Sukses Bersama Klinik Pertanian Organik Kembang Langit, Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Pimpinan KPO-KL Bpk. Rusli Gunawan SW, SH. (kiri) Bersama Bupati Garut Bpk. H. Rudi Gunawan, SH, MH dan Camat Leles Dra. Hj Rusmanah M.Si More »

Kegiatan bersama Menakertrans di Leles-Garut More »

Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Jajaran Komisaris Direksi, Staff, dan Rekan PT.Kembang Langit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Padi di Aceh More »

Kegiatan Pelatihan More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Rawit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Pare/Paria More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Tomat di-Bandung More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Aplikasi Mengatasi lalat buah di tanah karo-SUMUT More »

Pengiriman Barang, Kegiatan Pelatihan More »

 

RONTOK BUNGA

Masalah kerontokan bunga pada tanaman khususnya pada tanaman cabe bisa menjadi masalah besar,karena sebagaimana pun suburnya daun kalau bunga nya rontok,apalah yang mau dipanen/dipetik hasilnya.

Pada kesempatan ini kami tampilkan tanaman hasil aplikasi produk kami. Tampak tanaman, tidak mengalami rontok bunga yang berlebihan,bahkan tanaman yang sudah petik 12 kali,bunga nya berkembang terus hingga ketunas-tunas teratas,bahkan membentuk buah yang masih  “lurus-lurus”.

Salah seorang petani muda dari Lemah Sugih,Majalengka sedang berkunjung pada areal demplot  Kembang Langit.

Sudah petik 12 kali,bunga tidak rontok.

Berdasarkan pengalaman kami,faktor-faktor penyebab kerontokan bunga antara lain adalah :

1.  Pupuk kandang  yang MENTAH

Buah ujung,masih lebat dan lurus -lurus.

2.  Kelebihan pupuk “GAS NITROGEN”

3.  Kekurangan pupuk  Calsium

(Mitra kami dari Ciamis,kang Dadang Purwa sedang mengamati tanaman hasil menggunakan tehnik kami)

4.  Kelebihan HORMON PERTUMBUHAN`,terutama hormon kimia.

5.  OVER DOSIS PESTISIDA ( INSEKTISIDA DAN FUNGISIDA) kimia.

6.  Isapan dari hama thrips dan tungau selain menyebabkan daun/tunas menjadi keriting, juga menyebabkan tangkai bunga rapuh dan rontok.

7. Serangan penyakit virus kuning. Efek dari penyakit ini, Selain tanaman menjadi kerdil,juga disertai kerontokan bunga dan buah.

Tanaman diatas ini, walaupun sudah 13 kali petik,namun tingkat kerontokan bunga dan buah sangat rendah.

Aplikasi PROTEK-tan PESNATOR DAN POCAniL,ternyata efektif dalam mencegah terjadinya kerontokan bunga dan buah.

32 Responses to RONTOK BUNGA

  1. Sugianto mengatakan:

    Bagaimana aplikasi protektan,presnator dan procanil pda cbe yg rontok bunga? Di campurkah ke 3 pupuk? Lalu d semprotkn 1 mnggu sekali?

    • klinikta mengatakan:

      Protek 3 tutup,Pesnator 2 tutup, Pocanil 1 sendok makan. Hindari pupuk Nitrogen terlebih dahulu,tambahkan pupuk Cas dan Calsium dalam pengecorannya. Semoga berhasil pak.

      • daffa mengatakan:

        apakah protektan presnator dan pokanil bs untuk ngecor ?
        klw tanaman brocolidan k kol ada sebagian daun kuning dan layu apa bs dicor atw d semprotkan ?

        • klinikta mengatakan:

          Yang bisa di kocor Protektan dan pupuk CAS saja, pak.Termasuk fungsi yang kami rekomendasikan ,untuk aplikasi pengendalian layu fusarium.

  2. syaf mengatakan:

    slam merdeka pak,,
    pak, bgaimana cara proses pematangan pupuk kandang pak, mohon bantuan scara detail pak.. Trimakasih..

  3. syaf mengatakan:

    pak,apakah pemeramany perlu mnggunakan pupuk buatan atau ada tambahan bhan yg lain untuk proses pemeramany..
    Oh ya pak brapa lama proses pemeraman tsb…

  4. syaf mengatakan:

    kalau sdah mtang apkah pupuk kandang tdi siap dpakai atau ada proses lain lgi.?

  5. daud mengatakan:

    Saya akan coba, belajar tanem cabe. Mohon petuk selanjud nya ya pak.

  6. santo mengatakan:

    umur cabai untuk berapa bulan bisa menggunakan protektan ,dll, tsb. Trims

  7. judis mengatakan:

    kalau kapur pertanian bisa dijadikan pupuk calsium gak pak?sy pernh beli,tp tdk ada ketrgn unsur haranya

    • klinikta mengatakan:

      Kaptan (kapur pertanian) memang mengandung Calsium dan Magnesium pak Judis,hanya kadarnya rendah bila dibandingkan dengan Calsium-calsium Murni yang biasa di jual kemasan per 1 kiloan.

  8. hendra mengatakan:

    Bapak, saya sih.. ngak punya tanam cabe.. saya mau tanya dan sharing aja.. kalau tidak keberatan.

    cuman sepertinya hama penyakitnya sama dengan hama tanaman yang aku sedang hadapi… dia kelihatan layu,kadang kala keriting dan juga daunnya seperti ngak kuat digoyang sedikit aja rontok.. apa karena kurang kalsium?

    dan juga ada seperti bintik putih seperti kutu tetapi bukan kutu, kelihatan seperti serbuk batang pohon saya juga binggung apa yang mesti saya lakukan. terima kasih

    • klinikta mengatakan:

      Perihal kelayuan sudah kami bahas di “halaman ” lain diweb kami pak. Perihal kerontokan bisa saja kelebihan Nitrogen atau bisa juga akibat kekurangan Calsium,untuk lebih jelasnya ada baikknya kalau Pak Hendra mengirimkan gambarnya pada kami,nanti kita analisa secara bersama-sama.

  9. dwi pati mengatakan:

    ass. MAAF, MOHON SARAN SECEPATNYA, PENTING/DARURAT.
    Tanaman cabe usia 43 HST. Sudah sy perlakukan versi Kembang Langit (cor pakai peraman, dll. Semprot pakai pocanil, pesnator, protektan dan sedikit pestisida). Saat ini buah cabe sy ada yg busuk. Sebagian ada tanda titik, sy buka ternyata ada ulat. Tapi sebagian lain, tanpa tanda, buahnya lembek dan busuk. warna agak kuning jika dibanding buah yg sehat. Kalau kesenggol dikit langsung rontok. Dalam kondisi demikian, tanaman masih perlu di-GAS atau di-REM ??? Dan gmn solusinya. Maaf sy bbrp hari kmrn mau kirim gambarnya, tapi sulit meng-upload. Tlg dibantu segera penanganannya ya pak. Mksh, wass

    • klinikta mengatakan:

      Ya pak sudah dibahas di emailnya pak Dwi, silahkan dibuka. Nanti kami tunggu lagi kabar berikutnya,terutama gambar-gambarnya.

  10. achmad munif mengatakan:

    pak saya mau tanya klo untuk pupuk dasar….klinik organik pake tidak ,bisa jelaskan penggunaan pupuk dasar

  11. Adi megondo mengatakan:

    Apakah prodak Bapak bisa dikirim diKALBAR,bagaimana pengirimannya?..

  12. Ulum mengatakan:

    Gimana caranya mengatasi bunga yang rontok terus, yang sampai jadi buah hanya sebagian kecil saja. Makasih atas Infonya

  13. Ulum mengatakan:

    Gimana caranya mengatasi bunga pada tanaman terong yang rontok terus, yang sampai jadi buah hanya sebagian kecil saja. oya saya menanam terong tersebut di bawah tanaman Oyong. Makasih atas Infonya

    • klinikta mengatakan:

      Boleh nanti kita bisa bahas bersama pak, dikirimkan saja gambar tanamannya beserta pupuk dan pestisida yang telah diaplikasikan. kami tunggu.

  14. Ledy mengatakan:

    Pohon cabe saya subur dan banyak bunga ttp tdk pernah jadi buah (bunganya rontok). Sdh saya kasih pupuk npk tp gagal. Mohon bantusnnys

    • klinikta mengatakan:

      Tehnik yang biasa kami lakukan adalah dengan mengurangi pupuk kimia Nitrogen tinggi, termasuk NPK, ditambahkan pupuk CAS, penambahan hormon alami, Protektan dan Calsium , dari bawah kami biasanya menambahkan pupuk CAS. Demikian , semoga berhasil kembangnya menjadi Buah.

  15. aliym zhahdaa perdana mengatakan:

    cabe saya sudah kriting daun malah bunga dan daunya rontok!bagaimana cara aplikasi dari kembang langit untuk mengatasi hal tsb. . .dan pestisida kimianya tetap dipakai atau ditinggalkan

    • klinikta mengatakan:

      Bisa dikirimkan dulu kondisi gambar tanamannya , kemudian disertakan juga aplikasi pupuk dan pestisida apa saja yang telah diberikan.

      • aliym zhahdaa perdana mengatakan:

        saya menggunakan pestda bhn aktf abamectin dan imdak kloropit,dan pngecoran saya gungakan pupuk kcl urea dan npk.dg dosis 1 botol 2 per 25 liter air. .tetapi hasilnya mengecewakan,
        Kalo pakai mau pakai pupuk cas brp dosisnya dan brp pesen pupuk yg hrs qt gunakan

        • klinikta mengatakan:

          Bahan insektitida yang digunakan sudah cukup kuat, tetapi perlu kiranya diatur di pola pemupukannya, karena berdasarkan metode kami, penggunaan pupuk dan pestisida saja memang tidak cukup tetapi perlu dikelola pengunaanya, agar “pas” sesuai dengan kebuthannya. Keperluannya sesuai dengan umur dan kondisi tanaman saja. Demikian .

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


sembilan + = 10

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

32 Responses to RONTOK BUNGA

  1. Sugianto mengatakan:

    Bagaimana aplikasi protektan,presnator dan procanil pda cbe yg rontok bunga? Di campurkah ke 3 pupuk? Lalu d semprotkn 1 mnggu sekali?

    • klinikta mengatakan:

      Protek 3 tutup,Pesnator 2 tutup, Pocanil 1 sendok makan. Hindari pupuk Nitrogen terlebih dahulu,tambahkan pupuk Cas dan Calsium dalam pengecorannya. Semoga berhasil pak.

      • daffa mengatakan:

        apakah protektan presnator dan pokanil bs untuk ngecor ?
        klw tanaman brocolidan k kol ada sebagian daun kuning dan layu apa bs dicor atw d semprotkan ?

        • klinikta mengatakan:

          Yang bisa di kocor Protektan dan pupuk CAS saja, pak.Termasuk fungsi yang kami rekomendasikan ,untuk aplikasi pengendalian layu fusarium.

  2. syaf mengatakan:

    slam merdeka pak,,
    pak, bgaimana cara proses pematangan pupuk kandang pak, mohon bantuan scara detail pak.. Trimakasih..

  3. syaf mengatakan:

    pak,apakah pemeramany perlu mnggunakan pupuk buatan atau ada tambahan bhan yg lain untuk proses pemeramany..
    Oh ya pak brapa lama proses pemeraman tsb…

  4. syaf mengatakan:

    kalau sdah mtang apkah pupuk kandang tdi siap dpakai atau ada proses lain lgi.?

  5. daud mengatakan:

    Saya akan coba, belajar tanem cabe. Mohon petuk selanjud nya ya pak.

  6. santo mengatakan:

    umur cabai untuk berapa bulan bisa menggunakan protektan ,dll, tsb. Trims

  7. judis mengatakan:

    kalau kapur pertanian bisa dijadikan pupuk calsium gak pak?sy pernh beli,tp tdk ada ketrgn unsur haranya

    • klinikta mengatakan:

      Kaptan (kapur pertanian) memang mengandung Calsium dan Magnesium pak Judis,hanya kadarnya rendah bila dibandingkan dengan Calsium-calsium Murni yang biasa di jual kemasan per 1 kiloan.

  8. hendra mengatakan:

    Bapak, saya sih.. ngak punya tanam cabe.. saya mau tanya dan sharing aja.. kalau tidak keberatan.

    cuman sepertinya hama penyakitnya sama dengan hama tanaman yang aku sedang hadapi… dia kelihatan layu,kadang kala keriting dan juga daunnya seperti ngak kuat digoyang sedikit aja rontok.. apa karena kurang kalsium?

    dan juga ada seperti bintik putih seperti kutu tetapi bukan kutu, kelihatan seperti serbuk batang pohon saya juga binggung apa yang mesti saya lakukan. terima kasih

    • klinikta mengatakan:

      Perihal kelayuan sudah kami bahas di “halaman ” lain diweb kami pak. Perihal kerontokan bisa saja kelebihan Nitrogen atau bisa juga akibat kekurangan Calsium,untuk lebih jelasnya ada baikknya kalau Pak Hendra mengirimkan gambarnya pada kami,nanti kita analisa secara bersama-sama.

  9. dwi pati mengatakan:

    ass. MAAF, MOHON SARAN SECEPATNYA, PENTING/DARURAT.
    Tanaman cabe usia 43 HST. Sudah sy perlakukan versi Kembang Langit (cor pakai peraman, dll. Semprot pakai pocanil, pesnator, protektan dan sedikit pestisida). Saat ini buah cabe sy ada yg busuk. Sebagian ada tanda titik, sy buka ternyata ada ulat. Tapi sebagian lain, tanpa tanda, buahnya lembek dan busuk. warna agak kuning jika dibanding buah yg sehat. Kalau kesenggol dikit langsung rontok. Dalam kondisi demikian, tanaman masih perlu di-GAS atau di-REM ??? Dan gmn solusinya. Maaf sy bbrp hari kmrn mau kirim gambarnya, tapi sulit meng-upload. Tlg dibantu segera penanganannya ya pak. Mksh, wass

    • klinikta mengatakan:

      Ya pak sudah dibahas di emailnya pak Dwi, silahkan dibuka. Nanti kami tunggu lagi kabar berikutnya,terutama gambar-gambarnya.

  10. achmad munif mengatakan:

    pak saya mau tanya klo untuk pupuk dasar….klinik organik pake tidak ,bisa jelaskan penggunaan pupuk dasar

  11. Adi megondo mengatakan:

    Apakah prodak Bapak bisa dikirim diKALBAR,bagaimana pengirimannya?..

  12. Ulum mengatakan:

    Gimana caranya mengatasi bunga yang rontok terus, yang sampai jadi buah hanya sebagian kecil saja. Makasih atas Infonya

  13. Ulum mengatakan:

    Gimana caranya mengatasi bunga pada tanaman terong yang rontok terus, yang sampai jadi buah hanya sebagian kecil saja. oya saya menanam terong tersebut di bawah tanaman Oyong. Makasih atas Infonya

    • klinikta mengatakan:

      Boleh nanti kita bisa bahas bersama pak, dikirimkan saja gambar tanamannya beserta pupuk dan pestisida yang telah diaplikasikan. kami tunggu.

  14. Ledy mengatakan:

    Pohon cabe saya subur dan banyak bunga ttp tdk pernah jadi buah (bunganya rontok). Sdh saya kasih pupuk npk tp gagal. Mohon bantusnnys

    • klinikta mengatakan:

      Tehnik yang biasa kami lakukan adalah dengan mengurangi pupuk kimia Nitrogen tinggi, termasuk NPK, ditambahkan pupuk CAS, penambahan hormon alami, Protektan dan Calsium , dari bawah kami biasanya menambahkan pupuk CAS. Demikian , semoga berhasil kembangnya menjadi Buah.

  15. aliym zhahdaa perdana mengatakan:

    cabe saya sudah kriting daun malah bunga dan daunya rontok!bagaimana cara aplikasi dari kembang langit untuk mengatasi hal tsb. . .dan pestisida kimianya tetap dipakai atau ditinggalkan

    • klinikta mengatakan:

      Bisa dikirimkan dulu kondisi gambar tanamannya , kemudian disertakan juga aplikasi pupuk dan pestisida apa saja yang telah diberikan.

      • aliym zhahdaa perdana mengatakan:

        saya menggunakan pestda bhn aktf abamectin dan imdak kloropit,dan pngecoran saya gungakan pupuk kcl urea dan npk.dg dosis 1 botol 2 per 25 liter air. .tetapi hasilnya mengecewakan,
        Kalo pakai mau pakai pupuk cas brp dosisnya dan brp pesen pupuk yg hrs qt gunakan

        • klinikta mengatakan:

          Bahan insektitida yang digunakan sudah cukup kuat, tetapi perlu kiranya diatur di pola pemupukannya, karena berdasarkan metode kami, penggunaan pupuk dan pestisida saja memang tidak cukup tetapi perlu dikelola pengunaanya, agar “pas” sesuai dengan kebuthannya. Keperluannya sesuai dengan umur dan kondisi tanaman saja. Demikian .

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


7 − lima =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>