Sukses Bersama Klinik Pertanian Organik Kembang Langit, Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Pimpinan KPO-KL Bpk. Rusli Gunawan SW, SH. (kiri) Bersama Bupati Garut Bpk. H. Rudi Gunawan, SH, MH dan Camat Leles Dra. Hj Rusmanah M.Si More »

Kegiatan bersama Menakertrans di Leles-Garut More »

Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Jajaran Komisaris Direksi, Staff, dan Rekan PT.Kembang Langit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Padi di Aceh More »

Kegiatan Pelatihan More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Rawit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Pare/Paria More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Tomat di-Bandung More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Aplikasi Mengatasi lalat buah di tanah karo-SUMUT More »

Pengiriman Barang, Kegiatan Pelatihan More »

 

MENGATASI VIRUS KUNING dan KERITING DAUN PADA CABE(beberapa langkah keliru)

Mengatasi masalah keriting daun sekaligus Virus kuning memang memerlukan ketekunan dan langkah yang tapat. Pengamatan kami dilapangan,menunjukkan biasanya petani telah mengeluarkan biaya yang besar untuk mengendalikan masalah tersebut,tetapi hasilnya belum sesuai harapan. Kenapa hal ini sampai terjadi? Kami menyebutnya sebagai kekeliruan dalam tehnik pengendalian, hal ini kami simpulkan bukan berdasarkan teori saja,tetapi berdasarkan pengalaman dan pengamatan kami dilapangan. untuk menghindari perdebatan yang tak berujung,kami menyebutnya sebagai KEKELIRUAN VERSI KEMBANG LANGIT saja.
Selain mengemukakan beberapa kekeliruan yang biasa dilakukan petani cabe,dalam kesempatan ini kami menampilkan hasil lanjutan aplikasi mitra kami dari SUMATERA BARAT .
Sengaja di tampilkan hasil-hasil aplikasi ,termasuk hasil dari wilayah lain,pertama agar penilaian lebih Fair dan objektif,karena aplikasi dilakukan oleh mitra yang jauh disana,dan anda sendiri dapat mengkonfirmasikannya langsung kepada pelaku tersebut ,yang kedua adalah sebagai langkah pembuktian bahwa,metode dan INOVASI kami,bukan sekedar hasil teori didalam Laboratorim saja dan bukan juga secara mutlak mengikuti teori-teori yang sudah ada,tetapi pengambilan kesimpulan ini berdasarkan hasil-hasil aplikasi real di lapangan.
Dalam blog bulan lalu telah kami tampilkan bagaimana kondisi tanaman cabe dari Mitra kami di Payakumbuh, SUMBAR,yang sudah terlanjur parah terserang keriting daun dan Virus kuning.

Kondisi tanaman awal perlakuan,pengamatan dilakukan akhir september 2011.
Kondisi tanaman cukup ‘merana’ sudah terkena serangan keriting daun dan gejala virus kuning/gemini.

Kondisi tunas-tunas tanaman yang difoto dari dekat,kondisinya tampak memprihatinkan,terkena keriting daun dan Virus kuning/Gemini.

Demikian juga dengan tanaman ini,mengalami hal yang sama,bahkan menurut pemilik tanaman,bang Tommy,tingkat serangannya kurang lebih sekitar 30 persen -an.
Berdasarkan pengalaman kami dilapangan,beberapa hal yang telah menjadi penghambat pulihnya kembali tanaman cabe sekaligus juga merupakan langkah-langkah kekeliruan yang telah dilakukan oleh petani selama ini, antara lain adalah:
1. Pemberian Pupuk Kimia,terutama yang mengandung Nitrogen yang terlalu tinggi,baik secara di tabur maupun secara dicorkan.
2. Hanya mengandalkan insektisida/atau akarisida tanpa memperhatikan,faktor pengisian/penggantian nutrisi daun yang telah diisap oleh serangga hama (trips,tungau maupun kutu kebul)
3. Tidak memberikan makanan yang ‘siap saji’ dan mudah untuk diserap oleh tanaman,yaitu berupa pupuk Alami yang telah matang.
4. Membuang/mencabuti gulma-gulma tertentu yang sebenarnya menjadi tanaman inang bagi serangga-serangga Hama tersebut. Mengkondisikan tanaman cabe untuk tidak disenangi oleh hama dan membiarkan hama tersebut pindah ketanamana gulma,adalah merupakan langkah bijaksana dalam konsep pengendalian hama dan penyakit secara organik versi KEMBANG LANGIT.
5. Pemberian fungisida yang kurang tepat waktu dan dosisnya ,terkadang justru bisa jadi penghambat pulihnya kondisi tanaman yang telah terkena keriting daun. Sebagai contoh,terutama pada musim kemarau diberikan fungisida yang berbahan aktif tertentu (maaf,kami tidak menyebutkannya,tetapi sebagai acuan adalah fungisida yang berwarna kuning ) . Fungisida berbahan aktif tertentu tersebut, bisa saja sangat cocok diberikan pada musim hujan,karena bersifat “menghangatkan”,tetapi apabila diberikan pada musim panas,kira-kira apa jadinya?
6. Pemberian Insektisida tertentu yang reaksinya terlalu “keras”. Dalam hal ini,juga kami tidak mengungkapkannya jenis dan mereknya. Saran kami ,coba diperhatikan betul reaksi setelah dilakukan penyemprotan insektisida tertentu. Apakah daun makin mengeras atau menjadi lentur? Atau bahkan kasus ekstrimnya,apakah daun tanaman menjadi makin keriting, mengering dan seperti terbakar? Apabila terjadi hal yang demikian,berarti insektisida tersebut terlalu “keras”.
7. Mencampurkan antara insektisida kimia dengan pupuk daun , hal ini menyebabkan terjadinya reaksi asam-basa pada larutan,dan satu sama lain menyebabkan saling MENETRALISIR.
Memang dalam pengendalian keriting daun dan virus kuning ,diperlukan langkah pengendalian hama sekaligus pemberian Nutrisi yang tepat lewat daun,tetapi disinilah kelemahan dari insektisida kimia dan pupuk daun yang berbahan dasar/mengandung bahan kimia,apabila dicampurkan maka reaksinya saling melemahkan.


Inilah kondisi terakhir pada tanggal 18 Nov 2011,proses pemulihan terus terjadi.

Buah juga cukup lebat,bahkan ada keistimewaan dari cabe Kopay ini,yaitu buahnya panjang-panjang dan informasi yang kami terima,rasanya pun lebih pedas dibanding varietas lain.

Secara khusus kami memantau salah satu tanaman didepan gubug,yang kondisinya paling parah.
Pengambilan gambar dilakukan pada akhir September 2011. Sebenarnya kondisi tanaman seperti ini,siap di cabut,tetapi kami ingin mencoba sampai seberapa jauh efektifitas dan daya kerja dari
PRODUK-PRODUK KEMBANG LANGIT

Masih dengan tanaman yang sama,tampak daun agak membuka (pengambilan gambar pada bulan oktober 2011)

Walaupun kita tidak berharap terlalu banyak dengan tanaman ini,tetapi saat ini,tanaman tersebut secara berangsur menunjukkan adanya perkembangan,bahkan sudah nampak ada bunga-bunga bermunculan. Yah… lumayan lah..dari pada dicabut,

Dari beberapa kekeliruan langkah dalam mengendalikan masalah diatas,kami dari PT. KEMBANG LANGIT,mencoba memberikan solusi pengendaliannya:
1. Pemberian pupuk kimia,kita tekan agar tidak terlalu banyak tetapi kita memberikan pupuk organik yang telah matang.
2. Aplikasi PROTEK-tan dan PESNATOR,yang bersifat menolak hama dan antifeeden sekaligus mensuplai unsur hara yang siap saji, hal ini merupakan langkah yang tepat untuk mengantisipasi terjadinya kontradiksi antara pemberian insektisida dan pupuk daun.
3. Dengan pemberian Pestisida Alami,kita tidak perlu lagi mencabuti gulma,yang sebenarnya justru sebagai inang alternatif dari serangga hama. Biarkan mereka nyaman ditanaman gulma tersebut,asal jangan mengganggu tanaman kita.
4. Pada saat serangan berat,kami sarankan interval dan dosis PESTISIDA ORGANIK ini,ditingkatkan. Dalam hal ini,kita tidak perlu khawatir akan reaksi yang terlalu keras,seperti halnya pestisida kimia. 

84 Responses to MENGATASI VIRUS KUNING dan KERITING DAUN PADA CABE(beberapa langkah keliru)

  1. be jox says:

    cara mengatasi virus pada tanaman cabe besar

  2. purwanto says:

    trimaksi atas info nya pak, cuma racun apa saja yang cocok untuk mengatasi kriting dan kuning pada tanaman cabe, bisa tlong beri penjelasannya pak

  3. Shasa Saepulmillah says:

    Terim kasih atas informasi yang telah di uraikan, saya maua tanam cabe jenis Dewa Rengku pada lahan yang berdampingan dengan lahan yang telah ditanami cabai dengan jenis yang sama saat ini telah memasuki usia panen tetapi saya merasa was-was karena takut hama dan penyakit dari tanaman cabe yang sudah besar bisa menular pada tanaman cabai yang akan ditanam. apakah kehawatiran saya bisa diatasi ? terutama serangan trips dan virus kuning daun ? mohon petunjuknya…trimaksih.

    • klinikta says:

      Tidak apa- apa pak,silahkan saja dilakukan penanaman disekitar tanaman yang telah “berumur”,kami ada beberapa metode untuk mengantisifasi serangan hama thrips dan virus kuning….Semoga berhsil Pak Shasa

  4. sakdun Munawir says:

    assalamualaikum.Luar biasa ilmu yg bp paparkan sangat kami butuhkan utk kami praktekkan.jazakumullah khoiron katsiro.Wassalam

  5. riyo says:

    Pak bisa minta daftar produk, kegunaan dan harga’y khususnya utk tanaman cabe. Tks sblum’y.

  6. Wandi Clente says:

    aslmQum. mau tanya pak, obatnya apa ya penyakit kriting dan daun kuning dan dosisnya

  7. Dafid says:

    Pak dialahan panjang,sumbar ada gak jual protektan?

  8. Edy gurusinga says:

    Pak,cabe saya br berumur 12 hari,tp daun Sudah mulai keriting Dan kuning.apa obatnya ya Dan bisa dibeli dimana? Saya tinggal di perbaungan lubuk Pakam.

  9. Amudi says:

    Sebelumnya terimakasih atas uraiannya Pak di atas.

    Pak saya mau tanya. tanaman cabe saya sekarang sedang berbuah, namun ada penyakitnya. penyakitnya adalah daunnya menguning kemudian rontok, dan buahnya juga ke kuning2an. dampak yg lain adalah batang jadi kecokelatan dan alama kelamaan akhirnya mati. lokasi di Pekanbaru-Riau. Apa ya Pak obat utk masalah ini. Dan dimana saya bisa dapatkan obatnya?
    Terimakasih.

    • klinikta says:

      Yth Bp. Amudi di pekan baru,supaya analisanya bisa tepat kami mohon dikirimkan gambar tanamannya,baik secara khusus yang terkena penyakit dan juga contoh gambar tanaman secara keseluruhan. Untuk mendapatkan “obatnya” kami sarankan menghubungi agen kami didaerah,bisa menghubungi cabang terdekat kami,bisa dilihat dikolom Cabang Daerah.

  10. Giska says:

    Kalau bleh tau PROTEKTAN belinya dimna ya pak?lokasi saya di KALBAR

  11. isnin says:

    pak dimana memdapatkan produk dari PT. KEMBANG LANGIT ,saya petani di Kab. batu bara ,sumut ,cabai yang saya tanam persis yang ada dalam gambar

    • klinikta says:

      Bisa kontak cabang klinik kami di Medan , Sumatera Utara: Bp. Handri Supriadi 0852 7744 1638 – 0857 6086 4930 – 0878 6801 4862 – 0831 9888 6682. Home Scholing Kak Seto. Jl. Sei Bekala no 12 Kel, Barura. Kami persilahkan.

  12. bobbyjj says:

    Saya di minahasa, sulawesi utara. Berapa harga produk PROTEK-tan dan dimana cabang terdekat dengan lokasi saya

  13. mulyono says:

    mhon dkasih tahu hrga produknya?dan cara mengunaanya,saya dari boyolali jawa tengah disini merata untuk kondisi seperti diatas mhon solusinya…

    • klinikta says:

      Ya pak Mulyono, memang penyakit ini menjadi penyakit utama di dunia pertanian.

    • klinikta says:

      Untuk Boyolali, bisa menghubungi cabang kami di Banjarnegara,Jateng : Sdr. Lintang 08122605970. Jl. Taufik Rohman RT/RW 01/02 Banjarnegara- Jawa Tengah.

  14. Wahyudi says:

    Gmna cra mengatasi keriting daun pada cabai, hama yg terlihat adalah kutu kebul, sdh disemprot insektisida kimia beberapa x tpi tak ada perubahan

    • klinikta says:

      yang mengalami kasus demikian bukan hanya pak Wahyudi, tetapi jutaan petani lainnya mengalami hal demikian, hal ini disebabkan karena pada umunya hama sudah resisten dengan pestisida kimia.

      Salam

      KTO-KL

  15. Wahyudi says:

    Assalamu alaikum, bisa gk ya cabai q di perbaiki krna sebagian daunya keriting dan kerdil skrg udh 30 hst mulai berbunga pdhl tingginya bru 30-40 cm, apabisa di buat batangnya tinggi sprti yg di gmbar kembang langit, terima kasih

    • klinikta says:

      Walaikum salam, usia 30 harian,asalkan tunas- tunas masih berwarna kuning cerah, biasanya masih bisa ditanggulangi pak Wahyudi. Kita upayakan , agar tidak menduga-duga, bisa dikiimkn gambar tanamannya dan juga data aplikasi yang telah diberikannya. Boleh kami tunggu pak. Mudah-mudahna masih bisa di upayakan.

  16. ardiansah says:

    ass pak,,
    saya ardiansah di prop. jambi kab. kerinci,,
    permasalahan saya juga masalah virus keriting dan virus kuning pada tanaman cabe saya,, apa solusi nya

    • klinikta says:

      Biasanya langkah kami adalah dengan mengurangi penggunaan pupuk kimia, memberikan pupuk peraman ala KTO dan menghindari pula pemberian pestisida yang menyebabkan tunas tanaman menjadi “mengeras”. Kondisi demikian biasanya kami berikan protektan dan pesnator dari atasnya.

  17. M.ARIF TIANTO says:

    ASSALAMUALAIKUM KLINIKTA ,, NIE SAYA DARI BENGKULU !!
    BARANG TERSEBUT APA BELUM MASUK KE DAERAH BENGKULU !?
    KALAU BELUM TOLONG YAH DI PASARKAN DI BENGKUULU, KARNA BANYAK PETANI YANG SANGAT MEMBUTUHKAN BARANG TERSEBUT !!

    KONTAK PERSOM 0852 7839 8622
    TOLONG DI REPLY YAH ??
    TERIMA KASIH ATAS SEBELUMNYA
    WASSALAM ,,,

    • klinikta says:

      Sudah ada pak, bisa kontak langsung ke Bp. Zulkifli Djamil, 0821 7559 8892. PD. Jati Jajar Desa Barumanis,Kec. Bermani Ulu- Kab. Rejang Lebong- Bengkulu.

  18. nusywandri says:

    saya dari pesisir selatan,,padang
    saya mau tanya apa saja jenis obat yg dapat digunakan ntuk mengobati penyakit virus kuning dan keriting apda cabe…thanks

  19. qamaruzzaman Aceh says:

    as,,,pa obat nya dah ada di Aceh?

    • klinikta says:

      Di aceh sudah ada, Bp. Asbahani M. Alamat : Inti Tani Jl. Malikussaleh no 9. Kec. Lhoksukon, Kab. Aceh Utara. 0812 6936 8233

  20. dimas bilqis says:

    aslkm.saya di Blitar,dmana saya bsa dpt produk kmbang langit

  21. yan says:

    Tamaman cabe saya baru berumur 15 hari sudah terserang virus daun keriting tolong di kirimkan cara mengatasisinya.

    • yan says:

      Saya di sigli aceh, di sya dpat membeli protektan pesnator di daerah saya.

    • klinikta says:

      Untuk wilayah nya di Aceh, bisa kontak dengan cabang kami ( kolom cabang daerah) , Bp. Syafii dan juga Bp. Asbahani M. Alamat : Inti Tani Jl. Malikussaleh no 9. Kec. Lhoksukon, Kab. Aceh Utara. 0812 6936 8233. Kami persilahkan pak Yan.

  22. VIctor Manao says:

    saya sedang menanam cabe, tapi semua keriting
    saya mw nanya
    bagaimana cara mengatasi nya
    dan apa saja obat obatan yg di pakai
    dan di mana bisa saya dapat kan

    dari sidikalang, dairi

    • klinikta says:

      Bisa dikomunikasikan dengan Bp. Handri Supriadi, untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di cabang daerah. Kami persilahkan pak Victor

  23. Dafi says:

    Dear Bpak Admin

    selamat pagi pak, mau nanaya saya kan nanam cabe alhamdulillah udah bagus sekarang sudah mulai panen hasil juga lebat panjang cabenya.. yang saya mau tanyakan obat agar daun tidak menguning dan tetap segar pake obat apa ya pak?? mohon infonya, bisa kirim email atau reply via disini pak.. makasih sebelumnya

    • klinikta says:

      Bisa digunakan, PROTEKTAN dan PESNATOR disemprotkan, sedangkan dari bawah bisa i kocorkan dengan PROTEKtan dan PUPUK CAS yang ditambahkan sedikit pupuk kimia.

  24. Pak…lgi puyeng sekarang, sdh gonta ganti inseksida…hama thrips gak mau mati

    untuk cabang pekanbaru…tolong alamatnya diberikan.

    • klinikta says:

      Ya inilah suatu hasil yang terjadi dimana -mana, insektisida kimia yang sudah berbagai macam jenisnya dan juga dosisnya ditinggikan, hasilnya belum sesuai harapan petani.
      Riau , Bp. Ruliansyah Sitorus, 0823 9276 6285, Jl. Bangun Baru no 21, dusun Suka Makmur RW 06, RT09, Desa Pedamaran, Kec. Pekaitan, Kab. Rokan Hilir Prop. Riau.
      Riau, Bp. Suyetno , 085374557584 ,Jl. Tuanku Tambusai Simp. PT.MAN Lama Desa Bangun Jaya,DU’E RK 02-RT 09 Kec. Tambusai Utara Kab. Rokan Hulu, Prof Riau.

  25. tumiran says:

    bila kami membutuhkan produk dari PT kembang langit, di yogyakarta cabangnya di mana.? bila tidak ada kami harus menghubungi siapa,?

  26. Yogo says:

    Kira2 merek ato obt yg bsa mengatasi agar lbh praktis ada tidak pak untuk mengatasi bulai daun cabe? Tpi yg benar2 berkwalitas dan sudah teruji,,krna tnaman cbe saya jg lgi trserang bulai daun,wlpun tdk parah,,dan mudah2an jgn sampai,,trma ksih,m0h0n info nya dri admin ato phak pt. Trma ksih

    • klinikta says:

      Kami persilahkan untuk mengamati saja hasil aplikasi dan metode dasar yang telah kami paparkan dalam web kami, kliniktaniorganik, KEMBANG LANGIT. Terima kasih,

  27. Yogo says:

    Maaf pak untuk daerah jambi saya bsa mendapatkan protektan pesnator dmna ya pak?

    • klinikta says:

      Kami persilahkan untuk, kontak ke Jambi, Muaro Jambi : Sdr. Wadmo Windarto 081 366 111 007. Desa Petaling Jaya RT/RW. 02/01 Kec. Sungai Gelam Kab. Muara Jambi- Jambi

  28. arva says:

    sebelumnya saya sampaikan terima kasih
    kalau saya hama Virus ini bukan terjadi pada tanaman cabai,melainkan pada Tanaman jeruk manis berumur sekitar 1,5 tahun,bagian daun bawah melekat bintik kuning yang sedikit keras.
    mohon petunjuk,jenis obat pengendali apa saja yg bisa saya gunakan.
    tks

    • klinikta says:

      Bisa kami dikrimkan gambarnya pak? Baik daunnya maupun kondisi tanaman terserang dan juga kondisi tanaman secara keseluruhan( dalam luasan) tertentu.

  29. fais says:

    apakah produk2 ada di jual di toko2.

    • klinikta says:

      Kami tidak menyediakan / menjual ditoko-toko pertanian, tetapi kami bekerja sama dengan petani pengguna yang telah merasakan manfaatnya , kemudian menjadi cabang kliniktaniorganik di daerah . Kami persilahkan menghubungi cabang daerah kami yang terdekat pak Fais.

  30. Wilda says:

    aslkm.saya di Kota Probolinggo, dmana saya bisa mendapatkan produk dari Kembang langit, pak?

  31. Ujang O. Setiawan says:

    untuk agen daerah banjar, ciamis alamatnya dimana pak?

  32. pak saya dari kaltim tanaman cabe sya mengalami hal yg sama sprti di ats untuk di kaltim dimana sya bisa mendapatknprotektan posnetor

    • klinikta says:

      Bisa kontak Bp. Purnama di Samarinda .Kalimantan Timur : Bp. S.W. Purnama S.E. 081320214488, Juanda 1 Komplek Batu Alam Permai,Jl. Anggrek Merpati 2 No. 143- Samarinda Ulu.

  33. andie says:

    Keren pak….btw untuk palembang harus kemana?

  34. andie says:

    keren pak< btw untuk palembang harus hubungi kemana ya?
    thx

  35. deli says:

    mau tanya jenis/merek dan dosis pupuk atau insektisida yang digunakan untuk cabai merah yang baru saja ditanam untuk menhindari berbagai penyakit pak , tx

    • klinikta says:

      Biasanya kami gunakan Protektan, Pesnator, Pocanil, Cas, beserta pestisida kimia dengan dosis rendah antara lain :
      Yang berbahan aktif : Propineb, Menkozeb, Preponovos,, sedangkan dosisnya sangat tergantung pada kondisi tanaman.

  36. akmal says:

    ass.. kl di wil ambarawa obat pembasmi kuning daun/gemini didapat dimana/ke siapa?

    • klinikta says:

      Wa’allaikum salama
      Boleh kontak ke kami saja pak akmal. langsung ke Bp. Rusli Gunawan di 081323218330, sedangkan untuk Tehnisnya bisa kontak ke Bp. Jauhar di 081222932134

  37. Dirwan says:

    Kalo di Purwakarta sudah ada belom pak?

  38. ucox says:

    pak kantor cabang penjualan di lampung dmna ya…

    • klinikta says:

      Lampung Barat, Bp. Johan Maryanto ,0823 7216 9486. Lesehan Lawu ( Samping Kantor Camat) Jl. Sultan Akbar, Bukit Taman Jaya Kubu Perahu Balik Bukit, RT 01/02. Kami persilahkan pak.

  39. Rizqi Anis says:

    Kalo di Solo sudah ada belum? Lalu belinya dimana Pak?

    • klinikta says:

      Maaf kami belum ada cabang di Solo, baru ada diBantul, Jogjakarta.
      Jogja, Farudi Anwar, Jl. Imogiri Barat Km 11.5 Plesan Sumberagung, Jetis, Bantul – Jogjakarta, 088216004002 – 089697783118

  40. safrodin says:

    Cabe saya jenis cabe kecil pak.umur sudah 40 hst perkembangan baik .tp kendala kuning daunya mulai muncul setelah Turun hujan pak.to long minta solusinya pak

    • klinikpertanian says:

      Berrapa persen yang terserang penyakit pak, bisa dikirimkan ke email kami kondisi tanamannya pak.Beserta pula data aplikasi yang telah diberikan baik pupuk dan pestisidanya. Kami tunggu pak

  41. antho says:

    ass’.apa suda ada cabangnya di makassar pk ?

    • klinikpertanian says:

      Sudah ada bisa kontak ke,Makassar, Sulawesi selatan : Bp. Idris Kalla 0812 4129 5908. Jl. Paccerakkang- Kec. Biringkanayya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 × = dua

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

84 Responses to MENGATASI VIRUS KUNING dan KERITING DAUN PADA CABE(beberapa langkah keliru)

  1. be jox says:

    cara mengatasi virus pada tanaman cabe besar

  2. purwanto says:

    trimaksi atas info nya pak, cuma racun apa saja yang cocok untuk mengatasi kriting dan kuning pada tanaman cabe, bisa tlong beri penjelasannya pak

  3. Shasa Saepulmillah says:

    Terim kasih atas informasi yang telah di uraikan, saya maua tanam cabe jenis Dewa Rengku pada lahan yang berdampingan dengan lahan yang telah ditanami cabai dengan jenis yang sama saat ini telah memasuki usia panen tetapi saya merasa was-was karena takut hama dan penyakit dari tanaman cabe yang sudah besar bisa menular pada tanaman cabai yang akan ditanam. apakah kehawatiran saya bisa diatasi ? terutama serangan trips dan virus kuning daun ? mohon petunjuknya…trimaksih.

    • klinikta says:

      Tidak apa- apa pak,silahkan saja dilakukan penanaman disekitar tanaman yang telah “berumur”,kami ada beberapa metode untuk mengantisifasi serangan hama thrips dan virus kuning….Semoga berhsil Pak Shasa

  4. sakdun Munawir says:

    assalamualaikum.Luar biasa ilmu yg bp paparkan sangat kami butuhkan utk kami praktekkan.jazakumullah khoiron katsiro.Wassalam

  5. riyo says:

    Pak bisa minta daftar produk, kegunaan dan harga’y khususnya utk tanaman cabe. Tks sblum’y.

  6. Wandi Clente says:

    aslmQum. mau tanya pak, obatnya apa ya penyakit kriting dan daun kuning dan dosisnya

  7. Dafid says:

    Pak dialahan panjang,sumbar ada gak jual protektan?

  8. Edy gurusinga says:

    Pak,cabe saya br berumur 12 hari,tp daun Sudah mulai keriting Dan kuning.apa obatnya ya Dan bisa dibeli dimana? Saya tinggal di perbaungan lubuk Pakam.

  9. Amudi says:

    Sebelumnya terimakasih atas uraiannya Pak di atas.

    Pak saya mau tanya. tanaman cabe saya sekarang sedang berbuah, namun ada penyakitnya. penyakitnya adalah daunnya menguning kemudian rontok, dan buahnya juga ke kuning2an. dampak yg lain adalah batang jadi kecokelatan dan alama kelamaan akhirnya mati. lokasi di Pekanbaru-Riau. Apa ya Pak obat utk masalah ini. Dan dimana saya bisa dapatkan obatnya?
    Terimakasih.

    • klinikta says:

      Yth Bp. Amudi di pekan baru,supaya analisanya bisa tepat kami mohon dikirimkan gambar tanamannya,baik secara khusus yang terkena penyakit dan juga contoh gambar tanaman secara keseluruhan. Untuk mendapatkan “obatnya” kami sarankan menghubungi agen kami didaerah,bisa menghubungi cabang terdekat kami,bisa dilihat dikolom Cabang Daerah.

  10. Giska says:

    Kalau bleh tau PROTEKTAN belinya dimna ya pak?lokasi saya di KALBAR

  11. isnin says:

    pak dimana memdapatkan produk dari PT. KEMBANG LANGIT ,saya petani di Kab. batu bara ,sumut ,cabai yang saya tanam persis yang ada dalam gambar

    • klinikta says:

      Bisa kontak cabang klinik kami di Medan , Sumatera Utara: Bp. Handri Supriadi 0852 7744 1638 – 0857 6086 4930 – 0878 6801 4862 – 0831 9888 6682. Home Scholing Kak Seto. Jl. Sei Bekala no 12 Kel, Barura. Kami persilahkan.

  12. bobbyjj says:

    Saya di minahasa, sulawesi utara. Berapa harga produk PROTEK-tan dan dimana cabang terdekat dengan lokasi saya

  13. mulyono says:

    mhon dkasih tahu hrga produknya?dan cara mengunaanya,saya dari boyolali jawa tengah disini merata untuk kondisi seperti diatas mhon solusinya…

    • klinikta says:

      Ya pak Mulyono, memang penyakit ini menjadi penyakit utama di dunia pertanian.

    • klinikta says:

      Untuk Boyolali, bisa menghubungi cabang kami di Banjarnegara,Jateng : Sdr. Lintang 08122605970. Jl. Taufik Rohman RT/RW 01/02 Banjarnegara- Jawa Tengah.

  14. Wahyudi says:

    Gmna cra mengatasi keriting daun pada cabai, hama yg terlihat adalah kutu kebul, sdh disemprot insektisida kimia beberapa x tpi tak ada perubahan

    • klinikta says:

      yang mengalami kasus demikian bukan hanya pak Wahyudi, tetapi jutaan petani lainnya mengalami hal demikian, hal ini disebabkan karena pada umunya hama sudah resisten dengan pestisida kimia.

      Salam

      KTO-KL

  15. Wahyudi says:

    Assalamu alaikum, bisa gk ya cabai q di perbaiki krna sebagian daunya keriting dan kerdil skrg udh 30 hst mulai berbunga pdhl tingginya bru 30-40 cm, apabisa di buat batangnya tinggi sprti yg di gmbar kembang langit, terima kasih

    • klinikta says:

      Walaikum salam, usia 30 harian,asalkan tunas- tunas masih berwarna kuning cerah, biasanya masih bisa ditanggulangi pak Wahyudi. Kita upayakan , agar tidak menduga-duga, bisa dikiimkn gambar tanamannya dan juga data aplikasi yang telah diberikannya. Boleh kami tunggu pak. Mudah-mudahna masih bisa di upayakan.

  16. ardiansah says:

    ass pak,,
    saya ardiansah di prop. jambi kab. kerinci,,
    permasalahan saya juga masalah virus keriting dan virus kuning pada tanaman cabe saya,, apa solusi nya

    • klinikta says:

      Biasanya langkah kami adalah dengan mengurangi penggunaan pupuk kimia, memberikan pupuk peraman ala KTO dan menghindari pula pemberian pestisida yang menyebabkan tunas tanaman menjadi “mengeras”. Kondisi demikian biasanya kami berikan protektan dan pesnator dari atasnya.

  17. M.ARIF TIANTO says:

    ASSALAMUALAIKUM KLINIKTA ,, NIE SAYA DARI BENGKULU !!
    BARANG TERSEBUT APA BELUM MASUK KE DAERAH BENGKULU !?
    KALAU BELUM TOLONG YAH DI PASARKAN DI BENGKUULU, KARNA BANYAK PETANI YANG SANGAT MEMBUTUHKAN BARANG TERSEBUT !!

    KONTAK PERSOM 0852 7839 8622
    TOLONG DI REPLY YAH ??
    TERIMA KASIH ATAS SEBELUMNYA
    WASSALAM ,,,

    • klinikta says:

      Sudah ada pak, bisa kontak langsung ke Bp. Zulkifli Djamil, 0821 7559 8892. PD. Jati Jajar Desa Barumanis,Kec. Bermani Ulu- Kab. Rejang Lebong- Bengkulu.

  18. nusywandri says:

    saya dari pesisir selatan,,padang
    saya mau tanya apa saja jenis obat yg dapat digunakan ntuk mengobati penyakit virus kuning dan keriting apda cabe…thanks

  19. qamaruzzaman Aceh says:

    as,,,pa obat nya dah ada di Aceh?

    • klinikta says:

      Di aceh sudah ada, Bp. Asbahani M. Alamat : Inti Tani Jl. Malikussaleh no 9. Kec. Lhoksukon, Kab. Aceh Utara. 0812 6936 8233

  20. dimas bilqis says:

    aslkm.saya di Blitar,dmana saya bsa dpt produk kmbang langit

  21. yan says:

    Tamaman cabe saya baru berumur 15 hari sudah terserang virus daun keriting tolong di kirimkan cara mengatasisinya.

    • yan says:

      Saya di sigli aceh, di sya dpat membeli protektan pesnator di daerah saya.

    • klinikta says:

      Untuk wilayah nya di Aceh, bisa kontak dengan cabang kami ( kolom cabang daerah) , Bp. Syafii dan juga Bp. Asbahani M. Alamat : Inti Tani Jl. Malikussaleh no 9. Kec. Lhoksukon, Kab. Aceh Utara. 0812 6936 8233. Kami persilahkan pak Yan.

  22. VIctor Manao says:

    saya sedang menanam cabe, tapi semua keriting
    saya mw nanya
    bagaimana cara mengatasi nya
    dan apa saja obat obatan yg di pakai
    dan di mana bisa saya dapat kan

    dari sidikalang, dairi

    • klinikta says:

      Bisa dikomunikasikan dengan Bp. Handri Supriadi, untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di cabang daerah. Kami persilahkan pak Victor

  23. Dafi says:

    Dear Bpak Admin

    selamat pagi pak, mau nanaya saya kan nanam cabe alhamdulillah udah bagus sekarang sudah mulai panen hasil juga lebat panjang cabenya.. yang saya mau tanyakan obat agar daun tidak menguning dan tetap segar pake obat apa ya pak?? mohon infonya, bisa kirim email atau reply via disini pak.. makasih sebelumnya

    • klinikta says:

      Bisa digunakan, PROTEKTAN dan PESNATOR disemprotkan, sedangkan dari bawah bisa i kocorkan dengan PROTEKtan dan PUPUK CAS yang ditambahkan sedikit pupuk kimia.

  24. Pak…lgi puyeng sekarang, sdh gonta ganti inseksida…hama thrips gak mau mati

    untuk cabang pekanbaru…tolong alamatnya diberikan.

    • klinikta says:

      Ya inilah suatu hasil yang terjadi dimana -mana, insektisida kimia yang sudah berbagai macam jenisnya dan juga dosisnya ditinggikan, hasilnya belum sesuai harapan petani.
      Riau , Bp. Ruliansyah Sitorus, 0823 9276 6285, Jl. Bangun Baru no 21, dusun Suka Makmur RW 06, RT09, Desa Pedamaran, Kec. Pekaitan, Kab. Rokan Hilir Prop. Riau.
      Riau, Bp. Suyetno , 085374557584 ,Jl. Tuanku Tambusai Simp. PT.MAN Lama Desa Bangun Jaya,DU’E RK 02-RT 09 Kec. Tambusai Utara Kab. Rokan Hulu, Prof Riau.

  25. tumiran says:

    bila kami membutuhkan produk dari PT kembang langit, di yogyakarta cabangnya di mana.? bila tidak ada kami harus menghubungi siapa,?

  26. Yogo says:

    Kira2 merek ato obt yg bsa mengatasi agar lbh praktis ada tidak pak untuk mengatasi bulai daun cabe? Tpi yg benar2 berkwalitas dan sudah teruji,,krna tnaman cbe saya jg lgi trserang bulai daun,wlpun tdk parah,,dan mudah2an jgn sampai,,trma ksih,m0h0n info nya dri admin ato phak pt. Trma ksih

    • klinikta says:

      Kami persilahkan untuk mengamati saja hasil aplikasi dan metode dasar yang telah kami paparkan dalam web kami, kliniktaniorganik, KEMBANG LANGIT. Terima kasih,

  27. Yogo says:

    Maaf pak untuk daerah jambi saya bsa mendapatkan protektan pesnator dmna ya pak?

    • klinikta says:

      Kami persilahkan untuk, kontak ke Jambi, Muaro Jambi : Sdr. Wadmo Windarto 081 366 111 007. Desa Petaling Jaya RT/RW. 02/01 Kec. Sungai Gelam Kab. Muara Jambi- Jambi

  28. arva says:

    sebelumnya saya sampaikan terima kasih
    kalau saya hama Virus ini bukan terjadi pada tanaman cabai,melainkan pada Tanaman jeruk manis berumur sekitar 1,5 tahun,bagian daun bawah melekat bintik kuning yang sedikit keras.
    mohon petunjuk,jenis obat pengendali apa saja yg bisa saya gunakan.
    tks

    • klinikta says:

      Bisa kami dikrimkan gambarnya pak? Baik daunnya maupun kondisi tanaman terserang dan juga kondisi tanaman secara keseluruhan( dalam luasan) tertentu.

  29. fais says:

    apakah produk2 ada di jual di toko2.

    • klinikta says:

      Kami tidak menyediakan / menjual ditoko-toko pertanian, tetapi kami bekerja sama dengan petani pengguna yang telah merasakan manfaatnya , kemudian menjadi cabang kliniktaniorganik di daerah . Kami persilahkan menghubungi cabang daerah kami yang terdekat pak Fais.

  30. Wilda says:

    aslkm.saya di Kota Probolinggo, dmana saya bisa mendapatkan produk dari Kembang langit, pak?

  31. Ujang O. Setiawan says:

    untuk agen daerah banjar, ciamis alamatnya dimana pak?

  32. pak saya dari kaltim tanaman cabe sya mengalami hal yg sama sprti di ats untuk di kaltim dimana sya bisa mendapatknprotektan posnetor

    • klinikta says:

      Bisa kontak Bp. Purnama di Samarinda .Kalimantan Timur : Bp. S.W. Purnama S.E. 081320214488, Juanda 1 Komplek Batu Alam Permai,Jl. Anggrek Merpati 2 No. 143- Samarinda Ulu.

  33. andie says:

    Keren pak….btw untuk palembang harus kemana?

  34. andie says:

    keren pak< btw untuk palembang harus hubungi kemana ya?
    thx

  35. deli says:

    mau tanya jenis/merek dan dosis pupuk atau insektisida yang digunakan untuk cabai merah yang baru saja ditanam untuk menhindari berbagai penyakit pak , tx

    • klinikta says:

      Biasanya kami gunakan Protektan, Pesnator, Pocanil, Cas, beserta pestisida kimia dengan dosis rendah antara lain :
      Yang berbahan aktif : Propineb, Menkozeb, Preponovos,, sedangkan dosisnya sangat tergantung pada kondisi tanaman.

  36. akmal says:

    ass.. kl di wil ambarawa obat pembasmi kuning daun/gemini didapat dimana/ke siapa?

    • klinikta says:

      Wa’allaikum salama
      Boleh kontak ke kami saja pak akmal. langsung ke Bp. Rusli Gunawan di 081323218330, sedangkan untuk Tehnisnya bisa kontak ke Bp. Jauhar di 081222932134

  37. Dirwan says:

    Kalo di Purwakarta sudah ada belom pak?

  38. ucox says:

    pak kantor cabang penjualan di lampung dmna ya…

    • klinikta says:

      Lampung Barat, Bp. Johan Maryanto ,0823 7216 9486. Lesehan Lawu ( Samping Kantor Camat) Jl. Sultan Akbar, Bukit Taman Jaya Kubu Perahu Balik Bukit, RT 01/02. Kami persilahkan pak.

  39. Rizqi Anis says:

    Kalo di Solo sudah ada belum? Lalu belinya dimana Pak?

    • klinikta says:

      Maaf kami belum ada cabang di Solo, baru ada diBantul, Jogjakarta.
      Jogja, Farudi Anwar, Jl. Imogiri Barat Km 11.5 Plesan Sumberagung, Jetis, Bantul – Jogjakarta, 088216004002 – 089697783118

  40. safrodin says:

    Cabe saya jenis cabe kecil pak.umur sudah 40 hst perkembangan baik .tp kendala kuning daunya mulai muncul setelah Turun hujan pak.to long minta solusinya pak

    • klinikpertanian says:

      Berrapa persen yang terserang penyakit pak, bisa dikirimkan ke email kami kondisi tanamannya pak.Beserta pula data aplikasi yang telah diberikan baik pupuk dan pestisidanya. Kami tunggu pak

  41. antho says:

    ass’.apa suda ada cabangnya di makassar pk ?

    • klinikpertanian says:

      Sudah ada bisa kontak ke,Makassar, Sulawesi selatan : Bp. Idris Kalla 0812 4129 5908. Jl. Paccerakkang- Kec. Biringkanayya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


sembilan − 8 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>