Sukses Bersama Klinik Pertanian Organik Kembang Langit, Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Pimpinan KPO-KL Bpk. Rusli Gunawan SW, SH. (kiri) Bersama Bupati Garut Bpk. H. Rudi Gunawan, SH, MH dan Camat Leles Dra. Hj Rusmanah M.Si More »

Kegiatan bersama Menakertrans di Leles-Garut More »

Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Jajaran Komisaris Direksi, Staff, dan Rekan PT.Kembang Langit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Padi di Aceh More »

Kegiatan Pelatihan More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Rawit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Pare/Paria More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Tomat di-Bandung More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Aplikasi Mengatasi lalat buah di tanah karo-SUMUT More »

Pengiriman Barang, Kegiatan Pelatihan More »

 

PUPUK KANDANG yang di PERAM sebagai BASIS PERTANIAN ORGANIK

Pupuk kandang merupakan faktor penting dalam penegembangan pola pertanian berbasis organik,sebab menurut kami tanpa penggunaan pupuk kandang,artinya kita harus menggunakan pupuk kimia sebagai basis pemupukannya.  Dalam kesempatan ini,kami mencoba menguraikan perihal pupuk kandang tersebut.  Pupuk kandang yang kami maksud dalam hal ini adalah pupuk kandang yang telah dilakukan proses pemeraman terlebih dahulu.   Kami sengaja menggunakan istilah PEMERAMAN,dan tidak menggunakan ISTILAH dari negara  ASING,sebagai bentuk kebanggaan,karena yang kita gunakan tidak ada satupun jenis bakteri yang diambil dari negara asing (SEMUA BAKTERI PENGURAI  YANG DIGUNAKAN,LOKAL,ASLI DARI BUMI PERTIWI). Bahkan peneliti-peneliti ASING,melakukan penelitiannya di BUMI PERTIWI,karena didaerah mereka yang beriklim SUBTROPIS,atau bahkan BERIKLIM DINGIN ,yang jumlah bakteri  pengurai mereka ,tidak sebanyak dinegara khatulistiwa ( dinegara mereka,mungkin bakterinya KEDINGINAN …).

1.(  Gambar hasil aplikasi dilokasi Bp. Tata Supita ,di Kamojang Garut, yang menggunakan tehnik pertanian organik,ala kembang langit,dengan memanfaatkan pupuk kandang yang dimatangkan dan penggunaan PESTISIDA ORGANIK,KLINIKTANIORGANIK.)

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman kami dilapangan,setiap pupuk kandang berbeda dalam menghasilkan kualitas hasil produksinya.

2.(Pengamatan,dilakukan tanggal 15 Juli 12,Setelah dipacu dengan hormon alami,kemudian diisi jaringan tanamannya dengan pupuk alami,melalui PEMBERIAN PEMERAMAN,hasilnya mulai tampak,bunga dan buah bermunculan dengan lebatnya.)

Pupuk kandang mengandung 3 golongan komponen, yaitu LITTER (kotoran/sampah), EKSKRETA PADAT (bahan keluaran padat) dari HEWAN, dan EKSKRETA CAIR (urin). Sifat/keadaan dan konsentrasi relatif dari komponen-komponen ini dalam macam-macam pupuk kandang adalah SANGAT BERBEDA, tergantung dari

JENIS HEWAN, CARA PEMBERIAN  makanannya dan PEMELIHARAAN  HEWAN tersebut.

3.(  Kondisi tanaman awal pengamatan,masih pada lokasi Bp. Tata Supita,yang merupakan petani pemula dalam berbudidaya tanaman cabe/baru pertama kali tanam cabe. Pemeliharaannya menggunakan pupuk kandang yang dimatangkan dengan cara PEMERAMAN.)

4. (Kondisi tanaman yang subur,walaupun saat ini,musim agak kering/sulit air.  Setelah dilakukan pengecoran pupuk PERAMAN,secara berulang,kondisi tanaman makin OK…)

Sisa-sisa tanaman yang merupakan kotoran pada pupuk kandang biasanya TINGGI  kandungan KARBOHIDRATNYA , terutama Selulosa (Selulosa adalah senyawa organik yang paling umum di Bumi. Sekitar 33% dari semua materi tanaman adalah selulosa . Selulosa tidak dapat dicerna oleh manusia, hanya dapat dicerna oleh hewan yang memiliki enzim selulase), dan RENDAH  kandungan NITROGEN  maupun MINERALNYA sedangkan  Nitrogen dan mineral terkandung tinggi pada URIN , dan kandungan karbohidratnya sangat kecil. Sedangkan ekskreta padat memiliki kandungan PROTEIN  yang tinggi, sehingga memberikan  suatu media yang lebih seimbang bagi perkembangan mikroorganisma. Komposisi kimiawi pupuk kandang dari berbagai jenis hewannya adalah sebagai berikut:

Unsur-unsur kimiawi Pupuk Kandang
Domba (%) ** Kuda (%) *** Sapi (%) **
Ether
Air dingin
Air panas
Hemisellulosa
Sellulosa 18,7 27,5 25,2
Lignin 20,7 14,2 20,2
Total Protein 25,5 6,8 14,9
Debu

Katerangan:

** Ekskreta padat dan cair         ***  Ekskreta padat saja

5.(Pertumbuhan tanaman cabe,Pak Tata Supita,pada tanggal 15 Juli 12,hijau sehat,bercabang banyak,hasil dari  memanfaatkan PUPUK PERAMAN,dan PESTISIDA ORGANIK)

(Dari tabel diatas,dapat dianalisa)Pupuk kandang dari kotoran DOMBA kandungan PROTEINNYA tinggi,  tapi pupuk kandang kotoran DOMBA rendah kandungan SELLULOSANYA. Pupuk kandang dari kotoran kuda rendah kandungan proteinnya dan tinggi kandungan sellulosanya dan hemisellulosa. Sedangkan pupuk kandang dari kotoran sapi persentase kandungan unsur-unsurnya berada diantara kedua jenis pupuk kandang tersebut.

TINGGINYA KANDUNGAN PROTEIN PADA PUPUK KANDANG DOMBA,MENJADIKAN SALAH SATU  PILIHAN UTAMA,MENGAPA  KAMI MEPRIORITASKAN PUPUK KANDANG TERSEBUT  DALAM MEMBUAT PERAMAN. “RAGI” yang kami gunakan untuk PROSES PEMERAMAN ini adalah PROTEK-tan PUPUK ORGANIK ” CAS”.

6.(Pemberian pupuk PERAMAN,menyebabkan tanaman lebih tahan terhadap serangan keriting daun dan virus)

Berikut ini adalah tabel sifat keadaan kelembaban dan unsur-unsur kimiawi (NITROGEN, P2O5, dan K2O) pada beberapa pupuk kandang berdasarkan jenis hewannya.

Pupuk Kandang Kelembaban (%) Nitrogen (%) P2O5 (%) K2O (%)
Lembu, Sapi 80 1,67 1,11 0,56
Kuda 75 2,29 1,25 1,38
Domba 68 3,75 1,87 1,25
Babi 82 3,75 3,13 2,50
Ayam 56 6,27 5,92 3,27
Merpati 52 5,68 5,74 3,23

Berdasarkan kandungan unsur hara NPK yang terdapat pada berbagai jenis sumber hewannya,Pupuk kandang AYAM memiliki kandungan NPK yang paling tinggi,oleh karena itu biasanya kami menyarankan penggunaan PUPUK AYAM ini sebagai PUPUK DASAR.  Namun proses pemeraman tetap  “wajib” dilakukan.  Kami biasa mengibaratkan bahwa proses PEMERAMAN ini adalah sama dengan proses PEMATANGAN , dengan perumpamaan sebagai berikut,kira -kira apa jadinya apabila kita makan NASI YANG SETENGAH MATANG apalagi MASIH MENTAH/BELUM MATANG?

7.(Hasil aplikasi,pada tanaman mentimun,milik Bp. Tata, Desa Citerewes,Leuwisari, Singaparna ,Tasikmalaya,yang menggunakan tehnik berbasis pertanian organik,dengan memanfaatkan pupuk kandang yang diperam terlebih dahulu). Tanaman tampak sehat.

8.(Dengan memanfaatkan pupuk peraman,bunga dan bakal buah tidak “rontok” karena pupuk yang diberikan dalam keadaan matang,tampak buah mentimun sudah membentuk,bahkan pada  tangkai  dari pangkal pertama,diperkirakan petik dalam 2-3 hari kedepan).

9.( Pupuk kandang yang diperam ,tidak bisa dipisahkan dari sistem pertanian organik,bahkan bisa dibilang,merupakan salah satu ‘kunci” keberhasilan sistem pertanian berbasis pertanian organik,kita lihat pada hasil aplikasi pada tanaman mentimun tersebut diatas,daun,bunga dan buah tanaman tidak “terbakar” akibat panas nya pupuk kandang yang belum matang.)

10. ( Pengamatan dilakukan pada tanggal 18 Juli 12,lokasi penanaman mentimun ini,sebenarnya agak miskin unsur hara,karena tekstur tanahnya merupakan tanah berbatu,tampak disamping tanaman timun tampak batu-batu besar yang digali/diambil dari lokasi penanaman).  Namun dengan penambahan unsur hara dari peraman pupuk kandang,pertumbuhan tanaman tetap dapat dipacu.

PUPUK KANDANG YANG DIPERAM,TIDAK BISA DIGANTIKAN OLEH PUPUK KIMIA,DAN PUPUK KANDANG INILAH YANG MENJADI BASIS/PONDASI DALAM  SISTEM PERTANIAN ORGANIK.

4 Responses to PUPUK KANDANG yang di PERAM sebagai BASIS PERTANIAN ORGANIK

  1. giarto says:

    bagaimana cara memeram/proses memeramnya? terimakasih.

  2. khoiul rohman says:

    antara kotoran ayam potong dengan ayam petelur kandungannya tinggi mana? cara/teknik pemeraman yang baik gimana? mks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 3 = dua belas

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

4 Responses to PUPUK KANDANG yang di PERAM sebagai BASIS PERTANIAN ORGANIK

  1. giarto says:

    bagaimana cara memeram/proses memeramnya? terimakasih.

  2. khoiul rohman says:

    antara kotoran ayam potong dengan ayam petelur kandungannya tinggi mana? cara/teknik pemeraman yang baik gimana? mks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 + sembilan =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>