Sukses Bersama Klinik Pertanian Organik Kembang Langit, Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Pimpinan KPO-KL Bpk. Rusli Gunawan SW, SH. (kiri) Bersama Bupati Garut Bpk. H. Rudi Gunawan, SH, MH dan Camat Leles Dra. Hj Rusmanah M.Si More »

Kegiatan bersama Menakertrans di Leles-Garut More »

Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Jajaran Komisaris Direksi, Staff, dan Rekan PT.Kembang Langit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Padi di Aceh More »

Kegiatan Pelatihan More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Rawit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Pare/Paria More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Tomat di-Bandung More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Aplikasi Mengatasi lalat buah di tanah karo-SUMUT More »

Pengiriman Barang, Kegiatan Pelatihan More »

 

MENGENDALIKAN VIRUS KUNING pada Cabe

Masalah keriting daun benar benar sudah menjadi,masalah utama pada budidaya tanaman cabe.
Informasi yang masuk baik lewat email maupun via telpon ,hampir setiap hari kami terima.
Ada satu hal yang membuat kami tertegun mendengar alasan petani yang menyebabkan kondisi tanamannya,keriting adalah karena kondisi ALAM . Kita hendaknya secara bijak,untuk tidak langsung memvonis,bahwa keriting daun adalah akibat ANGIN YANG KENCANG atau akibat PANAS YANG TERLALU TERIK. Untuk bisa SURVIVAL,dalam kondisi alam yang ekstrim ini,kita hendaknya ber SAHABAT dengan ALAM,jangan justru selalu menyalahkan ALAM.
Kita diberi akal dan pikiran justru hendaknya kita gunakan untuk berupaya agar dapat BERTAHAN HIDUP . Demikian pula dalam tehnik bercocok tanam cabe,kita hendaknya mengerti betul apa yang diperlukan tanaman. Dalam artian,jangan sampai tanaman sedang tidak perlu makanan tertentu malah kita berikan,dan yang diperlukan malah tidak diberikan.
Sebagai contoh pada saat musim kemarau,seperti saat ini,sebenarnya tanaman tidak terlalu memerlukan NITROGEN TINGGI,tetapi oleh kita malahan diberikan dalam bentuk ditabur atau dengan di corkan. Seandainya tanaman bisa berbicara,pastinya tanaman akan PROTES. Pada saat panas begini,sebenarnya tanaman memerlukan MAKANAN “PENDINGIN” tetapi yang berasal dari bahan alami,tetapi pernahkan anda memberikannya?
Berikut ini kami tampilkan kembali,hasil uji aplikasi kami yang dilakukan ditempat yang kami sendiri belum pernah menginjaknya, PAYAKUMBUH,PADANG SUMATERA BARAT.
Aplikasi ini dilakukan oleh seorang putra daerah,yang masih Kuliah semester AKHIR,di INSTITUT TEHNOLOGI PADANG ,JURUSAN TEHNIK INFORMATIKA,yang sebelumnya belum pernah bertani cabe. Budidaya cabe ini dilakukan mengisi waktu di sela-sela persiapan PENULISAN SKRIPSI. Jadi dalam hal ini kami mau menegaskan,bahwa BANG TOMMY ini,merupakan PETANI PEMULA…BANGET…
Ada satu hal yang membuat kami,turut berbangga ternyata saat ini,sudah ada “MASTER”,cabe KOPAY (jenis cabe lokal padang) yang mengajak kerjasama dengan bang Tommy,tentunya setelah melihat hasil perkembangan tanamannya. walaupun,perjalanan masih jauh,tapi setidaknya,hasil yang telah dicapai di PAYAKUMBUH ini,tentunya makin memotivasi kami untuk lebih reaktif dalam mengembangkan tehnik tehnik budidaya cabe secara ALAMI dan tidak ikut-ikutan latah dan langsung menyalahkan bahwa tanaman cabe keriting daun adalah akibat KONDISI ALAM…Setidaknya kita berupaya dulu,memberikan apa yang diperlukan tanaman dalam kondisi ALAM EKSTRIM ,seperti saat ini .KONDISI TANAMAN SEBELUM PERLAKUAN
A.1.Kami tampilkan kembali hasil-hasil pengamatan sebelum perlakuan,yang belum sempat kami tampilkan pada blog yang lalu.Foto tanaman ini diambil pada tanggal 25 September 2011 (A.1-A.5)
A.2.Tampak tanaman telah terkena virus Gemini/Virus Kuning,yang sangat parah
A.3.Gejala/ciri dari serangan virus ini adalah sebagai berikut: Seperti terlihat diatas, daun keriting kecil-kecil,menguning dan pucat. Tanaman kerdil dan pada umumnya bunga dan buah rontok.
A.4.Penyebab virus ini adalah Kelompok/Genus BEGOMOVIRUS ( BEAN GOLDEN MOSAIC VIRUS),Famili Geminiviridae.
A.5.Virus ditularkan oleh KUTU KEBUL(Bemisia tabaci),Trips dan Tungau.
Penularan dilakukan secara Persisten artinya selama hidupnya virus terkandung didalam tubuh hama tersebut.
KONDISI TANAMAN SETELAH PERLAKUAN PROTEK-tan, PESNATOR, POCAniL dan CAS
B.1.Bagaimana mengendalikannya Virus tersebut?
B.2.Foto – foto dari B.1 s.d B.13. Merupakan hasil -hasil setelah 3 minggu aplikasi.
B.3. Secara sekilas bisa kita lihat perkembangan tanaman,saat ini. Gambar diambil tanggal 17 Oktober 2011.
B.4. Walaupun hasil uji terap ini masih berlangsung,setidaknya hingga saat ini,tanda – tanda pulihnya tanaman , mulai terlihat.
B.5.Tunas – tunas tanaman terlihat segar bugar. Adapun tehnik yang kami kembangkan untuk mengatasi masalah HAMA DAN PENYAKIT ini adalah,sbb:
B.6.Serangga Hama,YANG MERUPAKAN VEKTOR/perantara,menularnya PENYAKIT VIRUS, seperti KUTU KEBUL kami atasi dengan PESNATOR.
B.7.Sedangkan Serangga hama vektor virus lainnya yaitu TRIPS DAN TUNGAU kami atasi dengan PROTEK-tan (secara disemprot dan di corkan)
B.8.Hama- hama tersebut,secara sungguh -sungguh harus kita waspadai,sebab melalui isapan STYLET/”MONCONGNYA”,tanaman yang sehat akan tertular dari tanaman yang sakit.
B.9.Proses penularanVirus kuning. Hama menghisap cairan tanaman cabai yang terkena virus kuning,kemudian hama tersebut hinggap pada tanaman cabai yang sehat dan mengeluarkan lendir yang sudah terkontaminasi virus kuning.Virus kemudian menyebar pada tanaman cabai yang sehat. Virus yang berbentuk Gen dapat merusak jaringan tanaman yang berupa kromosom atau RNA/DNA,JADI VIRUS KUNING TERSEBUT MENGHENTIKAN KERJA GEN KROMOSOM KLOROFIL TANAMAN,yang berupa asam amino. Sehingga tanaman tersebut dikuasai oleh Gen Virus kuning/Gemini.
B.10. Akhirnya tanaman dipenuhi oleh gen- gen Virus.
B.11.Tehnik pengendalian Virus yang sederhana adalah sebagai berikut. Dalam kehidupan sehari hari sudah kita ketahui, bahwa penyakit yang disebabkan oleh Virus,seperti Virus Influensa dan Virus HIV,belum ada obatnya/belum bisa mematikan virusnya,yang bisa dilakukan adalah mengupayakan agar perkembangan virus bisa terhambat/tidak laju terlalu cepat.
B.12.Sebagai pembanding bisa kita perhatikan contoh berikut ini. Orang yang kesehatannya Fit pada umumnya,lebih tahan terhadap serangan Virus influensa. Demikian juga tanaman yang Sehat pada umumnya lebih tahan terhadap serangan penyakit Virus. Tetapi ada suatu pola makan yang kurang tepat yang biasanya menyebabkan kondisi kesehatan DROP,diantaranya MINUM AIR ES,DALAM KONDISI DEMIKIAN,BIASA NYA KITA GAMPANG SEKALI TERKENA SERANGAN VIRUS INFLUENSA. HAL INI JUGA TERJADI PADA TANAMAN. PEMBERIAN PUPUK KIMIA YANG MENGANDUNG NITROGEN TINGGI YANG RASANYA DINGIN ,SEPERTI AIR ES,AKIBATNYA TANAMAN MUDAH TERKENA SERANGAN VIRUS KUNING/KERITING.
B.13.Nah… satu lagi penyakit yang kita tegaskan bahwa pemberian makanan yang bersumber dari makanan dan obat yang ALAMI,ternyata bisa mencegah dan mengatasi penyakit VIRUS…
Inilah yang kami lakukan,pada uji aplikasi kali ini,tampak pada kondisi awal tanaman terkena keriting daun dan adanya serangan Virus kuning,dan secara berangsur pulih dengan perlakuan/pemberian makanan SEHAT,bukan dari makanan kimia. Bagaimana teman ?

Gambar kami ambil dari mitra kami,bang Tommy , solusipetanicabe.blogspot.com ,dari Padang ,Sumbar 

PERTANIAN ORGANIK SUATU KEHARUSAN,BUKAN PILIHAN !!!

2 Responses to MENGENDALIKAN VIRUS KUNING pada Cabe

  1. sugeng says:

    kesimpulan yang bisa diambil yaitu, organik yang sumber dan media dari organisme yang di dalam tanah mutlak diperlukan agar unsur hara yang dibutuhkan tanaman bisa lebih banyak sehingga kesuburan akan terjaga kalau tnaman subur penyakit pasti kabur…..

    bila ada info penting tentang tanaman beserta penyakit dan solusinya hub. saya lewat e-mail..

    trims…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


enam + 2 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

2 Responses to MENGENDALIKAN VIRUS KUNING pada Cabe

  1. sugeng says:

    kesimpulan yang bisa diambil yaitu, organik yang sumber dan media dari organisme yang di dalam tanah mutlak diperlukan agar unsur hara yang dibutuhkan tanaman bisa lebih banyak sehingga kesuburan akan terjaga kalau tnaman subur penyakit pasti kabur…..

    bila ada info penting tentang tanaman beserta penyakit dan solusinya hub. saya lewat e-mail..

    trims…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 + = sepuluh

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>