Sukses Bersama Klinik Pertanian Organik Kembang Langit, Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Kegiatan bersama Menakertrans di Leles-Garut More »

Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Jajaran Komisaris Direksi, Staff, dan Rekan PT.Kembang Langit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Padi di Aceh More »

Kegiatan Pelatihan More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Rawit More »

Hasil Aplikasi Mengatasi lalat buah di tanah karo-SUMUT More »

Pengiriman Barang, Kegiatan Pelatihan More »

 

METODOLOGI PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT,CARA KEMBANG LANGIT

Kami  dari  kliniktaniorganik, Kembang Langit senantiasa terbuka menjalin kerjasama dan melayani konsultasi TAK BERBAYAR seputar pertanian organik. Jika Anda memiliki masalah atau pertanyaan seputar teknis bertani organik, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan tim  kami. Silakan kontak  semoga kami dapat membantu  dan mencarikan solusinya, layangkan pertanyaan Anda ke:

Bpk. Ir. Jauhar 

0812-2293-2134  (Telkomsel)   / 089614411267-  Whatsapp)

Alamat

Email: kembanglangit01@yahoo.co.id

 

 

 

Demikian harap maklum.

 

METODOLOGI PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT,ALA PERTANIAN ORGANIK,KEMBANG LANGIT

1.  Sangat kami sarankan untuk “pasiennya” di bawa ke klinik tani organik.  Dengan tehnologi saat ini,kami mengharapkan adanya kiriman foto/gambar via email kami di atas atau melalui MMS .   Gambar/foto tersebut selanjutnya akan kami amati dan analisa  serangannya dalam lokasi penanaman tersebut.  Logikanya,bagaimana mungkin bisa di obati  apabila ,pasien nya saja tinggal di rumah tidak di bawa ke klinik pengobatan.

2. Contoh sampel tanaman yang bermasalah ,diperlukan untuk menganalisa tingkat serangan hama atau penyakit tanaman.

GAMBAR 1.(pemantauan tanaman per kasus )

Selain itu,diperlukan PEMANTAUAN TANAMAN SECARA KESELURUHAN ( PENGAMBILAN GAMBAR/FOTO) dari sudut yang agak meluas/melebar,agar bisa teramati kondisi persentase tanaman yang sehat dan yang sudah terkena penyakit.

contoh pengambilan gambar yang diharapkan,…

GAMBAR 2.  (pengambilan gambar meluas bukan hanya 1 atau 2 tanaman saja)

3.  Kita harapkan pula adanya tampilan /kiriman gambar secara periodik/berkala,sehingga dapat di analisa perkembangannya dari satu aplikasi ke aplikasi berikutnya.

GAMBAR 3. (gambar perkembangan tanaman setelah aplikasi berikutnya,diambil dari sudut yang meluas juga,dari sudut yang sama dengan pengambilan awal).

4.   Adanya tampilan gambar ini, secara periodik, memudahkan kami untuk menganalisa dan untuk memberikan saran aplikasi pupuk dan pestisida berikutnya.

5.  Tidak adanya contoh/ gambar tanaman, tentunya akan menyulitkan dalam pemberian  solusi/ saran anjuran baik jenis pestisida dan pupuk  ataupun dosis yang tepat sesuai metode kami

 

152 Responses to METODOLOGI PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT,CARA KEMBANG LANGIT

  1. andi berkata:

    sy ada masalah dgn tanaman padi,sdh 1 bln lebih dari semenjak tanam,tp tanamanya tidak mau berkembang banyak ,kira2 apa penyebapnya pak,padahal curah hjn disini tinggi pak?

    • klinikta berkata:

      Perkembangan akar serabut bisa saja terhambat akibat mengerasnya tanah. Penyebab Mengerasnya tanah bisa diakibatkan pemberian pupuk kimia yang terlalu berlebihan. Sebagai langkah /solusinya kami sarankan untuk disemprot dengan PROTEK-tan dari atas/daun sampai keperakaran (mumpung tanaman masih belum terlalu rimbun). PROTEK-tan berfungsi sebagai ZPT untuk memperbanyak rumpun/anakan dan mengemburkan tanah.

  2. widodo berkata:

    Agen PT kembang langit di daerah Magelang dimana pak dah ada belum, dan untuk mendapatkan produk2 dari PT Kembang langit untuk daerah Magelang Jawa tengah di pasaran sudah ada belum?

    Untuk membuat pupuk kandang menjadi Pupuk yang sudah matang bagaimana caranya dengan menggunakan Aplikasi dari PT Kembang langit, rimakasih

  3. agus yudi berkata:

    saya tertarik dengan produk anda,dikediri jawa timur petani horticultura cukup banyak termasuk saya,saat ini saya punya tanaman cabe merah besar+tomat+cabe rawit umur 1bln seluas 4200 m2,minta tlg info harga produk anda?tks

  4. tri berkata:

    cabang dan produk di solo apa ada pak? tolong di kasih tahu ya? tank

  5. widodo berkata:

    pak kami akan menanam cabai diawal musim kemarau dengan kondisi sulit mendapatkan air, gemana solusinya? seandainya dilakukan pengocoran berapa kali seminggu dengan dosis berapa /liter air? trimakasih

    • klinikta berkata:

      Pak Widodo,sistem pemngecoran ini kami sarankan karena bisa dilakukan dengan dosis pupuk yang rendah,dan bisa diberikan berdasarkan pengamatan pada saat kondisi tanaman terakhir diamati. Memang tidak ada yang baku dalam jumlah/banyaknya pengecoran dilakukan,sangat tergantung kondisi. kami tidak setuju dengan pola pemupukan yang diatur jumlahnya.

  6. Harison Sinaga berkata:

    cabe saya sudah berumur 4 bulan dan kondisinya daunya keriting dan berwarna kuning dan buahnya seperti gosong tolong bapak berikan solusi untuk tanaman cabe saya.Apakah cabe saya dapat pulih kembali
    untuk produk PT. Kembang langit berapa harganya
    + biaya ongkos kirim ke sidikalang sumatera utara

    • klinikta berkata:

      Ya pak Sinaga, tanamannya sudah lanjut begini ya…Boleh kami dikirimi gambar dulu pak…kami lihat dulu kondisi tanamannya apa masih bisa ditanggulangi atau tidak.

  7. Morgan berkata:

    Bpk Ir Jauhar, saya ada beberapa pertanyaan seputar cabai,
    1. saya sudah menanam cabai ( cabai hijau) usianya 6 mst dan terdapat beberapa masalah al :
    a. terdapat bintik kuning pada daun yang akhirnya membuat daun dan pucuk jadi kuning, keriting dan tidak berkembang lagi.
    b. ada lebih dari setengah pertumbuhannnya terlambat, mungkin karena saat di tanam masih terlalu pendek sebahagian sudah mencapai 40 cm yang lain masih 14 cm)
    mohon pencerahan dan solusi.
    2. saya juga ingin menanam lagi cabai merah sekitar 2000 batang. kondisi lahan: cabai di tanam di jalur tengah kopi, jarak daun terakhir kopi dgn kopi lainnya sekitar 1,5 meter. tanah d daerah kami adalah tanah gembur dengan warna hitam kecoklatan. tolong panduan cara menanam yang benar, jarak antar cabai, dan pupuk dasar (bokashi)
    Terimakasih

  8. Adi berkata:

    saya ingin memanfaatkan pekarangan samping rumah dengan tanaman cabe.. saya ingin menanam dengan menggunakan polybag sebanyak 1000 pohon..
    apakah teknik bapak bisa diterapkan pada polybag,, kalo bisa.. saya mohon petunjuknya.. terima kasih

    • klinikta berkata:

      Prinsipnya bisa juga dengan sistem polybag,kita lakukan pembuatan kompos terlebih dahulu,setelah jadi masukkan dalam polybaq dengan perbandingan 1 kompos : 3 bagian tanah halus

  9. klinikta berkata:

    Ok Pak Prast…sudah kami balas di emailnya,maaf telat

  10. judis berkata:

    Kalau boleh kasih saran.
    Kembang Langit menerbitkan/menulis hasil aplikasi uji coba domplot menanam cabe atau padi,dll.
    dlm bentuk buku,beserta gambar &alamatnya.(boleh jg fotocopy)mulai persiapan tanam sampai panen,smua praktek,anggaran biaya,dll.Barangkali banyak rekan rekan petani yang ingin membelinya sebagai acuan atau tambahan wawasan. Terima kasih.

  11. radiawan berkata:

    pak gmna cara budidaya cabe dari awal hingga akhir dgn menggunakan produk kembang langit?

  12. eki berkata:

    pak gimana cara mengatasi layu? tanaman saya banyak layu saya udah beli produk cas.sama pak alex

  13. anton suhardjo berkata:

    saya tertarik menggunakan teknologi kembang langit untuk tanaman cabe kriting mohon bimbingan dari pengolahan lahan s/d pasca panen,saat ini sy sedang menanam cabai rawit organik 500 pohon dengan menggunakan teknologi POC ajeeb dan kurang memuaskan amur cabe rawit dari pindah semai ke lahan 14 hari beberapa sdh tampak kriting daun,rencana bila rawit berhasil sy akan menenem cabe kriting 3000 pohon. trimakasih . [anton -katulampa bogor]

  14. rahman berkata:

    pak saya pernah budidaya cabe tapi yg dirempel.setelah baca sistem kembang langit sya tertarik untuk mengaplikasikannya.tolong saya diemail tehnik budidaya kembanglangit dari awal sampai akhir.mudah@an saya bisa mencobanya.terimakasih

    • klinikta berkata:

      Meminimalkan perempelan ini,perlu diperhatikan suplay pupuk dan hormon yang cukup,selain itu faktor cuaca juga sangat diperhatikan,di musim hujan tunas yang tidak dirempel(disimpan) jangan lebih dari 5 batang.

  15. krisna berkata:

    pak kami dari salatiga, kami tanam cabe kriting yang dicampur dengan cabe rawit besar, dan ditanam dalam satu lubang sebanyak 3500 batang, sebagai pupuk dasar kami kasih pupuk kandang sekitar 1,5 ton ditambah kotoran ayam 20 karung dan pupuk kimia yg terdiri dari NPK 15Kg, KCL 10kg, TSP 15kg dan ZA 20kg. umur tanaman sdh 1 minggu, pertanyaannya:
    1. Dgn aplikasi dari kembang langit pupuk susulan yg digunakan apa saja dan dosisnya berapa.
    2. apakah tunasnya perlu dirempel?
    3. Untuk pemeraman pupuk dosisnya berapa dan apa saja yang diaplikasikan?
    terimakasih

    • klinikta berkata:

      Boleh pak,berdasarkan tehnik kami,pupuk susulannya sangat tergantung kondisi tanaman pak,kita lihat dulu perkembangnnnya,baru setelah itu baru kita berikan jenis dan dosis pupuknya. Dengan tehnik kami perempelan bisa dilakukan apabila musim kemarau tetapi di musim hujan kami simpan beberapa saja. Untuk pemeraman kami gunakan Protektan dan PUPUK “Cas” dicampur pupuk kandang.

  16. krisna berkata:

    pak mohon petunjuk petunjuk untuk proses pematangan pupuk kandang.
    1. bahan dari kembang langit untuk proses pematangan pupuk kandang
    2. butuh berapa hari untuk proses pematangan pupuk kandang
    3. apakah bisa pupuk kandang yg terlanjur di sebar di guludan diproses untuk dimatangkan dulu. kalau bisa apa bahannya dan bagaimana caranya? terimakasih

    • klinikta berkata:

      Boleh pak, bahan yang diperlukan untuk pemeraman pupuk kandang 2 karung,Protektan 1 botol dan pupuk Cas 1 bungkus,waktu yang diperlukan 5-6 hari . Untuk pupuk yang sudah disebar ditanah dibisa disemprot saja menggunakan Protektan 2 tutup dan Pesnator 1 tutup,dibiarkan hingga matang. Demikian pak krisna,cara yang kami biasa ;lakukan.

  17. Imanuel Hutagalung berkata:

    Saya baru belajar menanam Cabe keriting.
    Tanaman saya baru berumur 50 hari(dari awal penyemaian)namun sudah berbunga. Apakah ini wajar dan apa yang perlu saya perlakukan?
    Terima Kasih.

    • klinikta berkata:

      Ya pak Imanuel,bisa kita dikirimi gambar tanamannya pak?nanti kita bisa bahas bersama setelah ada gambar tanaman.

  18. yulianto berkata:

    minta brosur info produk dan harganya pak, tolong dikirim ke email saya pak

  19. fauzi berkata:

    klo sy pak cabenya kena dumping of gimana ngatasinya…?

  20. syaf berkata:

    pak, pemberian pupuk kimia yg ideal untuk tnaman cabe 4000 btang brapa kg pak, dan jnis pupuk kimia yg bgus pak.. Trimkasih

    • klinikta berkata:

      Pupuk kimia untuk cabe hybrida,upayakan kurang- lebih dari 100 kwintal. Jenis nya sangat ditentukan “sejarah” lahan sebelumnya…,upayakan unsur N,P,K,Ca,Mg,S dan unsur mikro pun ada yang lebih utama dari bahan organik..ok

  21. SAMSUL berkata:

    Mas.. mohon pencerahannya, saya sudah dua musih tanam ini memakai pupuk organik dengan luas tanah 4200m2 (300 ru).
    1. Musim tanam pertama memakai 1 ton pupuk organik dan 125kg kimia(ponska,ureaza)
    2. Musim tanam kedua memakai 1 ton pupuk organik dan 100 kg kimia. tetapi hasilnya kok masih kurang memuaskan..?

    • klinikta berkata:

      Pupuk organik yang kami biasa gunakan adalah pupuk yang kita olah sendiri pak…Pupuk kimia nya pun kami biasanya sesuaikan dengan kondisi tanaman pada saat aplikasi dan dosisnya sangat kita batasi,dengan dosis yang sangat rendah .

  22. petani berkata:

    Kalo 1 botol protektan untuk mematangkan 2 karung pupuk kandang , apa gk boros pak?

    • klinikta berkata:

      ini untuk biakan induk pak,diencerkan lagi menjadi 15-20 drum (200 liter),bisa dihitung tingkat “keborosannya” pak.

      • internisti berkata:

        pak slam kenalsya petani pemula yang belajar tanaman cabai TW,cabai sya sudah umur 30 hari td pgi sya semprot fungisida dan keluarnya it tdak halus,trus didaunx it membekas putih,apkah it berpengaruh pada pertumbuhannya,mohon djelaskan pak

        • klinikta berkata:

          fungisida apa yang digunakan? Sedikit banyaknya akan berpengaruh terhadap “mulut daun” dari daun tanamannya, apalagi fungisida sistemik, lebih kuat pengaruhnya.

      • Madirya berkata:

        jadi setelah di encerkan peramannya berbentuk cair, lumpur ya pak dan setelah pemeramannya matang baru lakukan pengecoran ya bgtu pak? terus penyemprotan (atas) dgn pengecorannya (bawah) mana yang duluan pak? terima kasih

        • Klinik Pertanian Organik berkata:

          Iya pak. di dahulukn penyemprotan nya pak. Kami tunggu gambar tanamannnya saja pak, nnati kita bahas di klinik kami.

  23. syaf berkata:

    pak, 100kg tu ntuk ppuk taburnya ya pak.? Kalau ntuk ppuk coran brapa kg ppuk kimia n ppuk organiknya pak.? Trimkasih ats rezpon bpak

    • klinikta berkata:

      Ya pak Syaf… untuk kocoran kami tidak ada patokan tetap pak,biasa kami gunakan pupuk Nitrogen terkadang hanya 1 kg tetapi kalau diperlukan bisa dua kg,begitupun pupuk organiknya sangat tergantung kondisi tanaman.

  24. Riyanto berkata:

    Pak, saya ingin bertani organik. Mohon saya dikirim teknis budidaya cabai organik ala Klink Tani Organik Kembang Langit. Dari awal sampai akhir.
    Terima Kasih.

    • Klinik Pertanian Organik berkata:

      Siap, saran agar lebih terinci step by step, kita lakukan sambil “berjalan” dan praktek langsung.

  25. syaf berkata:

    ma’f tnya lagi pak..
    Pak jenis ppuk kimia yg tidak mengandung nitrogen apa pak, kan pda umumny ppuk kimia bnyak mgandung nitrogen.?

    Oh ya pak..
    Saya belum pham betul tntang proses pematangan ppuk kandang.? Mkasih pak

  26. Achmad Maghfur berkata:

    Saya mau tanam melon. Mohon panduan Kembang Langit mengenai pupuk dasar dan perlakuan pra tanam. Terima kasih.

  27. Pitra Prayogo berkata:

    Pak bagaimana cara mncegah datangnya keriting pada tnaman cabe.
    saya berminat dengan produk dari kembang langit.tapi di daerah saya tidak ada padang sumatra barat.

    • klinikta berkata:

      Perlakuannya dari atas disemprotkan Protektan dan Pesnator dan dari bawah kami kocorkan pupuk CAS dan protektan yang diperam terlebih dahulu. Di Sumbar bisa menghubungi bp. Alex,bisa dilihat di kolom, Cabang daerah.Demikian pak Pitra.

    • baihaqi berkata:

      pak saya sudah mulai menggunakan produk protektan dan pesnatrol,tapi hasilnya belum memuaskan karena saya tidak tau cara menggunakan pada tanaman cabe saya yang telah kenak Virus kuning dan keriting, mohon penjelasan bpk bagaimana mengatasi cabe yang begini ini sampelnya

      • klinikta berkata:

        kami sangat berharap ada kordinasi nya berupa kiriman gambarnya pak, Baihaqi, dari gambar yang ada tersebut kami akan menganalisanya dan setelah itu kita diskusikan untuk memberi saran berikutnya. Kami tunggu ,gambarnya pak. Bisa dikirimkan ke alamat email kami.

        • baihaqi berkata:

          ok pak trimakasih sebelumnya, dan saya sangat mengharapkan kegunaan obat-obat dari klinik tani organik bisa di jelaskan scara rinci, mis protektan kegunaaya untuk….. dan lainya, karena sepengetahuan saya daerah aceh pidie baru saya yang menggunakan produk ini dan seandanya ada orang yang berminat supaya bisa saya jlskan trimaksih.

  28. Jejen berkata:

    Pa klau sistem paket obat pruduk KEMBANG LANGIT bs ga klau satuan,?saya ada d wilayah Jember selatan Jatim,tp di daerah sya tanah udah di pacu pupuk kimia yg sngt berlebihan klau ga gt produsinya kurang,apa bisa obat pruduk bp di pake di daerah sya ni untk mengurangi pupuk buatan?trimakash mhn jabanya.

    • klinikta berkata:

      Boleh pak per satuan juga. Nanti bisa dibandingkan penggunaan pupuk kimia yg berlebihan dengan tehnik berbasis organik ini.

  29. jejen berkata:

    pa bagai mn klau sy ambl obatnya protextan 10btl,pesnator 10btl,pocanl 7kg dan pupuk casnya 10kg untuk sementara 0,5ha.apa ckp? sbb klau ke seluruhan wkt nya ga ckp unk buat pupuk buatanya (ORGANIK)skrg udah hmpr mukai tanam,sy cb segitu dulu dan tlg bapa hitung brapa totalnya?trima kasih

  30. ardha bayu hb berkata:

    pak jauhar apakah bisa produk kembang langit di aplikasikan dgn urin kambing yg kami fermentasi dgn mol buah,soalx saya biasa menyemprot tanaman padi saya dgn urin fermentasi trsbt?

    • klinikta berkata:

      Boleh bang Ardha Bayu,dengan catatan, bahan tersebut dimatangkan dengan Protektan ,dan penyemprotannya pun diupayakan jangan lewat dari fase vegetatif, pada fase generatif dihentikan saja.

  31. ardha bayu hb berkata:

    terus teknik untuk mematangkan urin dgn protektan gmn pak jauhar ?,soale kami termsk petani baru belajar

  32. Tri Sujarwadi berkata:

    Pak mikroba2 pengurai lebih baik dikembangkan anaerob(diperam) atau secara aerob? soalnya kalo biasa diperam kemudian diaplikasikan di lahan apa tidak banyak yang mati karena beda kondisi? Terima kasih

    • klinikta berkata:

      Proses nya saja yang berbeda. Ibarat membuat tape singkong pak Tri ,kalau sudah “jadi” ,tidak apa2 mau dibuka atau ditutup, tidak masalah…

  33. anwar berkata:

    Pak kalo gak ada kotoran ayam sampe 4000 kg untuk 5000 tanaman apa bisa di campur pake kotoran Sapi? trims. cabe yang rusak udah di cabut semua dan mau ganti yang baru pak..nanti sekitar bulan maret/april,,trims

    • klinikta berkata:

      bisa pak dicampur, tapi saran kami jumlah sekian sudah lebih dari cukup, kalau saran kami cukup pupuk ayamnya dikurangi 1000 kg,jadi cukup 3000 kg saja, kemudian ditambahkan 500 kg pupuk kambing dan 500 kg pupuk sapi, kemudian diperam degn cara kliniktaniorganik.

  34. erwin berkata:

    pa saya minta daftar harga produk bapa, saya sangat berminat dengan produk yang bapa tawarkan

  35. erwin berkata:

    erwin. pa saya minta daftar harga produk tang bapa tawarkan. saya sangat tertarik dengan produk bapa

  36. fitri berkata:

    salam kenal pak jauhar..
    saya adalah pemula yg akan menanam cabe keriting, lahan sudah disiapkan pada bgian dasar diisi jerami, rerumputan kering,serutn kayu kotoran ayam lalu disemprot dg em4 yg sdh dicampur molase,kemudian ditimbun dg tanah,diatasnya ditaburi kotoran ayam.sdh dibiarkan selama 1 mnggu, kapan bisa ditutup mulsa plastik??..seminggu lagi bibit sdah bs dipindahkan ke lahan. tnh di lahan masih baru sebelumnya hanya bisa ditumbuhi ilalang, sebelumnya saya tanam jagung manis..hslnya lumayan..apa perlu diberi kapur dolomit????sy masih ada stok ktoran kambing yg bercampur kotoran bebek.apa yg hrs saya lakukan selanjutnya??mohon saran bapak. saya tertarik menggunakan produk kembang langit.mohon dikirim keterangan pemakaian bahan, brp paket yg saya perlukan utk 1000 btg tanaman??? berikut harganya langsung ke email saya..trims….

    • klinikta berkata:

      Kotoran kambing dan bebek bisa dimasukkan kedalam bedengan semprotkan dngan protektan dan pesnator, biarkan 2 mingguan. Untuk pengadaan bisa kontak langsung ke Bp. Alex di Padang Panjang.

  37. Edy P berkata:

    Kami minta daftar harga dari PT.Kembanglangit.Trims

    • klinikta berkata:

      Lokasi dimana pak? Bisa di kordinasikan dengan cabang-cabang terdekat dengan lokasi pak Edi, terima kasih.

      • Edy P berkata:

        Saat ini saya sulit cari pupuk kandang yg masih mentah, yang ada sudah merupakan produk jadi ( bokashi ),kalau menggunakan bokashi bagaimana cara aplikasi dari semua produk KembangLangit untuk tanaman padi?Mohon pencerahannya. Trimakasih

        • klinikta berkata:

          Sebaiknya kita ,mengolah sendiri pupuk kandangnya pak, komposisi yang tidak diketahui bahan dasarnya dan tingkat kematangannya, bisa sangat beresiko. Hal ini sebenarnya yang biasa menjadi sebab kenapa pola yang disebut pertanian organik, dianggap gagal.

          • Edy P berkata:

            Pak, mohon dikirim teknik tanam cabe mulai dari awal hingga panen serta aplikasi produk Kembanglangit. Trimakasih
            Sukses selalu KembangLangit !

          • klinikta berkata:

            Boleh pak Edy, kami berikan langkah penerapan awalnya , untuk selanjutnya sebagaimana yang biasa kami paparkan diweb KTO, bahwa tehnik aplikasi dari tahapan aplikasi ke aplikasi berikutnya berbeda beda,tidak baku, jadi langkah-langkah aplikasi berikutnya berdasarkan kondisi tanaman.

  38. imam wahyudi berkata:

    saya seorang petani padi pemula baru belajar bertani 2kali panen dan 2 kali juga saya gagal panen gara-gara tanaman padi milik saya dimakan tikus, bagaimana cara pencegahannya terima kasih

  39. Edy P berkata:

    Saat musim tanam jagung ( Juni a/d Agustus )petani Kediri pada umumnya diresahkan dengan adanya penyakit bulai,serangan penyakit bulai antara 30 % sampai 90 % bisa dihitung berapa kerugian petani. Padahal petani sudah menggunakan segala macam jenis jagung hibrida yang diklaim tahan penyakit bulai. Adakah solusi dari KembangLangit yang dapat mengatasi penyakit bulai pada tanaman jagung di Kab.Kediri. Mohon petunjuknya. Trimakasih

    • klinikta berkata:

      Pada prinsipnya pengendalian bulai, sama dengan penyakit -penyakit yang lainnya seperti kresek pada padi, bercak daun pada melon, antraknose pada cabe dll, intinya satu, tebalkan jaringan daun,batang buah tanaman. Pengurangan pupuk kimia juga sangat berperan dalam menekan berkembangnya penyakit tanaman. Boleh kita coba pak Edy kalau ada yang akan diaplikasikan, sejak awal.

  40. santosa berkata:

    tolong kirimi daftar harga pluis ongkos kirimnya untuk sampai yogya. Matur nuwun.

  41. herman berkata:

    Permisi numpang nanya dan minta solusinya pak.
    1. saya petani pemula dan sedang menanam cabai merah 1800 batang. umur baru 2 mst, tapi 3 hari terahir sudah sekitar 50% tanaman mulai keriting dengan ciri daun keriting keatas, batang dan daun berwarna kekuningan. kira-kira perlakuan apa yang harus saya lakukan agar tanaman saya pulih dan tumbuh subur?
    2. lokasi saya bersebelahan dengan teman saya yang sudah tanam cabai duluan, menggunakan pupuk dan racun kimia dan sudah melewati panen puncak. belakangan baru saya ketahui bahwa kondisi ini bisa mengancam tanaman saya karena hama dari lokasi tetangga bisa menyerbu ketanaman saya. apa yang harus saya lakukan untuk mencegah serbuan dari lahan tetangga?

    • klinikta berkata:

      Boleh pak Herman, dikirimkan gambar tanamannya secara agak meluas, beserta data- aplikasi yang telah diberikan baik pestisida dan pupuk nya lengkap. Nanti kami analisa terlebih dahulu. Berikutnya kami beri saran /anjurannya. Salam KTO

  42. daffa berkata:

    Assalamualaikum……
    Pak bgai mana klw protektan, presnator dan pokanil d pake utk ngecor k kol dan brokoli ?
    skrg tanaman tersebut sudah terserang penyakit kuning dan layu pd daunya….?

    • klinikta berkata:

      waalaikum salam, fungsi pesnator dan pocanil, bukan untuk di kocor. Untuk pengecoran dilakukan dengan Protektan dan CAS. Perihal kelayuan berhubungan langsung dengan pemberian pupuk. Kami ingin mengetahui, pupuk apa yang telah diberikan? Untuk analisa lebih lengkap, kami dikirimi gambar tanamannya yaaa…

  43. abdul mujib berkata:

    aku ingin tahu harga dari setiap produk? terima kasih sebelumnya

  44. M. Rusmadi berkata:

    mohon petnjknya untuk mengobati tanaman cabe saya yang sdh terkena virus keriting daun. nanti saya kirim fotonya lewat MMS

  45. bambang berkata:

    pak dekat daerah kota jember beli prodaknya dimana?

    1. saya sekarang sudah tanam cabe merah besar dng usia 68 hari dan belum panen sama sekali dng cara pemakaian bahan kimia semuanya. Rencananya kalau sudah panen pertama habis mau saya lanjutkan dng cara organik . Apa bisa memakai produk dari kembang langit? ( kerja sama dng orang lain )

    2. Pada musim penghujan tahun depan sekitar bulan januari 2014 mau tanam untuk mencoba karena saya belum pernah menanam sendiri. Saya mau mencoba organik tapi masih ragu – ragu karena daerah sawah yang akan saya tanami cabe tsb banyak serangan hama tripsnya dan keriting kerdil yang utamanya. Bisakah dng sistem kembang langit dipakai di daerah saya yang banyak hama tripsnya karena pada saat ini pun kalau dalam 3 sampai 4 hari tidak semprot , hama tripsnya sudah banyak lagi.

    3. Misalkan penanaman awal tidak memakai pupuk dasar sama sekali baik pupuk kandang maupun pupuk kimia apa bisa pemumukan berikutnya memakai cara kembang langit?

    terima kasih atas informasinya yang banyak membantu saya yang masih awam dalam pertanian.

  46. sujiono berkata:

    saya udah beli produk kembang langit.ini mau nanam melon 3000 batang sakata apa boleh pupuk cas dicampur pada pupuk dasar

  47. hansen berkata:

    cabang dibengkulu ada enggak pak

    • klinikta berkata:

      Ada pak Hansen, silahkan kontak ke… Bp. Zulkifli Djamil, 0821 7559 8892. PD. Jati Jajar Desa Barumanis,Kec. Bermani Ulu- Kab. Rejang Lebong- Bengkulu.

  48. hansen wijaya berkata:

    cabang bengkulu ada enggak pak

  49. Hasan berkata:

    Sallam KTO, sy mau tanam padi varietas 69 / ciherang untuk lahan 1 hektar berapa pestisida organik yg di butuhkan sampai panen ? Dan prodak KTO apa yg harus di gunakan ? Terimakasih atas penjelasannya.

    • klinikta berkata:

      Kebutuhan per ha nya untuk tanaman padi kisaran 5-10 botol Protektan dan Pesnator, Pocanil 3- 5 kg, CAS 12 bungkus.

  50. ahmad berkata:

    kemarin saya beli produk kembang langit… yang saya tanyakan berapa hari sekali pengaplikasian protektan, pesnator, pokanil dan cas…? trimakasih atas jawabannya

  51. pawit sunardi berkata:

    berapa harga produk KTO-KL.mksh pawit,wonosobo

  52. Mh berkata:

    Salam KTO, saya tertarik dengan metode KTO ini. Mohon berkenan mengirimkan list harga produk-produk Kembang Langit, saat ini saya baru saja selesai tanam. melihat pertanian dgn pola KTO sepertinya menunjukkan progres yg menggembirakan dan saya ingin mencoba pada musim depan.
    terimakasih

  53. safrodin berkata:

    Salam kto.moga petani kto making berjaya.pak jauharman. Saya Dari Kediri jatim. Punya problem tanaman Lombok says mulai terserang virus kuning .produk kto yang mana yg bisa digunakkan untuk menanggulanginya.trims

  54. andy berkata:

    sukses buat kita smua ,maju trus pertanian organik di indonesia,maju trus KPO

  55. antho berkata:

    Pk.di makassar di mana sya bisa dapat produk PROTEK-tan

  56. widodo berkata:

    salam pertanian, didaerah kami tanaman cabai banyak terserang bule, daun kuning dan akhirnya tidak berbuah, bagaimana cara pencegahannya dan obatnya apa, terimakasih.

    • klinikpertanian berkata:

      Salam Organik Pak Widodo, lokasinya dimana pak, siapa tahu ada cbang kami yang bisa membantu didekat lokasinya pak. memang kalau tanaman cabe terserang bule/kuning, bunga rontok dan tidak optimal pertumbuhannya. Langkah yang biasa kami lakukan adalah dengn memberikan Pestisida orgtanik dari KPO-KL sambil mengatur secara ketat” aplikasi pupuknya. Demikian pak. Kalau ada contoh sampel tanamannya bisa dikirimkan ke email kami, beserta data aplikasi sebelumnya. nanti kita analisa bersama pak. Demikian pak. Salam KPO-KL

  57. agus berkata:

    maaf pak jauhar bisa dijelaskan dengan aplikasinya, bagaimana cara mewaspadai(mencegah)/mengatasi keriting daun dari awal tanam melalui perlakuan:
    1) Aplikasi Dari Atas?
    2) Aplikasi Dari bawah/penegecoran?
    catatan: pupuk peraman indukan sudah ada

    • klinikpertanian berkata:

      Boleh pak ini garis besarnya, dari atas kita berikan Protektan, Pesnator, diberi Imidakloprid, sekitar tidak lebih dari 1/2 dosis anjuran.
      Sedangkan dari bawah kita berikan peraman pemberian Protektan , pupuk CAS dan sedikit sekali pupuk kimia. Untuk lebih jelasnya kita, kirim kiriman gambar via email ,nanti kita bahs secara bersama-sama. kami tunggu silahkan pak Agus.

      • Madirya berkata:

        Imidakloprid ada dijual gak pak?

        • Klinik Pertanian Organik berkata:

          imadacloprid tidak ada pak, itu insek kimia, bisa di cari saja dikios pertanian.

          • Madirya berkata:

            untuk lahan 750m2 dibutuhkan brp bnyak peramannya (KPO-KL)+ pupuk kimia untuk sekali pengecoran? peramannya apa aja pupuknya pak? terima kasih

          • Klinik Pertanian Organik berkata:

            Perihal jenis pupuknya biasanya yang kami gunakan, sbb Peraman 5 liter, NPK mutiara, Pormik 1/2 kg, Biopestis 5 tutup, Protektan 5 tutup, sedangkan pupuk kimia kita berikn tergantung kondisi tanamannya itu pun bervariari tergantung kondisi tanamannya pak. Nanti kita bahas sambil berjalan saja pak Medirya, dari gambar yang ada nanti kita bahas.

  58. Klinik Pertanian Organik berkata:

    Oh maaf pak ada koreksi sedikit. Kebutuhan pupuk yang biasa kami berikan untuk ljumlah tanaman sebanyak ini, adalah sekitar 250-300 karung ( dengan perbandingan 3: 1 , Ayam : Kambing nya.) Sedangkan kebutuhahn pupuk kimianya, untuk pupuk dasarnya, sekitar 200-300 kg ditambah Cas 4-6 bungkus pak. maaf pak yang kemarin diralat.

  59. agussalim berkata:

    Bismillah.
    Maaf pak jauhar,kami membaca pertanyaan bapak krisna diatas bahwa cabai keriting ditanam dengan cabai rawit besar dalam satu lubang. Pertanyaannya: kedua tanaman cabai tersebut apakah bisa maksimal?bagimana dengan makananan dan buah yang dihasilkan? trimakasih

  60. Ronaldo manik berkata:

    Salam,sy mau nanya pak harga produk kpo per satuan berapa.dan berapa jmlah minimal yg bisa dipesan.trmks

    • Klinik Pertanian Organik berkata:

      Pak Ronaldo manik, kami sarankan untuk mengontak cabang cabang terdekat dari wilayah bapak, kalau belum ada cabang terdekat bisa kontak kekantor pusat. Ada dikolom cabang daerah,di web kami pak. Tidak ada batas minimal untuk pemesanan. Silahkan pak.

  61. HAmdan patani berkata:

    PAk berapa harga protek tan dan persanol. Saya dari aceh tenggara. Mau mesan. Bisa gak pak.

    • Klinik Pertanian Organik berkata:

      Harga protektan dan pesnator tentunya akan berbeda antara harga dari pusat dg harga di Cabang, kalau harga dasarnya memang sama, tapi kalau untuk daerah sudah di total dg ongkirnya, pak.

  62. safari dwi putra berkata:

    dosis protektan dan pupuk cas untuk 200l air berapa ya pak ? aplikasi untuk layu pada tanaman tomat.thanks

  63. safari dwi putra berkata:

    selamat siang pak jauhar,saya dari kab.karo ,mau tanya kolom balasan pada konsultasi tidak update ya ?

  64. Iwan berkata:

    Salam pak saya mau nanya cara aplikasi produk kembang langit untuk tan cabe dari awal tanam/semai benih hingga panen dan saya boleh minta daftar harga produknya pak

    • Klinik Pertanian Organik berkata:

      Iya pak Iwan, kami siap membahasnya dari awal hingga finish, tapi saran kami via Wa saja ya pak, di 089614411267.

  65. ilham sihombing berkata:

    Dosis 200 ltr air protektan, biospestis, pormik ny brapa?

  66. wawan berkata:

    Minta info untuk cabang yg di jln imogiri barat jogja,,tepatnya di mana .trimakasih

  67. Mikel nuryalfi berkata:

    Saya dari sumbar, kalau boleh tau harga protektan, pesnator dan pocanil berapa..?

    • Klinik Pertanian Organik berkata:

      Iya pak Mikel, bisa kontak langsung saja ke cabang kami di Sumbar ya pak. Bapak Alex di Bukittinggi, silahkn di kolom cabang daerah pak.

  68. adlin berkata:

    mas,teman saya punya ladang jeruk yg udah tak diurus selama 2 tahun di tanah karo kec barus jahe desa kabung, kemaren dia mengajak saya kerjasama untuk mengurus ladang jeruknya, ada sekitar 150 pohon jeruk yg masih menghasilkan buah walaupun sedikit. diselah2 pohon jeruknya ada pohon kopi ateng yg cukup banyak.. mas, kira2 apa yg harus kami lakukan dahulu agar tanaman jeruknya bagus kembali ? teman saya bilang dia akan memberi Za lalu kotoran ayam untuk memperbanyak daun, apakah tindakannya itu benar , mohon saran atas masalah ini. trima kasih

    • Klinik Pertanian Organik berkata:

      Tindakan tersebut kurang tepat pk, karena justru hanya akan memperbanyak daunnya , saran kami cara kpo KL biasanya adalah dengan melakukan pengecoran dengan pupuk Protektan dan Biopestis cukup 5-7 tutup kemudian kita tambahkn pupuk CAS dan POcanil juga @5-7 sendok makan. Dari atas kita semprotkan Pesnator, Protektan, dua macam fungisida kimia dan dua macam insektisda kimia dengn dosis @0,3 mili /gram per liter airnya. Demikian garis besarnya.

  69. Hendri berkata:

    Salam sejahtera, Pak saya mohon untk di kirimi panduan lengkap untuk membuat pupuk dari kotoran ayam petelur, mulai dari cara, dosis, lama pemeraman smp menjadi pupuk jadi. Mengingat saya adalah peternak ayam petelor yg ingin memanfaatkan kotoran untuk menanam cabe,
    Atas perhatian dan balasannya saya ucapkan banyak terima kasih

    • Klinik Pertanian Organik berkata:

      Kalau yang sederhana , bisa sbb pak, bahan pupuk tsb, kita hamparkan kemudian kita
      Semprotkan dg protektan dan biopestis @1-2 mili per tangki 16 liter air mas

  70. Muhammadrusmadi berkata:

    pa apa maksudnya protek-tan dan cas yg sdh diperam untuk aplikasi pengecoran… mhn penjelasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

152 Responses to METODOLOGI PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT,CARA KEMBANG LANGIT

  1. andi berkata:

    sy ada masalah dgn tanaman padi,sdh 1 bln lebih dari semenjak tanam,tp tanamanya tidak mau berkembang banyak ,kira2 apa penyebapnya pak,padahal curah hjn disini tinggi pak?

    • klinikta berkata:

      Perkembangan akar serabut bisa saja terhambat akibat mengerasnya tanah. Penyebab Mengerasnya tanah bisa diakibatkan pemberian pupuk kimia yang terlalu berlebihan. Sebagai langkah /solusinya kami sarankan untuk disemprot dengan PROTEK-tan dari atas/daun sampai keperakaran (mumpung tanaman masih belum terlalu rimbun). PROTEK-tan berfungsi sebagai ZPT untuk memperbanyak rumpun/anakan dan mengemburkan tanah.

  2. widodo berkata:

    Agen PT kembang langit di daerah Magelang dimana pak dah ada belum, dan untuk mendapatkan produk2 dari PT Kembang langit untuk daerah Magelang Jawa tengah di pasaran sudah ada belum?

    Untuk membuat pupuk kandang menjadi Pupuk yang sudah matang bagaimana caranya dengan menggunakan Aplikasi dari PT Kembang langit, rimakasih

  3. agus yudi berkata:

    saya tertarik dengan produk anda,dikediri jawa timur petani horticultura cukup banyak termasuk saya,saat ini saya punya tanaman cabe merah besar+tomat+cabe rawit umur 1bln seluas 4200 m2,minta tlg info harga produk anda?tks

  4. tri berkata:

    cabang dan produk di solo apa ada pak? tolong di kasih tahu ya? tank

  5. widodo berkata:

    pak kami akan menanam cabai diawal musim kemarau dengan kondisi sulit mendapatkan air, gemana solusinya? seandainya dilakukan pengocoran berapa kali seminggu dengan dosis berapa /liter air? trimakasih

    • klinikta berkata:

      Pak Widodo,sistem pemngecoran ini kami sarankan karena bisa dilakukan dengan dosis pupuk yang rendah,dan bisa diberikan berdasarkan pengamatan pada saat kondisi tanaman terakhir diamati. Memang tidak ada yang baku dalam jumlah/banyaknya pengecoran dilakukan,sangat tergantung kondisi. kami tidak setuju dengan pola pemupukan yang diatur jumlahnya.

  6. Harison Sinaga berkata:

    cabe saya sudah berumur 4 bulan dan kondisinya daunya keriting dan berwarna kuning dan buahnya seperti gosong tolong bapak berikan solusi untuk tanaman cabe saya.Apakah cabe saya dapat pulih kembali
    untuk produk PT. Kembang langit berapa harganya
    + biaya ongkos kirim ke sidikalang sumatera utara

    • klinikta berkata:

      Ya pak Sinaga, tanamannya sudah lanjut begini ya…Boleh kami dikirimi gambar dulu pak…kami lihat dulu kondisi tanamannya apa masih bisa ditanggulangi atau tidak.

  7. Morgan berkata:

    Bpk Ir Jauhar, saya ada beberapa pertanyaan seputar cabai,
    1. saya sudah menanam cabai ( cabai hijau) usianya 6 mst dan terdapat beberapa masalah al :
    a. terdapat bintik kuning pada daun yang akhirnya membuat daun dan pucuk jadi kuning, keriting dan tidak berkembang lagi.
    b. ada lebih dari setengah pertumbuhannnya terlambat, mungkin karena saat di tanam masih terlalu pendek sebahagian sudah mencapai 40 cm yang lain masih 14 cm)
    mohon pencerahan dan solusi.
    2. saya juga ingin menanam lagi cabai merah sekitar 2000 batang. kondisi lahan: cabai di tanam di jalur tengah kopi, jarak daun terakhir kopi dgn kopi lainnya sekitar 1,5 meter. tanah d daerah kami adalah tanah gembur dengan warna hitam kecoklatan. tolong panduan cara menanam yang benar, jarak antar cabai, dan pupuk dasar (bokashi)
    Terimakasih

  8. Adi berkata:

    saya ingin memanfaatkan pekarangan samping rumah dengan tanaman cabe.. saya ingin menanam dengan menggunakan polybag sebanyak 1000 pohon..
    apakah teknik bapak bisa diterapkan pada polybag,, kalo bisa.. saya mohon petunjuknya.. terima kasih

    • klinikta berkata:

      Prinsipnya bisa juga dengan sistem polybag,kita lakukan pembuatan kompos terlebih dahulu,setelah jadi masukkan dalam polybaq dengan perbandingan 1 kompos : 3 bagian tanah halus

  9. klinikta berkata:

    Ok Pak Prast…sudah kami balas di emailnya,maaf telat

  10. judis berkata:

    Kalau boleh kasih saran.
    Kembang Langit menerbitkan/menulis hasil aplikasi uji coba domplot menanam cabe atau padi,dll.
    dlm bentuk buku,beserta gambar &alamatnya.(boleh jg fotocopy)mulai persiapan tanam sampai panen,smua praktek,anggaran biaya,dll.Barangkali banyak rekan rekan petani yang ingin membelinya sebagai acuan atau tambahan wawasan. Terima kasih.

  11. radiawan berkata:

    pak gmna cara budidaya cabe dari awal hingga akhir dgn menggunakan produk kembang langit?

  12. eki berkata:

    pak gimana cara mengatasi layu? tanaman saya banyak layu saya udah beli produk cas.sama pak alex

  13. anton suhardjo berkata:

    saya tertarik menggunakan teknologi kembang langit untuk tanaman cabe kriting mohon bimbingan dari pengolahan lahan s/d pasca panen,saat ini sy sedang menanam cabai rawit organik 500 pohon dengan menggunakan teknologi POC ajeeb dan kurang memuaskan amur cabe rawit dari pindah semai ke lahan 14 hari beberapa sdh tampak kriting daun,rencana bila rawit berhasil sy akan menenem cabe kriting 3000 pohon. trimakasih . [anton -katulampa bogor]

  14. rahman berkata:

    pak saya pernah budidaya cabe tapi yg dirempel.setelah baca sistem kembang langit sya tertarik untuk mengaplikasikannya.tolong saya diemail tehnik budidaya kembanglangit dari awal sampai akhir.mudah@an saya bisa mencobanya.terimakasih

    • klinikta berkata:

      Meminimalkan perempelan ini,perlu diperhatikan suplay pupuk dan hormon yang cukup,selain itu faktor cuaca juga sangat diperhatikan,di musim hujan tunas yang tidak dirempel(disimpan) jangan lebih dari 5 batang.

  15. krisna berkata:

    pak kami dari salatiga, kami tanam cabe kriting yang dicampur dengan cabe rawit besar, dan ditanam dalam satu lubang sebanyak 3500 batang, sebagai pupuk dasar kami kasih pupuk kandang sekitar 1,5 ton ditambah kotoran ayam 20 karung dan pupuk kimia yg terdiri dari NPK 15Kg, KCL 10kg, TSP 15kg dan ZA 20kg. umur tanaman sdh 1 minggu, pertanyaannya:
    1. Dgn aplikasi dari kembang langit pupuk susulan yg digunakan apa saja dan dosisnya berapa.
    2. apakah tunasnya perlu dirempel?
    3. Untuk pemeraman pupuk dosisnya berapa dan apa saja yang diaplikasikan?
    terimakasih

    • klinikta berkata:

      Boleh pak,berdasarkan tehnik kami,pupuk susulannya sangat tergantung kondisi tanaman pak,kita lihat dulu perkembangnnnya,baru setelah itu baru kita berikan jenis dan dosis pupuknya. Dengan tehnik kami perempelan bisa dilakukan apabila musim kemarau tetapi di musim hujan kami simpan beberapa saja. Untuk pemeraman kami gunakan Protektan dan PUPUK “Cas” dicampur pupuk kandang.

  16. krisna berkata:

    pak mohon petunjuk petunjuk untuk proses pematangan pupuk kandang.
    1. bahan dari kembang langit untuk proses pematangan pupuk kandang
    2. butuh berapa hari untuk proses pematangan pupuk kandang
    3. apakah bisa pupuk kandang yg terlanjur di sebar di guludan diproses untuk dimatangkan dulu. kalau bisa apa bahannya dan bagaimana caranya? terimakasih

    • klinikta berkata:

      Boleh pak, bahan yang diperlukan untuk pemeraman pupuk kandang 2 karung,Protektan 1 botol dan pupuk Cas 1 bungkus,waktu yang diperlukan 5-6 hari . Untuk pupuk yang sudah disebar ditanah dibisa disemprot saja menggunakan Protektan 2 tutup dan Pesnator 1 tutup,dibiarkan hingga matang. Demikian pak krisna,cara yang kami biasa ;lakukan.

  17. Imanuel Hutagalung berkata:

    Saya baru belajar menanam Cabe keriting.
    Tanaman saya baru berumur 50 hari(dari awal penyemaian)namun sudah berbunga. Apakah ini wajar dan apa yang perlu saya perlakukan?
    Terima Kasih.

    • klinikta berkata:

      Ya pak Imanuel,bisa kita dikirimi gambar tanamannya pak?nanti kita bisa bahas bersama setelah ada gambar tanaman.

  18. yulianto berkata:

    minta brosur info produk dan harganya pak, tolong dikirim ke email saya pak

  19. fauzi berkata:

    klo sy pak cabenya kena dumping of gimana ngatasinya…?

  20. syaf berkata:

    pak, pemberian pupuk kimia yg ideal untuk tnaman cabe 4000 btang brapa kg pak, dan jnis pupuk kimia yg bgus pak.. Trimkasih

    • klinikta berkata:

      Pupuk kimia untuk cabe hybrida,upayakan kurang- lebih dari 100 kwintal. Jenis nya sangat ditentukan “sejarah” lahan sebelumnya…,upayakan unsur N,P,K,Ca,Mg,S dan unsur mikro pun ada yang lebih utama dari bahan organik..ok

  21. SAMSUL berkata:

    Mas.. mohon pencerahannya, saya sudah dua musih tanam ini memakai pupuk organik dengan luas tanah 4200m2 (300 ru).
    1. Musim tanam pertama memakai 1 ton pupuk organik dan 125kg kimia(ponska,ureaza)
    2. Musim tanam kedua memakai 1 ton pupuk organik dan 100 kg kimia. tetapi hasilnya kok masih kurang memuaskan..?

    • klinikta berkata:

      Pupuk organik yang kami biasa gunakan adalah pupuk yang kita olah sendiri pak…Pupuk kimia nya pun kami biasanya sesuaikan dengan kondisi tanaman pada saat aplikasi dan dosisnya sangat kita batasi,dengan dosis yang sangat rendah .

  22. petani berkata:

    Kalo 1 botol protektan untuk mematangkan 2 karung pupuk kandang , apa gk boros pak?

    • klinikta berkata:

      ini untuk biakan induk pak,diencerkan lagi menjadi 15-20 drum (200 liter),bisa dihitung tingkat “keborosannya” pak.

      • internisti berkata:

        pak slam kenalsya petani pemula yang belajar tanaman cabai TW,cabai sya sudah umur 30 hari td pgi sya semprot fungisida dan keluarnya it tdak halus,trus didaunx it membekas putih,apkah it berpengaruh pada pertumbuhannya,mohon djelaskan pak

        • klinikta berkata:

          fungisida apa yang digunakan? Sedikit banyaknya akan berpengaruh terhadap “mulut daun” dari daun tanamannya, apalagi fungisida sistemik, lebih kuat pengaruhnya.

      • Madirya berkata:

        jadi setelah di encerkan peramannya berbentuk cair, lumpur ya pak dan setelah pemeramannya matang baru lakukan pengecoran ya bgtu pak? terus penyemprotan (atas) dgn pengecorannya (bawah) mana yang duluan pak? terima kasih

        • Klinik Pertanian Organik berkata:

          Iya pak. di dahulukn penyemprotan nya pak. Kami tunggu gambar tanamannnya saja pak, nnati kita bahas di klinik kami.

  23. syaf berkata:

    pak, 100kg tu ntuk ppuk taburnya ya pak.? Kalau ntuk ppuk coran brapa kg ppuk kimia n ppuk organiknya pak.? Trimkasih ats rezpon bpak

    • klinikta berkata:

      Ya pak Syaf… untuk kocoran kami tidak ada patokan tetap pak,biasa kami gunakan pupuk Nitrogen terkadang hanya 1 kg tetapi kalau diperlukan bisa dua kg,begitupun pupuk organiknya sangat tergantung kondisi tanaman.

  24. Riyanto berkata:

    Pak, saya ingin bertani organik. Mohon saya dikirim teknis budidaya cabai organik ala Klink Tani Organik Kembang Langit. Dari awal sampai akhir.
    Terima Kasih.

    • Klinik Pertanian Organik berkata:

      Siap, saran agar lebih terinci step by step, kita lakukan sambil “berjalan” dan praktek langsung.

  25. syaf berkata:

    ma’f tnya lagi pak..
    Pak jenis ppuk kimia yg tidak mengandung nitrogen apa pak, kan pda umumny ppuk kimia bnyak mgandung nitrogen.?

    Oh ya pak..
    Saya belum pham betul tntang proses pematangan ppuk kandang.? Mkasih pak

  26. Achmad Maghfur berkata:

    Saya mau tanam melon. Mohon panduan Kembang Langit mengenai pupuk dasar dan perlakuan pra tanam. Terima kasih.

  27. Pitra Prayogo berkata:

    Pak bagaimana cara mncegah datangnya keriting pada tnaman cabe.
    saya berminat dengan produk dari kembang langit.tapi di daerah saya tidak ada padang sumatra barat.

    • klinikta berkata:

      Perlakuannya dari atas disemprotkan Protektan dan Pesnator dan dari bawah kami kocorkan pupuk CAS dan protektan yang diperam terlebih dahulu. Di Sumbar bisa menghubungi bp. Alex,bisa dilihat di kolom, Cabang daerah.Demikian pak Pitra.

    • baihaqi berkata:

      pak saya sudah mulai menggunakan produk protektan dan pesnatrol,tapi hasilnya belum memuaskan karena saya tidak tau cara menggunakan pada tanaman cabe saya yang telah kenak Virus kuning dan keriting, mohon penjelasan bpk bagaimana mengatasi cabe yang begini ini sampelnya

      • klinikta berkata:

        kami sangat berharap ada kordinasi nya berupa kiriman gambarnya pak, Baihaqi, dari gambar yang ada tersebut kami akan menganalisanya dan setelah itu kita diskusikan untuk memberi saran berikutnya. Kami tunggu ,gambarnya pak. Bisa dikirimkan ke alamat email kami.

        • baihaqi berkata:

          ok pak trimakasih sebelumnya, dan saya sangat mengharapkan kegunaan obat-obat dari klinik tani organik bisa di jelaskan scara rinci, mis protektan kegunaaya untuk….. dan lainya, karena sepengetahuan saya daerah aceh pidie baru saya yang menggunakan produk ini dan seandanya ada orang yang berminat supaya bisa saya jlskan trimaksih.

  28. Jejen berkata:

    Pa klau sistem paket obat pruduk KEMBANG LANGIT bs ga klau satuan,?saya ada d wilayah Jember selatan Jatim,tp di daerah sya tanah udah di pacu pupuk kimia yg sngt berlebihan klau ga gt produsinya kurang,apa bisa obat pruduk bp di pake di daerah sya ni untk mengurangi pupuk buatan?trimakash mhn jabanya.

    • klinikta berkata:

      Boleh pak per satuan juga. Nanti bisa dibandingkan penggunaan pupuk kimia yg berlebihan dengan tehnik berbasis organik ini.

  29. jejen berkata:

    pa bagai mn klau sy ambl obatnya protextan 10btl,pesnator 10btl,pocanl 7kg dan pupuk casnya 10kg untuk sementara 0,5ha.apa ckp? sbb klau ke seluruhan wkt nya ga ckp unk buat pupuk buatanya (ORGANIK)skrg udah hmpr mukai tanam,sy cb segitu dulu dan tlg bapa hitung brapa totalnya?trima kasih

  30. ardha bayu hb berkata:

    pak jauhar apakah bisa produk kembang langit di aplikasikan dgn urin kambing yg kami fermentasi dgn mol buah,soalx saya biasa menyemprot tanaman padi saya dgn urin fermentasi trsbt?

    • klinikta berkata:

      Boleh bang Ardha Bayu,dengan catatan, bahan tersebut dimatangkan dengan Protektan ,dan penyemprotannya pun diupayakan jangan lewat dari fase vegetatif, pada fase generatif dihentikan saja.

  31. ardha bayu hb berkata:

    terus teknik untuk mematangkan urin dgn protektan gmn pak jauhar ?,soale kami termsk petani baru belajar

  32. Tri Sujarwadi berkata:

    Pak mikroba2 pengurai lebih baik dikembangkan anaerob(diperam) atau secara aerob? soalnya kalo biasa diperam kemudian diaplikasikan di lahan apa tidak banyak yang mati karena beda kondisi? Terima kasih

    • klinikta berkata:

      Proses nya saja yang berbeda. Ibarat membuat tape singkong pak Tri ,kalau sudah “jadi” ,tidak apa2 mau dibuka atau ditutup, tidak masalah…

  33. anwar berkata:

    Pak kalo gak ada kotoran ayam sampe 4000 kg untuk 5000 tanaman apa bisa di campur pake kotoran Sapi? trims. cabe yang rusak udah di cabut semua dan mau ganti yang baru pak..nanti sekitar bulan maret/april,,trims

    • klinikta berkata:

      bisa pak dicampur, tapi saran kami jumlah sekian sudah lebih dari cukup, kalau saran kami cukup pupuk ayamnya dikurangi 1000 kg,jadi cukup 3000 kg saja, kemudian ditambahkan 500 kg pupuk kambing dan 500 kg pupuk sapi, kemudian diperam degn cara kliniktaniorganik.

  34. erwin berkata:

    pa saya minta daftar harga produk bapa, saya sangat berminat dengan produk yang bapa tawarkan

  35. erwin berkata:

    erwin. pa saya minta daftar harga produk tang bapa tawarkan. saya sangat tertarik dengan produk bapa

  36. fitri berkata:

    salam kenal pak jauhar..
    saya adalah pemula yg akan menanam cabe keriting, lahan sudah disiapkan pada bgian dasar diisi jerami, rerumputan kering,serutn kayu kotoran ayam lalu disemprot dg em4 yg sdh dicampur molase,kemudian ditimbun dg tanah,diatasnya ditaburi kotoran ayam.sdh dibiarkan selama 1 mnggu, kapan bisa ditutup mulsa plastik??..seminggu lagi bibit sdah bs dipindahkan ke lahan. tnh di lahan masih baru sebelumnya hanya bisa ditumbuhi ilalang, sebelumnya saya tanam jagung manis..hslnya lumayan..apa perlu diberi kapur dolomit????sy masih ada stok ktoran kambing yg bercampur kotoran bebek.apa yg hrs saya lakukan selanjutnya??mohon saran bapak. saya tertarik menggunakan produk kembang langit.mohon dikirim keterangan pemakaian bahan, brp paket yg saya perlukan utk 1000 btg tanaman??? berikut harganya langsung ke email saya..trims….

    • klinikta berkata:

      Kotoran kambing dan bebek bisa dimasukkan kedalam bedengan semprotkan dngan protektan dan pesnator, biarkan 2 mingguan. Untuk pengadaan bisa kontak langsung ke Bp. Alex di Padang Panjang.

  37. Edy P berkata:

    Kami minta daftar harga dari PT.Kembanglangit.Trims

    • klinikta berkata:

      Lokasi dimana pak? Bisa di kordinasikan dengan cabang-cabang terdekat dengan lokasi pak Edi, terima kasih.

      • Edy P berkata:

        Saat ini saya sulit cari pupuk kandang yg masih mentah, yang ada sudah merupakan produk jadi ( bokashi ),kalau menggunakan bokashi bagaimana cara aplikasi dari semua produk KembangLangit untuk tanaman padi?Mohon pencerahannya. Trimakasih

        • klinikta berkata:

          Sebaiknya kita ,mengolah sendiri pupuk kandangnya pak, komposisi yang tidak diketahui bahan dasarnya dan tingkat kematangannya, bisa sangat beresiko. Hal ini sebenarnya yang biasa menjadi sebab kenapa pola yang disebut pertanian organik, dianggap gagal.

          • Edy P berkata:

            Pak, mohon dikirim teknik tanam cabe mulai dari awal hingga panen serta aplikasi produk Kembanglangit. Trimakasih
            Sukses selalu KembangLangit !

          • klinikta berkata:

            Boleh pak Edy, kami berikan langkah penerapan awalnya , untuk selanjutnya sebagaimana yang biasa kami paparkan diweb KTO, bahwa tehnik aplikasi dari tahapan aplikasi ke aplikasi berikutnya berbeda beda,tidak baku, jadi langkah-langkah aplikasi berikutnya berdasarkan kondisi tanaman.

  38. imam wahyudi berkata:

    saya seorang petani padi pemula baru belajar bertani 2kali panen dan 2 kali juga saya gagal panen gara-gara tanaman padi milik saya dimakan tikus, bagaimana cara pencegahannya terima kasih

  39. Edy P berkata:

    Saat musim tanam jagung ( Juni a/d Agustus )petani Kediri pada umumnya diresahkan dengan adanya penyakit bulai,serangan penyakit bulai antara 30 % sampai 90 % bisa dihitung berapa kerugian petani. Padahal petani sudah menggunakan segala macam jenis jagung hibrida yang diklaim tahan penyakit bulai. Adakah solusi dari KembangLangit yang dapat mengatasi penyakit bulai pada tanaman jagung di Kab.Kediri. Mohon petunjuknya. Trimakasih

    • klinikta berkata:

      Pada prinsipnya pengendalian bulai, sama dengan penyakit -penyakit yang lainnya seperti kresek pada padi, bercak daun pada melon, antraknose pada cabe dll, intinya satu, tebalkan jaringan daun,batang buah tanaman. Pengurangan pupuk kimia juga sangat berperan dalam menekan berkembangnya penyakit tanaman. Boleh kita coba pak Edy kalau ada yang akan diaplikasikan, sejak awal.

  40. santosa berkata:

    tolong kirimi daftar harga pluis ongkos kirimnya untuk sampai yogya. Matur nuwun.

  41. herman berkata:

    Permisi numpang nanya dan minta solusinya pak.
    1. saya petani pemula dan sedang menanam cabai merah 1800 batang. umur baru 2 mst, tapi 3 hari terahir sudah sekitar 50% tanaman mulai keriting dengan ciri daun keriting keatas, batang dan daun berwarna kekuningan. kira-kira perlakuan apa yang harus saya lakukan agar tanaman saya pulih dan tumbuh subur?
    2. lokasi saya bersebelahan dengan teman saya yang sudah tanam cabai duluan, menggunakan pupuk dan racun kimia dan sudah melewati panen puncak. belakangan baru saya ketahui bahwa kondisi ini bisa mengancam tanaman saya karena hama dari lokasi tetangga bisa menyerbu ketanaman saya. apa yang harus saya lakukan untuk mencegah serbuan dari lahan tetangga?

    • klinikta berkata:

      Boleh pak Herman, dikirimkan gambar tanamannya secara agak meluas, beserta data- aplikasi yang telah diberikan baik pestisida dan pupuk nya lengkap. Nanti kami analisa terlebih dahulu. Berikutnya kami beri saran /anjurannya. Salam KTO

  42. daffa berkata:

    Assalamualaikum……
    Pak bgai mana klw protektan, presnator dan pokanil d pake utk ngecor k kol dan brokoli ?
    skrg tanaman tersebut sudah terserang penyakit kuning dan layu pd daunya….?

    • klinikta berkata:

      waalaikum salam, fungsi pesnator dan pocanil, bukan untuk di kocor. Untuk pengecoran dilakukan dengan Protektan dan CAS. Perihal kelayuan berhubungan langsung dengan pemberian pupuk. Kami ingin mengetahui, pupuk apa yang telah diberikan? Untuk analisa lebih lengkap, kami dikirimi gambar tanamannya yaaa…

  43. abdul mujib berkata:

    aku ingin tahu harga dari setiap produk? terima kasih sebelumnya

  44. M. Rusmadi berkata:

    mohon petnjknya untuk mengobati tanaman cabe saya yang sdh terkena virus keriting daun. nanti saya kirim fotonya lewat MMS

  45. bambang berkata:

    pak dekat daerah kota jember beli prodaknya dimana?

    1. saya sekarang sudah tanam cabe merah besar dng usia 68 hari dan belum panen sama sekali dng cara pemakaian bahan kimia semuanya. Rencananya kalau sudah panen pertama habis mau saya lanjutkan dng cara organik . Apa bisa memakai produk dari kembang langit? ( kerja sama dng orang lain )

    2. Pada musim penghujan tahun depan sekitar bulan januari 2014 mau tanam untuk mencoba karena saya belum pernah menanam sendiri. Saya mau mencoba organik tapi masih ragu – ragu karena daerah sawah yang akan saya tanami cabe tsb banyak serangan hama tripsnya dan keriting kerdil yang utamanya. Bisakah dng sistem kembang langit dipakai di daerah saya yang banyak hama tripsnya karena pada saat ini pun kalau dalam 3 sampai 4 hari tidak semprot , hama tripsnya sudah banyak lagi.

    3. Misalkan penanaman awal tidak memakai pupuk dasar sama sekali baik pupuk kandang maupun pupuk kimia apa bisa pemumukan berikutnya memakai cara kembang langit?

    terima kasih atas informasinya yang banyak membantu saya yang masih awam dalam pertanian.

  46. sujiono berkata:

    saya udah beli produk kembang langit.ini mau nanam melon 3000 batang sakata apa boleh pupuk cas dicampur pada pupuk dasar

  47. hansen berkata:

    cabang dibengkulu ada enggak pak

    • klinikta berkata:

      Ada pak Hansen, silahkan kontak ke… Bp. Zulkifli Djamil, 0821 7559 8892. PD. Jati Jajar Desa Barumanis,Kec. Bermani Ulu- Kab. Rejang Lebong- Bengkulu.

  48. hansen wijaya berkata:

    cabang bengkulu ada enggak pak

  49. Hasan berkata:

    Sallam KTO, sy mau tanam padi varietas 69 / ciherang untuk lahan 1 hektar berapa pestisida organik yg di butuhkan sampai panen ? Dan prodak KTO apa yg harus di gunakan ? Terimakasih atas penjelasannya.

    • klinikta berkata:

      Kebutuhan per ha nya untuk tanaman padi kisaran 5-10 botol Protektan dan Pesnator, Pocanil 3- 5 kg, CAS 12 bungkus.

  50. ahmad berkata:

    kemarin saya beli produk kembang langit… yang saya tanyakan berapa hari sekali pengaplikasian protektan, pesnator, pokanil dan cas…? trimakasih atas jawabannya

  51. pawit sunardi berkata:

    berapa harga produk KTO-KL.mksh pawit,wonosobo

  52. Mh berkata:

    Salam KTO, saya tertarik dengan metode KTO ini. Mohon berkenan mengirimkan list harga produk-produk Kembang Langit, saat ini saya baru saja selesai tanam. melihat pertanian dgn pola KTO sepertinya menunjukkan progres yg menggembirakan dan saya ingin mencoba pada musim depan.
    terimakasih

  53. safrodin berkata:

    Salam kto.moga petani kto making berjaya.pak jauharman. Saya Dari Kediri jatim. Punya problem tanaman Lombok says mulai terserang virus kuning .produk kto yang mana yg bisa digunakkan untuk menanggulanginya.trims

  54. andy berkata:

    sukses buat kita smua ,maju trus pertanian organik di indonesia,maju trus KPO

  55. antho berkata:

    Pk.di makassar di mana sya bisa dapat produk PROTEK-tan

  56. widodo berkata:

    salam pertanian, didaerah kami tanaman cabai banyak terserang bule, daun kuning dan akhirnya tidak berbuah, bagaimana cara pencegahannya dan obatnya apa, terimakasih.

    • klinikpertanian berkata:

      Salam Organik Pak Widodo, lokasinya dimana pak, siapa tahu ada cbang kami yang bisa membantu didekat lokasinya pak. memang kalau tanaman cabe terserang bule/kuning, bunga rontok dan tidak optimal pertumbuhannya. Langkah yang biasa kami lakukan adalah dengn memberikan Pestisida orgtanik dari KPO-KL sambil mengatur secara ketat” aplikasi pupuknya. Demikian pak. Kalau ada contoh sampel tanamannya bisa dikirimkan ke email kami, beserta data aplikasi sebelumnya. nanti kita analisa bersama pak. Demikian pak. Salam KPO-KL

  57. agus berkata:

    maaf pak jauhar bisa dijelaskan dengan aplikasinya, bagaimana cara mewaspadai(mencegah)/mengatasi keriting daun dari awal tanam melalui perlakuan:
    1) Aplikasi Dari Atas?
    2) Aplikasi Dari bawah/penegecoran?
    catatan: pupuk peraman indukan sudah ada

    • klinikpertanian berkata:

      Boleh pak ini garis besarnya, dari atas kita berikan Protektan, Pesnator, diberi Imidakloprid, sekitar tidak lebih dari 1/2 dosis anjuran.
      Sedangkan dari bawah kita berikan peraman pemberian Protektan , pupuk CAS dan sedikit sekali pupuk kimia. Untuk lebih jelasnya kita, kirim kiriman gambar via email ,nanti kita bahs secara bersama-sama. kami tunggu silahkan pak Agus.

      • Madirya berkata:

        Imidakloprid ada dijual gak pak?

        • Klinik Pertanian Organik berkata:

          imadacloprid tidak ada pak, itu insek kimia, bisa di cari saja dikios pertanian.

          • Madirya berkata:

            untuk lahan 750m2 dibutuhkan brp bnyak peramannya (KPO-KL)+ pupuk kimia untuk sekali pengecoran? peramannya apa aja pupuknya pak? terima kasih

          • Klinik Pertanian Organik berkata:

            Perihal jenis pupuknya biasanya yang kami gunakan, sbb Peraman 5 liter, NPK mutiara, Pormik 1/2 kg, Biopestis 5 tutup, Protektan 5 tutup, sedangkan pupuk kimia kita berikn tergantung kondisi tanamannya itu pun bervariari tergantung kondisi tanamannya pak. Nanti kita bahas sambil berjalan saja pak Medirya, dari gambar yang ada nanti kita bahas.

  58. Klinik Pertanian Organik berkata:

    Oh maaf pak ada koreksi sedikit. Kebutuhan pupuk yang biasa kami berikan untuk ljumlah tanaman sebanyak ini, adalah sekitar 250-300 karung ( dengan perbandingan 3: 1 , Ayam : Kambing nya.) Sedangkan kebutuhahn pupuk kimianya, untuk pupuk dasarnya, sekitar 200-300 kg ditambah Cas 4-6 bungkus pak. maaf pak yang kemarin diralat.

  59. agussalim berkata:

    Bismillah.
    Maaf pak jauhar,kami membaca pertanyaan bapak krisna diatas bahwa cabai keriting ditanam dengan cabai rawit besar dalam satu lubang. Pertanyaannya: kedua tanaman cabai tersebut apakah bisa maksimal?bagimana dengan makananan dan buah yang dihasilkan? trimakasih

  60. Ronaldo manik berkata:

    Salam,sy mau nanya pak harga produk kpo per satuan berapa.dan berapa jmlah minimal yg bisa dipesan.trmks

    • Klinik Pertanian Organik berkata:

      Pak Ronaldo manik, kami sarankan untuk mengontak cabang cabang terdekat dari wilayah bapak, kalau belum ada cabang terdekat bisa kontak kekantor pusat. Ada dikolom cabang daerah,di web kami pak. Tidak ada batas minimal untuk pemesanan. Silahkan pak.

  61. HAmdan patani berkata:

    PAk berapa harga protek tan dan persanol. Saya dari aceh tenggara. Mau mesan. Bisa gak pak.

    • Klinik Pertanian Organik berkata:

      Harga protektan dan pesnator tentunya akan berbeda antara harga dari pusat dg harga di Cabang, kalau harga dasarnya memang sama, tapi kalau untuk daerah sudah di total dg ongkirnya, pak.

  62. safari dwi putra berkata:

    dosis protektan dan pupuk cas untuk 200l air berapa ya pak ? aplikasi untuk layu pada tanaman tomat.thanks

  63. safari dwi putra berkata:

    selamat siang pak jauhar,saya dari kab.karo ,mau tanya kolom balasan pada konsultasi tidak update ya ?

  64. Iwan berkata:

    Salam pak saya mau nanya cara aplikasi produk kembang langit untuk tan cabe dari awal tanam/semai benih hingga panen dan saya boleh minta daftar harga produknya pak

    • Klinik Pertanian Organik berkata:

      Iya pak Iwan, kami siap membahasnya dari awal hingga finish, tapi saran kami via Wa saja ya pak, di 089614411267.

  65. ilham sihombing berkata:

    Dosis 200 ltr air protektan, biospestis, pormik ny brapa?

  66. wawan berkata:

    Minta info untuk cabang yg di jln imogiri barat jogja,,tepatnya di mana .trimakasih

  67. Mikel nuryalfi berkata:

    Saya dari sumbar, kalau boleh tau harga protektan, pesnator dan pocanil berapa..?

    • Klinik Pertanian Organik berkata:

      Iya pak Mikel, bisa kontak langsung saja ke cabang kami di Sumbar ya pak. Bapak Alex di Bukittinggi, silahkn di kolom cabang daerah pak.

  68. adlin berkata:

    mas,teman saya punya ladang jeruk yg udah tak diurus selama 2 tahun di tanah karo kec barus jahe desa kabung, kemaren dia mengajak saya kerjasama untuk mengurus ladang jeruknya, ada sekitar 150 pohon jeruk yg masih menghasilkan buah walaupun sedikit. diselah2 pohon jeruknya ada pohon kopi ateng yg cukup banyak.. mas, kira2 apa yg harus kami lakukan dahulu agar tanaman jeruknya bagus kembali ? teman saya bilang dia akan memberi Za lalu kotoran ayam untuk memperbanyak daun, apakah tindakannya itu benar , mohon saran atas masalah ini. trima kasih

    • Klinik Pertanian Organik berkata:

      Tindakan tersebut kurang tepat pk, karena justru hanya akan memperbanyak daunnya , saran kami cara kpo KL biasanya adalah dengan melakukan pengecoran dengan pupuk Protektan dan Biopestis cukup 5-7 tutup kemudian kita tambahkn pupuk CAS dan POcanil juga @5-7 sendok makan. Dari atas kita semprotkan Pesnator, Protektan, dua macam fungisida kimia dan dua macam insektisda kimia dengn dosis @0,3 mili /gram per liter airnya. Demikian garis besarnya.

  69. Hendri berkata:

    Salam sejahtera, Pak saya mohon untk di kirimi panduan lengkap untuk membuat pupuk dari kotoran ayam petelur, mulai dari cara, dosis, lama pemeraman smp menjadi pupuk jadi. Mengingat saya adalah peternak ayam petelor yg ingin memanfaatkan kotoran untuk menanam cabe,
    Atas perhatian dan balasannya saya ucapkan banyak terima kasih

    • Klinik Pertanian Organik berkata:

      Kalau yang sederhana , bisa sbb pak, bahan pupuk tsb, kita hamparkan kemudian kita
      Semprotkan dg protektan dan biopestis @1-2 mili per tangki 16 liter air mas

  70. Muhammadrusmadi berkata:

    pa apa maksudnya protek-tan dan cas yg sdh diperam untuk aplikasi pengecoran… mhn penjelasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *