 1000 btg, sekarang sedang olah lahan (lahan sudah yg ke-3 ditanami cabe), sebaiknya bagaimana pak?

    • klinikta mengatakan:

      Perlakuan pupuk kandang diupayakan benar-benar di buat matang sebelum tanaman di tanam. karena sebenarnya sangat berisiko menanam di lokasi bekas tanaman sejenis, tetapi apabila perlakuan awal tanamannya “tertib”, dan menggunakan pupuk yang tidak setengah matang apalagi mentah, biasanya…Aman- aman saja. Demikian pak Gun.

  11. pak kebetulan saya masih baru bertani cabai rawit dan tomat pak tanah saya itu klw di musim penghujan dia lengket seperti tanah liat dan klw dimusim kemarau keras apakah bisa ditanami cabai atau tomat pak??? mohon komfirmnya makasih..

    • klinikta mengatakan:

      Biasanya yang kami lakukan untuk tanah demikian adalah dengan pemberian pupuk organik dalam jumlah “ekstra ” pak….Pembenahan tanah dengan memberiakn pupuk organik, merupakan solusi untuk tanah jenis demikian pak.

  12. RUDI mengatakan:

    saya mau gabung nich pak, tapinya bukan soal tanaman jangka pendek, in soal kelapa sawit bang,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


9 − tujuh =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

25 Responses to POLA PEMUPUKAN PADA FASE VEGETATIF DAN GENERATIF

  1. muhtar mengatakan:

    bulan2 februari nanti sy akan tnm cabe sktar 4000 batang, pak admin JAUHAR nnti sy di bntu/panda ya pak spya bs brasil sukses tanam cabe ala KTO KEMBANGLANGIT.

  2. muhtar mengatakan:

    bulan2 februari nanti sy akan tnm cabe sktar 4000 batang, pak admin JAUHAR nnti sy di bntu/pandu ya pak spya bs brasil sukses tanam cabe ala KTO KEMBANGLANGIT.

  3. adimaz mengatakan:

    mas, mau nanyak lagi mas kalo menanam tumpang sari cabe dengan mentimun atau kacang panjang dengan cabai,waktu penanamanny sama atau tidak mas? apa mentimun dulu yg ditanam baru cabainy atau sebalikny mas? Ma’af ya mas terlalu banyak pertanyaan..oya mas kalau sistem pertanian didaerah pegunungan dengan daerah dataran rendah(pesisir pantai) beda apa tidak mas? Mengingat suhu udarany beda mas.

    • klinikta mengatakan:

      tumpang sari,lebih baik Cabe dulu 3-4 minggu,setelah itu baru disusulkan tanaman lainnya. Ketinggian lokasi (dpl) jelas ada perbedaan,tetapi secara garis besarnya dengan tehnik berbasis organik ini,tinggal memodifikasi sedikit-sedikt saja.

  4. Agung tri mengatakan:

    Pk sya agung dari bojonegoro sya ingn tahu hrga produk2 kembng langit trims

  5. Agung tri mengatakan:

    Pk minta tolong

  6. freddy sofyan mengatakan:

    nah gt dunk pak jauhar dr kmrn2 sy msh bingung cara pemupukan klo dibatasi fase vegetatif dan fase generatif dgn ulasan ini sy bs mengerti dikit2 deh hehehe…trima kasi pak atas uraiannya…jgn kapok bantu2 petani yah…

  7. dwi pati mengatakan:

    ass. Pak Rusli dan Pak Jauhar, masih semangat kan Pak???
    Saya sangat setuju dengan pola : GAS, KOPLING DAN REM. Sy sudah coba pada tanaman cabe rawit. Tanaman ini sy tanam sebelum kenal dengan Kembang Langit. Usia tanaman 1 tahun, kena virus kuning. Kemudian sy coba cara Kembang Langit. Yakni : kocoran pupuk peraman, NPK , Phosfat ( kami tidak sebut nama merknya ya pak. Red) dan pupuk CAS. Sedang semprotnya pakai pesnator, protektan dan sedikit pestisida kimia. Alhdllh, pada usia tanaman yg “sangat tua” masih produktif. Aplikasinya sy mdpt bimbingan juga dari petani mitra senior Bapak Imam Kebumen. Subhanallah, semoga amal Bapak Imam dan Pengasuh mdpt balasan berlipat dari Yang Maha Segalanya. Aamiin. wass.

  8. AGUS mengatakan:

    bismillah
    pak saya mau coment bisa masuk ga pak

  9. AGUS mengatakan:

    saya mohon dibantu tentang cara pemberian pupuk, pemberantasa penyakit cabe saya pak

    • klinikta mengatakan:

      Boleh pak, kami dikirimi gambar beserta data pupuk dan pestisida yang telah diberikan , silahkna pak Agus kami siap membantu.

  10. gun mengatakan:

    pak, kira2 minggu-3 maret ini sy mau tanam 1000 btg, sekarang sedang olah lahan (lahan sudah yg ke-3 ditanami cabe), sebaiknya bagaimana pak?

    • klinikta mengatakan:

      Perlakuan pupuk kandang diupayakan benar-benar di buat matang sebelum tanaman di tanam. karena sebenarnya sangat berisiko menanam di lokasi bekas tanaman sejenis, tetapi apabila perlakuan awal tanamannya “tertib”, dan menggunakan pupuk yang tidak setengah matang apalagi mentah, biasanya…Aman- aman saja. Demikian pak Gun.

  11. pak kebetulan saya masih baru bertani cabai rawit dan tomat pak tanah saya itu klw di musim penghujan dia lengket seperti tanah liat dan klw dimusim kemarau keras apakah bisa ditanami cabai atau tomat pak??? mohon komfirmnya makasih..

    • klinikta mengatakan:

      Biasanya yang kami lakukan untuk tanah demikian adalah dengan pemberian pupuk organik dalam jumlah “ekstra ” pak….Pembenahan tanah dengan memberiakn pupuk organik, merupakan solusi untuk tanah jenis demikian pak.

  12. RUDI mengatakan:

    saya mau gabung nich pak, tapinya bukan soal tanaman jangka pendek, in soal kelapa sawit bang,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


6 − = dua

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>